Jumat, 03 Februari 2012

"Tips Memilih Dan Merawat Sepatu"

"Sekarang ini berbagai model "sepatu" dapat ditemui di berbagai toko maupun counter-counter "sepatu" di mal-mal."


Harga "sepatu" bervariasi dari yang murah sampai yang mahal. Apapun pilihan model maupun harga "sepatu" anda yang penting adalah nyaman dan enak dipakai. Berikut tips "memilih" dan "merawat" "sepatu".

"MEMILIH" "SEPATU".

1. Pilihlah "sepatu" yang berbahan lembut baik dari kulit maupun dari bahan lain seperti oscar dan kain. "Sepatu" yang bekulit lembut biasanya bila ditekuk ujungnya akan elastis.

2. Pilihlah "sepatu" yang mudah dibersihkan dari kotoran yang menempel.

3. Membeli "sepatu" sebaiknya pada pagi hari saat kaki belum banyak digunakan, pada sore hari biasanya kaki akan lebih membesar, karena banyak dipakai berjalan sehingga bila memakai "sepatu" akan terasa pas. Keesokan harinya saat kaki kembali ke bentuk normal, "sepatu" akan terasa longgar.

4. Periksalah sol "sepatu" apakah terekat dengan baik.

5. "Sepatu" yang pada tumitnya dipaku setelah beberapa lama biasanya akan menimbulkan bunyi saat dipakai.

6. Jangan mau memerima tawaran dari penjual "sepatu" yang dapat memperbesar atau memperkecil "sepatu" yang tidak pas di kaki anda.

7. Apabila kaki anda cenderung melebar lebih baik "memilih" "sepatu" dengan ujung lebar dari pada runcing.

"MERAWAT" "SEPATU".

1. Apabila "sepatu" anda terbuat dari bahan kulit, maka bersihkan kotoran yang menempel dengan lap basah, keringkan. Setelah kering semir dengan semir cair atau padat. Kemudian sikat dengan sikat "sepatu" sampai mengkilap dan jemur selama satu jam.

2. Setelah dijemur masukkan ke kantung "sepatu" yang terbuat dari kain. Namun apabila "sepatu" sering digunakan simpan di rak "sepatu".

3. "Sepatu" yang terbuat dari kain dapat disikat dengan sikat pakaian untuk membersihkan kotoran dan cuci dengan detergen. Kemudian jemur di bawah terik matahari supaya tidak cepat berjamur.

4. Untuk mencegah "sepatu" terkena jamur, dapat dijemur seminggu sekali. Dapat pula disimpan di kotak "sepatu" yang telah ditaruh dengan kantong silikon.

5. Begitu "sepatu" kotor hendaknya segera dibersihkan. Lumpur yang menempel cepat merusak "sepatu".

0 komentar: