Senin, 08 Oktober 2012

"KHASIAT/MANFAAT BUNGA ALAMANDA"

"Bunga Alamanda" ("Bunga" Terompet) berasal dari negara Amerika Tengah dan Selatan, lebih dikenal dengan sebutan Yellow Bell, Golden Trumpet, atau Buttercup Flower". 
 

"Bunga Alamanda" ini bentuknya lebih mirip Terompet yang berwarna kuning, maka dari itu juga sering disebut dengan "Bunga" Terompet.. "Bunga Alamanda" umumya memang berwarna kuning. Tanaman ini dapat berkembangbiak dengan biji, namun perbanyakan yang umum dilakukan yaitu dengan stek batang. Hal ini disebabkan, beberapa varietas hibrida sulit memunculkan kapsul biji.  Seiring dengan perkembangan, "Bunga Alamanda" diperbanyak dengan cara penyilangan atau stek dan dapat menghasilkan "Bunga Alamanda" berwarna putih, ungu, merah muda atau oranye. "Alamanda" tergolong tanaman yang tumbuhnya cepat sehingga harus sering dilakukan pemangkasan untuk menjaga penampilannya.

"Bunga Alamanda" banyak ditanam sebagai tanaman hias di halaman atau sebagai tanaman rambat untuk penghias pergola atau pagar rumah. Penggemar "Bunga Alamanda" percaya bahwa tanaman yang ber"bunga" kuning ini dapat dipakai sebagai penolak bala jika ditanam di halaman rumah.

"Bunga Alamanda" dapat ditemukan pada daerah sekitar sungai atau tempat terbuka yang terkena banyak sinar matahari dengan hujan yang cukup dan kelembaban tinggi sepanjang tahun. Tanaman ini tidak mampu tumbuh pada tanah yang bergaram atau terlalu basa dan tanaman ini juga tidak tahan suhu rendah. Suhu -1 °C dapat mematikan tanaman tersebut karena tanaman ini sangat sensitif terhadap suhu dingin.

"Bunga Alamanda" dapat tumbuh dan mekar pada setiap tahun, pada tanaman yang dapat tumbuh hingga lebih dari 2 meter. Tangkai "Bunga Alamanda" berwarna hijau muda dan mempunyai daun yang agak kasar. Warna kuning pada "Bunga Alamanda" sangat cerah. Bentuk "bunga"nya sendiri mencapai ukuran diameter 5 sampai 7, 5 cm. 

"KHASIAT" DAN "MANFAAT" "BUNGA ALAMANDA"

"Bunga Alamanda" selain cantik juga memiliki "manfaat" yang lain. Kita dapat menggunakan akar, daun dan "Bunga Alamanda" sebagai bahan untuk obat-obatan. Daun "allamanda" cathartica mengandung alkaloida, kulit batang dan buahnya mengandung saponin, disamping itu kulit batangnya juga mengandung tannin dan buahnya mengandung flavonoida dan polifenol. "Khasiat" dan "manfaat" "Alamanda", antara lain:

1. Getah "Alamanda" yang berwarna putih memiliki sifat antibakteri dan juga antibiotik yang dapat dijadikan sebagai obat penyakit kanker dan pencegah kuman atau bakteri. 

2.  "Bunga alamanda" juga umum di"manfaat"kan sebagai obat untuk mencegah komplikasi dari malaria dan pembengkakan limpa. 

3. Akar "Alamanda" juga dapat digunakan untuk mencegah penyakit kuning.

4. Daun "Alamanda" cathartica ber"khasiat" untuk penawar keracunan. Untuk penawar keracunan dipakai -+ 15 gram daun segar "Alamanda" cathartica, dicuci, direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit, dinginkan dan disaring. Hasil saringan diminum dua kali sama banyak selang satu jam.

5. Batang "Alamanda" keras dan bergetah, getahnya dapat di"manfaat"kan untuk menyembuhkan penyakit disentri.

6. Getah dari batang tanaman "Alamanda", katanya juga bisa di"manfaat"kan untuk mematikan belatung dan juga jentik nyamuk. 
 
7. Daun "Almanda" juga ternyata bisa dipakai sebagai obat luar untuk penyakit  abses, eksim, bisul dan kurap. Cukup dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus, dan dibalurkan pada yang sakit.

8, Rasa daun "Alamanda" ini pedas, pahit, bersifat hangat dan beracun. Ber"khasiat" laksatif (pencahar), dan penyebab muntah (emetik).

9. Untuk mengobati demam. Rebus daun "Alamanda" dan masukkan dalam ember atau baskom. Dan gunakan untuk menguapi badan yang panas.

10. Untuk mengobati sembelit. Seduh daun "Alamanda" kemudian diminum.

Sumber:
1. iguidepost.blogspot.com/2008/06/alamanda-bunga-terompet.html
2. masarees.blogspot.com/2012/06/manfaat-tanaman-alamanda.html
3. girladventures.wordpress.com/2011/07/18/bunga-alamanda/
4. therainbowmiracle.blogspot.com/2012/06/namaku-alamanda.html
5. cimtyasd.blogspot.com/
6. books.google.co.id/books?isbn=9791480184

0 komentar: