Sabtu, 07 Juli 2012

"5 Cara Meredam Kemarahan"

"Marah" biasanya selalu membawa masalah, maka dari itu perlu kiat-kiat atau cara-cara yang perlu dipraktekkan, yakni bagaimana cara "meredam" "kenarahan"?


Berikut ini ada 5 (lima) cara untuk "meredam" "kemarahan"  yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. yang dapat anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Membaca Ta'awwudz.
Rasulullah SAW. bersabda: "Ada kalimat kalau diucapkan niscaya akan hilang "kemarahan" seseorang, yakni a'uudzu billahi minasy-syaithaanir rajiim "Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk". (HR. Bukhari - Muslim).

2. Berwudhu.
Rasulullah SAW. bersabda: "Kemarahan" itu dari syetan, sedangkan syetan tercipta dari api, api hanya bisa padam dengan air. Maka kalau kalian "marah" berwudhulah". (HR. Abu Dawud).

3. Duduk.
Dalam sebuah hadits dikatakan, "Kalau kalian "marah" maka duduklah, kalau tidak hilang juga maka berbaringlah". (HR. Abu Dawud).

4. Diam.
"Ajarilah (orang lain), mudahkanlah, jangan mempersulit masalah. Kalau kalian "marah" maka diamlah". (HR. Ahmad).

5. Bersujud.
Artinya shalat sunnah minimal dua rakaat. Sebuah hadits menyebutkan, "Ketahuilah sesungguhnya "marah" itu bara api dalam hati manusia. Tidaklah engkau melihat merahnya kedua matanya dan tegangnya urat darah di lehernya? Maka siapa saja yang mendapatkan itu, maka hendaklah ia menempelkan pipinya dengan tanah (sujud)". (HR. Tirmidzi).
(Sumber: Majalah Al-Falah, edisi 275, Februari 2011). 

0 komentar: