Rabu, 10 November 2010

"INDAHNYA BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN"

"Banjarmasin" merupakan Ibu Kota Propinsi Kalimantan Selatan yang dikenal dengan kehidupan masyarakatnya yang Islami."




Kami rombongan sebanyak tujuh orang melakukan pembelajaran ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru pada tanggal 29 Oktober 2010. Pembelajaran dalam rangka mencari referensi untuk penyusunan Standart Operasional Prosedur (SOP). Sebelum berangkat kami breakfast dengan menu soto ayam di Restaurant Bangkalan di Bandara Juanda. Pukul 07.45 WIB peswawat kami berangkat menuju ke "Banjarmasin" dan pukul 09.45 WITA kami mendarat di Bandara Sjamsudin Noor "Banjarmasin".


Travel mengantarkan rombongan ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru. Kami disana disambut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ibu Hj Erna) beserta Sekretaris, para Kepala Bidang dan sebagian Kepala Seksi. Mereka menyambut kami dengan ramah dan familier. Kami disuguhi makanan khas "Banjarmasin" yang sangat nikmat.


Setelah selesai di KAntor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, kami makan siang di Rumah Makan Pondok Lima yang menyajikan menu khas "Banjarmasin". Alhamdulillah ........ sangat lezat. Setelah itu kami melaksanakan sholat dhuhur di Masjid Agung Al-Karomah di MArtapura. Kemudian rombongan kami melanjutkan perjalanan untuk wisata belanja di pasar Martapura. Bagi penggemar perhiasan batu-batuan akan sangat krasan berbelanja di pertokoan pasar Martapura.


Selesai berbelanja rombongan kami menuju hotel Victoria di "Banjarmasin". Dalam perjalanan kami juga melewati Hotel "Banjarmasin" Internasional yang dulu pernah terbakar. Guide dari travel menjelaskan tentang apa dan bagaimana situasi di Kota "Banjarmasin". Setelah sampai di hotel, kami membersihkan diri dan istirahat. Pukul 07.00 WITA, rombongan kami berangkat untuk makan malam di Rumah Makan Lumina dengan menu Chinesfood yang sangat nikmat. Setelah itu kami kembali ke hotel untuk beristirahat.



Pada hari Sabtu tanggal 30 Oktober 2010, pukul 05.30 WITA rombongan kami melakukan wisata air (sungai) dengan mengendarai motorboat. Kami melewati Kampung Sungai Bilu. Di sepanjang sungai ini kita menikmati pemandangan yang sangat menarik. Masyarakat Sungai Bilu mandi, cuci dan membuang kotoran dipinggir sungai ini. Bahkan ada ciri khas dari masyarakat sepanjang sungai ini. Wanita yang mandi ada ciri khasnya, kalau memakai kain diikatkan di pundak kanan berarti dia masih gadis, kalau kain diikatkan di pundak sebelah kiri berarti dia sudah janda, sedangkan bagi wanita yang bersuami kain dikembenkan tanpa diikat di pundak.


Setelah Kampung Sumgai Bilu kami melewati Sungai Andai (Anak Sungai Barito). Di sepanjang Sungai ini juga kami temui hamparan Kebun Tanaman Sagu, tempat pangkalan bekas Kapal Perang, serbuk kayu dan juga tempat penyimpanan Batu Bara.


Kami juga menikmati wisata belanja Pasar Apung yang sangat terkenal di "Banjarmasin". Kami menikmati makan pagi di atas motorboat dengan menu makanan khas "Banjarmasin". Setelah itu rombongan kami melanjutkan perjalanan untuk menuju Taman Wisata Alam Pulau Kembang. Disana banyak sekali hewan satwa monyet.



Setelah itu baru rombongan kami kembali ke hotel untuk breakfast. Pukul 10.00 WITA kami chek out dari hotel untuk menuju ke Martapura melanjutkan wisata belanja. Sebelum belanja kami makan siang dengan menu Soto Banjar dan sate itik yang sangat lezat di Rumah Makan Soto Banjar Bawah Jembatan. Nikmat sekali Soto Banjar yang disantap dengan ketupat.


Baru setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke Martapura dan terlebih dahulu mampir di Masjid Agung Al-Karomah untuk melaksanakan sholat dhuhur. Selesai belanja kami menuju Bandara Sjamsudin Noor untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Sidoarjo. Kami menunggu sekitar 2 (dua) jam di ruang eksekutif. Pukul 07.30 WITA baru kita terbang menuju ke Bandara Juanda. Rombongan kami sampai di Bandara Juanda pukul 07.30 WIB. Saya sampai di rumah baru pukul 08.30 WIB karena mengalami kemacetan di alun-alun Sidoarjo.

Indahnya wisata di "Banjarmasin"........ Bagi anda yang belum menginjakkan kaki di "Banjarmasin" kami sarankan untuk berwisata di "Banjarmasin". Utamanya yang suka menikmati wisata belanja, Martapura adalah tempatnya. Dan bagi yang suka wisata air, Sungai Bilu dan Sungai Andai sangat cocok untuk anda. "Banjarmasin"...... "Banjarmasin"...... "Banjarmasin"...... Alangkah Indahnya.........






























































































































0 komentar: