Senin, 14 Oktober 2013

"HUBUNGAN ANTARA IDUL ADHA DENGAN IBADAH HAJI"

"Idul Adha" Tahun 2013 ini penulis sekeluarga sengaja Shalat Id di Taman Jenggala Sidoarjo, yang bertempat di Jalan Sunandar P. Sudarmo Sidoarjo (Sebelah Timur Pasar Larangan)".


Pada pukul 05.30 WIB, saya sekeluarga berangkat ke tempat Shalat "Idul Adha" , ternyata masih sepi, baru ada sekitar 10 orang dengan ta'mir Masjid Al-Furqan. Setelah itu baru berdatangan jama'ah sampai memenuhi tempat "Idul Adha" yang telah disediakan. 

Tepat pukul 06.00 WIB, diumumkan bahwa "Idul Adha"  akan segera dimulai dengan dipimpin oleh seorang Imam yaitu Ustadz Ali Kurniawan dan Khatibnya Ustadz Drs. H. Su'udi. Diumumkan pula untuk Kurban Tahun ini Masjid Al-Furqan berhasil mengumpulkan hewan kurban sebanyak 9 ekor lembu dan 8 ekor kambing. Setelah Shalat "Idul Adha"  nanti akan segera disembelih dan didistribusikan kepada masyarakat yang berhak menerima dan yang membutuhkan.

Shalat "Idul Adha" dimulai pukul 06.05 WIB, setelah Shalat "Idul Adha" dilanjutkan dengan khutbah yang disampaikan oleh Ustadz Drs. H. Su'udi. 

Khatib menyampaikan bahwa "Idul Adha" adalah Hari paling agung di hadapan Allah SWT., setelah itu bari "Idul" Fitri.  Namun kenyataannya yang terjadi pada masyarakat,  "Idul Adha"  dikalahkan dengan "Idul" Fitri, Perayaan 17 Agustus, Tahun Baru dan hari-hari lainnya. Mengapa Hari Paling Agung? Karena "Idul Adha"  bertepatan dengan Umat Islam sedunia melaksanakan Ibadah Haji.  Tanggal 9 Dzulhijah, seluruh Umat Islam sedunia berkumpul di Arafah melaksanakan Wukuf, berdzikir dan berdo'a yang diamini oleh Umat Islam sedunia. Sedangkan Umat Islam yang tidak menunaikan "Ibadah Haji", menunaikan Puasa Sunnah sebagai tanda ikut prihatin dan mendo'akan sesama Muslim yang sedang menunaikan "Ibadah Haji" di Arafah. Islam itu sangat indah, mereka saling mendo'akan antar sesama.


Jadi "Ibadah Haji" bukan Ibadah yang foya-foya yang hanya sekedar untuk mencari status. Namun "Ibadah Haji" sebenarnya memiliki misi-misi khusus bagi Kaum Muslim, antara lain:

1. Melaksanakan Aqidah Islamiah.
Umat Islam yang melaksanakan "Ibadah Haji" adalah dalam rangka memenuhi panggilan Allah semata. Mereka meninggalkan keluarga, pekerjaan, kekayaan dan semuanya untuk datang ke Mekah dalam rangka memenuhi panggilan Allah. Setelah melaksanakan "Ibadah Haji" diharapkan nanti setelah pulang sampai ke rumah dapat meninggalkan dan memberantas kemaksiatan yang terjadi di lingkungannya.

2. Ibadah.
Umat Islam sedunia berkumpul di satu tempat dalam rangka praktek "ibadah" secara langsung dengan tuntunan yang benar sesuai dengan yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. berdasarkan Al-Qur'an dan Hadits.  Setelah pulang dari "Ibadah Haji" diharapkan nantinya dapat menyampaikan "ibadah" yang benar kepada sanak keluarganya mengenai pelaksanaan "ibadah" yang benar sesuai dengan tuntunan Nabi kita Muhammad SAW. Diharapkan dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam pelaksanaan "ibadah" yang selama ini dilakukan.

3. Ukhuwah Islamiah.
"Ibadah Haji" adalah dalam rangka menjalin kebersamaan antara Kaum Muslim di seluruh dunia. Islam itu satu, tidak ada perbedaan antara satu dengan yang lain. Tawadu', luwes, tidak ada konflik. "Ibadah Haji" juga untuk menghilangkan konflik diantara Umat Islam itu sendiri. Jadi Umat Islam itu satu dan sama di seluruh dunia, tidak ada bedanya.

4. Study Komparasi (Banding).
Jemaah "Haji" pergi ke tanah Saudi Arabia dapat membandingkan dengan negara mereka masing-masing. Saudi Arabia dengan tanahnya yang gersang tandus terhampar padang pasir, namun rakyatnya damai dan kecukupan tidak pernah mengalami kekurangan. Dapat dibandingkan dengan negeri kita Indonesia yang subur makmur gemah ripah loh jinawi, namun rakyatnya tidak pernah damai mengalami kemiskinan dimana-mana, banyak konflik dan sering terjadi bencana. Allahu Akbar...... Kita bisa berinterospeksi, ada apa sebenarnya.

Khotbah ditutup dengan memanjatkan do'a yang dipimpin oleh Khatib. Semoga kita diberi kekuatan iman dan Islam yang telah dikaruniakan kepada kita.

Itulah tadi beberapa hal yang penulis dapatkan dalam mengikuti ibadah Shalat "Idul Adha"   pada hari ini. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.  

Sumber:
1. Intisari.Khutbah.Shalat.Idul.Adha.15.Oktober.2013/Taman-Jenggala-Sidoarjo....
2. laely.widjajati.photos.facebook/Alhamdulillah...Shalat-IDUL-ADHA-Telah Dilaksanakan...
3. laely.widjajati.photos.facebook/ADHENIUM...Tetaplah-Mekar-dg-Warna-Cantikmu......
4. laely.widjajati.photos.facebook/ASSALAMU'ALAIKUM-Wr.-Wb....Me PagiSmuanya....

1 komentar:

sony tian mengatakan...

Cepat skali sholat Ied ny.. Disini jam 07.05..