Jumat, 19 Agustus 2011

"Tips Menjadi Orang Tua Efektif Bagi Anak"

"Semua "orang tua" pasti menginginkan "anak"nya kelak menjadi "orang" yang baik. Dengan demikian tentunya para "orang tua" sangat membutuhkan cara bagaimana mendidik "anak"-"anak"nya."

Berikut ini tips untuk menjadi "orang tua" Efektif:

1. Kenali "Anak" Anda.
 Setiap "anak" mempunyai karakter yang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Maka dari itu kenali karakter dan potensi yang dimiliki oleh "anak" anda. Dengan begitu anda dapat memberikan perilaku yang sesuai kepada "anak".

2. Harga Apabila "Anak" Berperilaku Baik.
Setiap "orang tua" harus menghargai perilaku baik yang dilakukan oleh "anak". Berilah penghargaan apabila "anak" berprestasi. Dan tegur dengan bijak apabila "anak" menyimpang.

3. Libatkan "Anak" Untuk Turut Berperan Serta.
Libatkan "anak" dalam mengambil keputusan dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh keluarga.Misalnya libatkan "anak" dalam aktivitas keseharian.

4. Dekatkan Diri Dengan "Anak".
Manfaatkan setiap kesempatan yang anda miliki untuk mendekatkan diri pada "anak" anda.

5. Tegakkan Disiplin.
Jangan mendiamkan "anak" apabila "anak" melakukan perbuatan yang salah/ tidak baik. Didiklah "anak" untuk mentaati aturan yang telah disepakati bersama.

6. Menjadi Panutan Bagi "Anak".
Seorang "anak" meniru setiap yang dilakukan "orang" lain, terutama "orang tua"nya. Maka dari itu anda  sebagai "orang tua" harus dapat menjadi contoh yang baik bagi "anak".

7. Katakan Bahwa Anda Menyayangi "Anak" Anda.
Kasih sayang "orang tua" harus diungkapkan dalam tindakan apapun, contohnya dengan cara memeluk/mencium, membelai dan sebagainya.

8. Selesaikan Masalah Saat Kepala Sudah Dingin.
Masalah lebih baik tidak diselesaikan pada saat "orang tua" dalam keadaan marah. Karena pada saat marah, pikiran tidak jernih sehingga dapat memperburuk keadaan.

(Sumber: Majalah Al Falah, Edisi 278, Mei 2011). 

0 komentar: