Minggu, 28 April 2013

"MANFAAT/KHASIAT KENTANG"

"Kentang" merupakan penawar racun alami asam yang berlebihan atau asidosis." 

 
"Kentang" merupakan tanaman umbi dan menjadi makanan pokok di beberapa negara Eropa. "Kentang" juga menjadi bahan pokok dan bisa diolah menjadi aneka makanan "Kentang". Kandungan "Kentang" yang terdiri dari nutrisi dan unsur-unsur lain yang ber"manfaat" bagi tubuh, maka "Kentang" sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Olahan "Kentang" yang begitu banyak karena "Kentang" memang bisa dibuat macam-macam sebagai bahan makanan. "Kentang" bisa direbus, digoreng, atau sebagai bahan untuk membuat roti, "Kentang" tetap enak untuk dinikmati. Namun tahukah anda apa sebenarnya kandungan gizi dan "manfaat " yang ada pada "Kentang"

"Kentang" penting membantu pertumbuhan bakteri dalam saluran pencernaan tubuh kita. Kandunagn garam alkali menjadikan "Kentang" sebagai salah satu makanan basah yang paling kuat, karena itu "Kentang" sangat berguna untuk menjaga cadangan alkali tubuh. "Kentang" mempunyai banyak "khasiat". Diantaranya potassium, vitamin c ( sumber kedua selepas oren), membekalkan karbohidrat komplek dan fiber atau gentian kepada gula darah ( blood sugar) dan pengawalan tekanan darah. Ia juga mengandungi vitamin B1,B2 dan B3 serta sedikit kandungan protein dan zat besi.

Kandungan potassium "Kentang", dua kali lipat dari kandungan potassium dalam pisang dan fiber. Jumlah lemaknya di bawah paras 25%, sehingga dapat menghalang endapan kolesterol di dalam lapisan saluran darah. "Kentang" cocok bagi yang mengalami kekurangan gula dalam darah. Selain itu "Kentang" merupakan sumber terbaik dalam pembentukan zat besi dalam darah. Menjamin system ketahanan badan, karena kandungan vitamin serta kalsium yang tinggi. 

Berikut ini adalah "khasiat" dan "manfaat Kentang" bagi kesehatan:
  • Berat Badan
    "Kentang" merupakan gundukan karbohidrat dan juga mengandung sedikit protein. Mengkonsumsi "Kentang" merupakan salah satu cara diet alami karena "Kentang" menjadi salah satu alternatif pengganti karbohidrat bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.
  • Melancarkan Fungsi Pencernaan
    Karena "Kentang" mengandung banyak karbohidrat dan cukup lunak saat dikonsumsi membuat tanaman ini mudah untuk dicerna dan membantu memperlancar sistem pencernaan. Tapi perlu anda ingat, makan terlalu banyak "Kentang" dapat menyebabkan keasaman dalam jangka panjang.
  • Skin Care
    Vitamin-C dan B kompleks dan mineral yang terdapat pada "Kentang" sangat baik untuk kulit. Selain itu "Kentang" mentah yang ditumbuk dan dicampur dengan madu, dapat berfungsi sebagai masker muka dan juga sangat baik untuk kesehatan kulit anda agar terasa lembut.
  • Tekanan Darah Tinggi
    "Kentang" dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena di dalamnya terdapat banyak vitamin C dan B, tapi bagi anda penderita diabetes harus menghindari mengkonsumsi "Kentang" secara berlebihan. Selain itu adanya kandungan serat di dalamnya membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi insulin di dalam tubuh.
  • Penyakit Jantung:
    Selain kandungan vitamin, mineral, dan serat "Kentang" juga mengandung zat yang disebut Karotenoid yang ber"manfaat" untuk kesehatan jantung dan organ internal lainnya. Tetapi sebagai peringatan untuk anda yang menderita obesitas dan diabetes sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi "Kentang" karena banyak mengandung karbohidrat dan glukosa.
  • Batu Ginjal
    "Manfaat Kentang" selanjutnya adalah mencegah batu ginjal. Bagi penderita batu ginjal sebisa mungkin harus menghindari makanan berprotein tinggi, khususnya protein hewani seperti daging, ikan, bayam, dan lain-lain. "Kentang" sangat kaya magnesium yang dapat menjegah pengendapan kalsium (pengapuran) pada ginjal dan jaringan lain, sehingga mencegah terbentuknya batu ginjal
  • Fungsi otak
    Kinerja otak sangat tergantung pada pasokan oksigen, kadar glukosa, magnesium, vitamin B kompleks dan beberapa hormon, seperti asam amino dan asam lemak seperti omega-3 asam lemak. "Kentang" memenuhi hampir semua kebutuhan yang disebutkan di atas. Selain itu, "Kentang" juga mengandung zat tertentu seperti seng dan fosfor yang baik untuk otak juga.
  • Peradangan
    Nutrisi yang terkandung dalam "Kentang" seperti vitamin C, vitamin B dan potasium adalah sumber yang baik untuk meredakan peradangan, baik internal maupun eksternal seperti radang usus dan sistem pencernaan. Karena lembut dan mudah dicerna membuat "Kentang" makanan yang baik bagi mereka yang memiliki luka mulut.
  • Rematik
    Beberapa nutrisi seperti vitamin, kalsium dan magnesium dalam "Kentang" dapat membantu mengurangi rematik.
  • Menurut penelitian, jus "Kentang" mentah bisa membantu mengurangi penyakit yang menyerang sendi-sendi( arthritis), radang otot ( rematik). Sakit yang disebabkan salah urat atau terkilir, luka-luka kecil dan luka bakar ringan dan bisul, dapat diletakkan dengan cara menempelkan irisan "Kentang" atau Jus "Kentang" pada luka atau nyeri yang dirasakan selama 15 menit atau lebih.
  • Saos "Kentang" yang digunakan untuk saos salad, dipercaya bisa mengurangi luka, mengurangi rasa sakit, serta pencemaran bakteri. Parutan "Kentang" yang ditempelkan pada kelopak mata, mampu menghilangkan noda hitam pada mata (dark circles) dan sekitarnya dicampur bersama krim, bisa memperlambat kerut dimuka.
  • "Kentang" sangat cocok bagi Anda yang memiliki penyakit maag atau sering mengalami sakit karena kelebihan asam lambung. Sebab dalam "Kentang" terkandung atropine yang dapat emmbantu mengurangi asam lambung dan mengurangi sakit pada lambung.
  • Biasanya zat lysine tidak terdapat pada nabati, tetapi didalam "Kentang" terdapat lysine yang sangat penting dlama pertumbuhan badan dan otak. Dengan "Kentang" kita dapat mengkonsumsi Vitamin C secara mudah. Karena vitamin C didalam "Kentang" tidak hilang setelah masak karena dikelilingi oleh sari pati. Walaupun kalorinya cukup rendah, "Kentang" dapat menyebabkan kegemukan Karena adanya Glycemic Index.
  • "Kentang" mempunyai "khasiat" membuat mata yang lelah kembali bersinar serta dapat menghilangkan bengkak pada mata. Parutlah "Kentang" lalu masukkan ke dalam kain tipis yang bersih ( kain kasa atau kain mori) dan kompreskan ke kelopak mata.
  • "Kentang" juga ber"khasiat" untuk mengatasi stres. "Kentang" kaya akan vitamin B6, zat yang diperlukan dalam pembaharuan sel dalam menghilangkan stres pikiran dan tubuh. "Kentang" membantu hormon adrenalin merespon stres dan membuat pikiran menjadi tenang kembali.
  • "Kentang" ber"manfaat" untuk mengatasi masalah kulit dan juga dapat melawan kanker prostat dan rahim dan melawan pembentukan kristal atau tumor.
Sumber:
1. www.facebook.com/.../manfaat-dan-khasiat-kentang/395154267204557
2. www.earlly.com/kandungan-gizi-dan-manfaat-kentang.html
3. www.ngikik.com/9-manfaat-kentang-bagi-kesehatan.html
4. klinikherbalxamthone.com/sayuran/khasiat-dan-manfaat-kentang/
5. kentangputer.blogspot.com

0 komentar: