Minggu, 24 Februari 2013

"RUJAK CINGUR SIDOARJO"

"Bagi warga Jawa Timur Khususnya "Sidoarjo", pasti mengenal makanan khas satu ini "Rujak Cingur".


Makanan khas "Rujak Cingur" di "Sidoarjo" sangat terkenal, tidak hanya masyarakat "Sidoarjo", tapi para pengunjung atau tamu yang datang dari luar daerah yang datang ke "Sidoarjo" juga sudah banyak yang mengenal makanan khas yang satu ini.

Dengan komposisi campuran petis biasa dan petis enak khas "Sidoarjo" serta campuran resep rahasia, dari masing-masing penjual "Rujak Cingur" di "Sidoarjo", membuat rasa itu punya perbedaan ciri khas dari masing-masing penjual "Rujak Cingur".  

Semua irisan bahan dan sayur tertata rapi di atas piring dengan bumbunya yang dituang di atasnya. Untuk menikmatinya, tentu saja kita harus mencampur sayur dan bumbunya hingga rata, sehingga bumbunya tidak terasa di satu sisi saja. Bumbunya nendang banget, takarannya benar-benar pas dan terasa berat dan mantap. Sedangkan untuk "cingur"nya, empuk dan terasa gurih, kalaupun cuma dimakan "cingur"nya tanpa campuran bumbu "rujak", rasanya sudah pas. Tak heran kalau "Rujak Cingur" ini sampai dibawa hingga keluar kota maupun keluar negeri oleh para pelanggannya, seperti Jakarta, Ujung Pandang, Malaysia, Singapura dan beberapa lokasi lainnya.

Bagi para pengunjung yang ingin mebawa "Rujak Cingur" ke luar kota Surabaya atau keluar negeri, biasanya bumbu masih tetap nikmat jika dimakan kurang dari 4 jam setelah proses pembuatan. Tapi kalau sudah lebih dari 4 jam, sebaiknya jangan dikonsumsi lagi. Untuk seporsi "Rujak Cingur" dengan porsi yang cukup besar ini, harga masih sangat terjangkau oleh masyarakat.
 
Ada dua macam jenis "Rujak Cingur" yang disajikan oleh para penjual "Rujak Cingur" ini, yakni jenis "rujak" matang  dan "rujak" campur. Untuk "rujak" matang, menu yang disajikan berupa bendoyo, sayuran, mie kuning, tahu, bumbu petis dan "cingur". Sedangkan untuk "rujak" campur,  sajian dari "rujak" matang diberi buah-buahan serta lontong sebagai pengganti nasi.

Untuk harga, memang bervariasi dari penjual yang satu dengan yang lain, namun jika ingin memenuhi selera bagi yang hobi "rujak", tentu harga bukan hal yang penting. 

Beberapa tempat penjual "Rujak Cingur" yang dapat dikunjungi antara lain:
1. Depot "Rujak Cingur" Mbak Tila Jl. Pandean 415 "Sidoarjo" Depot ini mulai melayani para pembelinya mulai jam setengah 11 siang sampai jam 4 sore setiap hari. Untuk menemukan depot ini tidaklah terlalu sulit, di jalan Kyai Haji Mukmin, di seberang jalan depan Perumahan CIPUTRA ada sebuah gang kecil yang menuju ke arah Jl. Pandean. Kalau Anda mengendarai mobil, sebaiknya diparkir di area Perumahan CIPUTRA, karena depotnya berada di sebuah gang yang cukup kecil, sehingga agak susah untuk memarkir kendaraan roda 4.

2. "Rujak Cingur" Depot Mutiara. Depot ini berlokasi di lingkungan Perumahan Pondok Mutiara sebelah Barat.

3. "Rujak Cingur" Bu Nur, Jalan Raya Sedati Gede No 66 Sedati "Sidoarjo".

4. "Rujak Cingur" Mak Tin di Stasiun Kereta Api "Sidoarjo" di Jalan Diponegoro "Sidoarjo".

5. Depot "Rujak Cingur" Mbak Tila Tanggulangin "Sidoarjo". Depot ini berlokasi di jalan masuk depan Pasar Wisata Tanggulangin. 

6. Depot "Rujak Cingur" Mbak Nur. Depot ini berlokasi di Jalan Sultan Agung "Sidoarjo", depan Sekolah Taman Kanak-kanak Dharma Wanita "Sidoarjo", Sebelah Barat Pendapa Kabupaten "Sidoarjo".

Sumber:
1. kabarsidoarjo.com/?p=4808
2. wisatakuliner.com/kuliner/tempat.../rujak-cingur-mbak-tila.html
3. www.tripadvisor.com/Restaurant_Review-g3175994-d3157955-Reviews-
4. www.ayojajan.com/detail.php?tempat=Sidoarjo...Asinan%2FRujak
5. as3pram.files.wordpress.com/2007/08/daftar-tempat-makan-di-surabaya.pdf
6. laely-widjajati.blogspot.com/.../sidoarjo-cetak-rekor-muri-bumbu-petis.html
7. centroone.com/rujak-cingur-artis-sedati-sidoarjo/

0 komentar: