Jumat, 27 Juli 2012

"Masalah Merupakan Akar Stres"

"Stres" yang menguntungkan berarti jenis "Stres" yang memberikan rasa keberhasilan, kepuasan, keseimbangan dan kesehatan kepada yang bersangkutan".


Jenis "Stres" yang menguntungkan ini disebut dengan eu"Stress".

Yakinlah bahwa setiap "Stres"sor atau "masalah" merupakan ujian bagi anda. Yakinlah bahwa ujian itu diberikan oleh Allah SWT. dengan tujuan menaikkan derajat keimanan anda.

Jangan pernah berpikir untuk menghindari "masalah" atau lari darinya. Sebab, semakin anda menghindar atau lari dari "masalah", semakin banyak pula 'pekerjaan rumah' yang harus anda selesaikan.

Jika anda mempunyai pola hidup, pola pikir, dan pola makan yang baik, maka "Stres"sor atau "masalah" bisa anda kelola menjadi berkah. Tetapi, jika sebaliknya maka "Stres"sor atau "masalah" bisa menjadi sebuah musibah.

Seseorang yang terkena "Stres" biasanya disebabkan oleh pikiran negatif tentang dirinya sendiri. Misalnya, merasa bernasib tak beruntung ataupun menganggap dirinya gagal.

Ketakutan karena "masalah" di masa lalu akan terbawa hingga sekarang, dan semua itu akan sangat mengganggu.

"Stres"  bisa muncul setiap saat, tidak memperhatikan tempat, waktu, subjek dan objek. Adakalanya, orang tiba-tiba merasa pusing, mual, tidak percaya diri, putus asa ataupun pingsan.

Orang yang mengalami "Stres", sering kali mencari kambing hitam atas "masalah" yang dihadapi. Padahal, setiap "masalah" merupakan hasil perbuatan manusia itu sendiri. 

Orang yang sedang mendapatkan sebuah "masalah", berarti ia sedang memulai lembaran  kesuksesan dalam hidupnya.

Kunci keberhasilan dalam menyelesaikan sebuah "masalah" adalah menjalani dan menghadapinya. Sebuah "masalah" atau "Stres"sor tidak akan pernah selesai jika kita tidak mau menjalani dan menghadapinya.

Sesungguhnya, seseorang yang terkena "masalah", kemudian ia menerima dengan ridha dan ikhlas, maka ia akan mendapatkan ridha dari Allah SWT.

Hanya orang yang memiliki keyakinan, yang bisa merasakan keikhlasan yang sesungguhnya. Ia bisa mengambil hikmah atau pelajaran dari segala "masalah" yang ia hadapi.

Jika selama hidup tidak pernah rela dengan hadirnya "masalah", maka anda belum bisa dikategorikan sebagai orang yang sabar.

Tanpa ada keyakinan, anda tidak akan mempunyai kepercayaan bahwa anda bisa terhindar dari "Stres", apalagi terbebas darinya. Jika sudah tidak lagi memiliki kepercayaan, mustahil kekuatan penyembuhan itu akan datang.

Saya sempat mengalami "masalah" paranoid sekitar setahun. Pada masa itulah, saya tidak memiliki siapa-siapa, kecuali Allah SWT. Allah SWT. tidak pernah meninggalkan kita.

(Sumber: Hilangkan "Stres" dengan Terapi HIPNO IKHLAS. Oleh: Mohammad Irsyad).
 

 
  

0 komentar: