Jumat, 26 Agustus 2022

WISATA KE TURKI (TURKISH) PADA SAAT PANDEMI

Kami rencana berangkat ke "Turki"  berlima. Sebelum berangkat diharuskan untuk Swab Antigen. Hasil Swab Antigen ternyata dua diantara kami hasilnya Positif Covid-19, sehingga kami hanya berangkat bertiga dan ditambah dua rekan kami PRO DMC Travel. Akhirnya berangkatlah kami berlima "Wisata ke Turki". Sedangkan yang dua orang harus kembali ke rumah untuk melaksanakan Isolasi Mandiri.

Kami berlima berangkat ke Jakarta, dan kami pun dalam perjalanan ke Dhoha terbagi dua, yakni dua orang naik pesawat dengan penerbangan pukul 01.00 WIB. dini hari, sedangkan tiga orang dengan pesawat penerbangan pukul 14.00 WIB sehingga harus bermalam terlebih dahulu di Hotel Bandara di Jakarta. Dan kami berlima bertemu di Bandara Dhoha untuk melanjutkan penerbangan ke Istambul.

Akhirnya kami sampai di Istambul setelah melakukan penerbangan sewkitar 13 jam.

Hari pertama "wisata" kami awali dengan Meet & Greet with local guide. Setelah itu breakfast lanjut ke Bursa passing through Osmangazi Bridge. Lanjut ke Green Mosque dan Tomb & Traditional Silk Bazaar. Lunch di Local Restaurant. Lanjut ke Grand Mosque of Bursa. Kemudian ke Traditional "Turkish" Safron and Herbal Shop. Lanjut check-in hotel di Kusadasi.

Hari kedua "wisata" kami diawali breakfast dan check-out hotel untuk lanjut perejalanan. Kami kunjungi Ephesus Ancient City, lanjut ke FAmous "Turkish" Leather Factory. Lanjut Lunch kemudian ke Pamukkale Ancient City (Cotton Castle). Lanjut Check-in hotel di Pamukkale.

Hari ketiga "wisata" kami Breakfast langsung checkout hotel untuk lanjut perjalanan. Kami mengunjungi Famous "Turkish" Textile Outlet. Lanjut ke Rest Area stop at Dinar (Opium City). Lunch at Local Restaurant. Lanjut perjalanan ke Mevlana Mausoieum and Mosque, lanjut ke Sultanhani Caravanserai., Lanjut Check-in hotel, dinner in CAPPADOCIA. CAPPADOCIA.... It's not my dream.... But my Reality. He2... he.....

Hari keempat "wisata" kami diawali ke Hot Air Baloon. Breakfast at hotel. Kunjungan ke "Turkish" Handicraft and Carpet and Jewelry Production. Lanjut ke Traditional Avanos Pottery Vilage. Lunch at local Restaurant. lanjut kunjungan ke Underground City, lanjut ke Goreme Valley and Pigeon Valley, Photo stop at Uchisar Castle. Tour Jeep Safari. Lanjt ke hotel an Dinner at Hotel CAPPADOCIA.

Hari kelima "wisata" kami awali breakfast at hotel. Lanjut kunjungan ke Mt. Erciyes Winter Sky Resort with Free Cable Car. Lunch at Local Restaurant. Lanjut Photo stop at Fairy Chimneys. Lanjut balik ke hotel untuk dinner dan istirahat di hotel CAPPADOCIA.

Hari keenam "wisata" kami breakfast and check-out hotel. Lanjut Photo stop Salt Lake. Lunch at Local Restaurant. Lanjut kunjungan ke Ataturk Mausoieum (Anitkabir). Dinner at local Restaurant. Lanjut check-in at Hotel Istambul.

Hari ketujuh "wisata" kami awali breakfast and check-out hotel. Kunjungan ke Topkapi Ottoman Palace Complex. Lanjut ke Sultanahmet Mosque and Ayasofya Mosque dan Nousiom. Lanjut Lunc at Local Restaurant. Lanjut kunjungan ke Roman Hippodrome lanjut ke Grand Bazaar. Lanjut Embark Bosphorus Cruise. Lanjut ke Taksim Square & Photo stop Galata Tower. Lanjut Dinner at Local Restaurant, lanjut swab antigen. Lanjut check-in at Hotel Istambul.

Hari kedelapan "wisata" kami awali dengan breakfast and check-out hotel lanjut ke Airport Istambul. Lanjut penerbangan ke Dhoha dan ke Jakarta.

Hari keembilan "wisata" kami sampai di Airport Sukarno-Hatta, lanjut swab antigen di Bandara. Setelah itu lanjut karantina ke Hotel Novotel. Sore harinya kami berpisah, dan diantara kami ada dua orang yang hasil swabnya Positif Covid-19 dan harus Karantina di Wisma Atlet Pademangan.

Kami di Wisma Atlet Pademangan melakukan karantina selama 6 (enam) hari. Dua hari di Wisma Atlet kami diswab Antigen. Dan pada hari keenam karantina, hasil swab keluar dan dinyatakan Negatif Covid-19 dan kami diijinkan untuk pulang ke rumah masing-masing. Untuk perjalanan pulang kami naik Kereta Api, sehingga harus melakukan Swab Antigen lagi di Stasiun Kereta Api.

Memang ada perbedaan melakukan "wisata" pada saat pandemi dengan pada saat kondisi normal. Selama dua minggu, kami melakukan Swab Antigen sebanyak 4 (empat) kali. He---- he3..... Ribet juga seeeeh. Tambahan biaya, waktu, tenaga dan pikiran itu sudah pasti.... Tapi mengasyeeekkan kalau dinikmati.

Selasa, 23 Agustus 2022

MOHON PAMIT PURNA TUGAS

Bismillahir Rakhmanir Rakhim

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Yang saya hormati:

Inspektur

Sekretaris, Kasubag beserta teman-teman fungsional kesekretariatan...

Irban 1, 2, 3 dan 4 beserta teman-teman Auditor yang saya cintai....

Syukur Alkhamdulillah atas limpahan rakhmat, nikmat dan karunia-Nya yang telah diberikan kepada kita semua. Shalawat dan salam kita sampaikan kepada Rasulullah Muhammad Sholallahu Alaihi Wassalam panutan kita.

Teman-teman semua yang saya hormati...

Saya mengajak kepada semuanya untuk menjaga kesehatan masing-masing supaya kita tetap sehat wal afiat sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik, yang tugas itu semakin lama semakin menantang, namun apabila dilaksanakan dengan ikhlas pasti semuanya akan terasa ringan. Aamin Ya Rabbal Alamiin.....

Teman-teman yang saya hormati... Berkaitan dengan "purna tugas" saya, maka izinkanlah saya menyampaikan beberapa hal kepada teman-teman semua:

Yang Pertama, bahwa "tugas" saya berakhir pada akhir Pebruari 2022. Tanpa terasa, saya telah menjalani kehidupan sebagai ASN ini selama 33 th, di Inspektorat selama kurang lebih 11 th dan sebagai auditor selama kurang lebih 9 th.  Selama itu pula saya selalu bersyukur dan sangat berbahagia menjadi bagian dari keluarga besar Inspektorat Daserah Kabupaten Sidoarjo. Pada kesempatan ini pula, maka saya mohon izin untuk undur diri dari semua kegiatan sehari-hari sebagai ASN khususnya sebagai auditor.

Yang Kedua,  Jika selama kita bergaul, beraktivitas bersama, bekerja bersama, berinteraksi, bertutur kata dan bersikap ada salah dan khilafnya, dengan kerendahan hati, saya mohon dimaafkan yang seikhlas-ikhlasnya agar tidak menjadi kendala di kemudian hari. Saya juga menyampaikan terimakasih yang tak terhingga kepada Inspektur dan keluarga besar Inspektorat atas segalanya yang telah diberikan kepada saya.

Yang Ketiga, agar tetap menjaga silaturahim kita, jika ada sesuatu informasi, berita, undangan atau yang sejenisnya, mohon diteruskan ke saya lewat japri di media sosial atau saya akan senang sekali jika ada yang berkenan silaturahim ke rumah. Pada masa purna tugas, saya banyak beraktivitas di Blitar, Malang dan Sidoarjo. Monggo telepon dulu atau WA, barangkali ada yang bisa saya bantu. Insyaa Allah....

Yang Keempat, Izinkanlah saya memberikan beberapa pesan, agar Inspektorat Daerah Kabupaten Sidoarjo semakin jaya, maka semua keluarga besarnya harus meluruskan niat bahwa bekerja adalah merupakan ibadah dan ibadah itu diterima oleh Allah jika kita berniat ikhlas. Niat Ikhlas adalah ibadah hati, dimana hati kita berbicara bahwa saya bekerja ini adalah untuk mendapatkan Ridha Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Oleh sebab itu, karena bekerja itu ibadah maka ketika bekerja tidak boleh ada kata malas dan jenuh. Seperti nasihat Rasulullah kepada putranya:

“Wahai putraku, jauhilah kemalasan dan kejenuhan, karena keduanya adalah kunci semua keburukan. Jika malas, kamu tidak akan pernah sanggup menunaikan kewajiban. Jika jenuh, kamu tidak akan pernah bersabar menunaikan kewajiban.” (HR. Abu Nu’aim)

Saudara-saudaraku keluarga besar Inspektorat Daerah Kabupaten Sidoarjo, marilah kita ikuti juga nasihat Rasulullah tersebut.

Yang Kelima, untuk selanjutnya Saya juga mohon izin pamit untuk undur diri dari keanggotaan semua group media sosial yang ada di Inspektorat Daerah Kabupaten Sidoarjo mulai Tgl. 28 Pebruari 2022, paling lambat pukul 23.59 WIB. Sekali lagi, Saya mohon maaf dan terima kasih atas semuanya.....

Demikian rangkaian kata-kata saya dan semoga Inspektorat Daerah Kabupaten Sidoarjo jaya selamanya. Tetap semangat, salam sehat dan selalu sukses.

Inspektorat Daerah Kabupaten Sidoarjo do the best!!!

I Love You All.....

Wabillahit Taufik Wal Hidayah

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Sidoarjo,  28 Pebruari 2022

Ttd

LAELY WIDJAJATI

Rabu, 15 Mei 2019

PERNIKAHAN BANDA & DHATTU YANG SEDERHANA DAN SIMPLE

"Pernikahan" anak saya (BANDA dan DHATTU), Alhamdulillah "Pernikahan" berlangsung dengan lancar, baik acara Akad "Nikah" maupun acara Tasyakuran "Pernikahan".

Akad "Nikah" dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB dan Acara Tasyakuran "Pernikahan" pukul 15.00 WIB pada Hari Jum'at, Tanggal 19 April 2019 di Auditorium SMAMDA (SMA MUHAMMADIYAH 2), Jalan Mojopahit Nomor 666 B Sidoarjo.

Acara Tasyakuran "Pernikahan" berlangsung sederhana namun sangat meriah. Undangan (Fisik) sejumlah 500, namun undangan via Medsos lebih dari 200 orang. Alhamdulillah kami dapat menjamu para tamu walaupun hanya dengan perhelatan yang sangat sederhana.

Catering Ibu dari Surabaya, menyuguhkan menu hidangan dengan aneka rasa yang tidak mengecewakan lidah para undangan.

Dekorasi Redvelvetevent juga menyuguhkan dekorasi yang indah dinikmati oleh mata. Dekorasi konsumsi Catering Ibu-pun menyesuaikan dengan dekorasi ruangan yang disuguhkan oleh Redvelvetevent, sehingga terasa menyatu antara ruangan dengan hidangan yang tersedia.

Ditambah dengan MUA (Make Up Artist) dengan hasil yang tidak mengecewakan pula. Riasan  pasangan penganten, orang tua mempelai beserta para among tamu yang kelihatan begitu mempesona.

Keluarga yang hadir juga berasal dari berbagai daerah, antara lain dari Pontianak, Banda Neira, Bali, Semarang, Blitar dan masih banyak para undangan yang berasal dari berbagai daerah lainnya. Alhamdulillah kami bisa menjamu mereka dengan konsumsi yang masih berlebih.

Artikel masih belum selesai.....

Rabu, 27 Februari 2019

STUDI BANDING DAN WISATA KE NEGERI DI ATAS AWAN LUMAJANG

Perjalanan Sidoarjo ke "Lumajang" bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2,5 jam atau  150 menit. Perjalanan bisa cepat karena tim kami melewati Jalan Tol. Berangkat dari kantor sekitar pukul 05.30 WIB dan sampai di "Inspektorat Lumajang" sekitar pukul 08.00 WIB.

Kehadiran kami disambut oleh Inspektur Kabupaten "Lumajang", walaupun hanya sebentar, karena beliau akan ada acara yang tidak bisa diwakilkan. Kemudian rombongan kami diterima oleh Sekretaris, Ispektur Pembantu beserta para auditor dan P2UPD.

Mereka menjelaskan seluruh program dan kegiatan "Inspektorat Lumajang" dan menjawab questioner terkait kegiatan pengawasan yang telah kami kirimkan sebelumnya. Setelah itu kami melihat laboratorium sarana dan prasarana serta peralatan pemeriksaan kegiatan pembangunan fisik. Setelah itu acara penutupan ditandai dengan tukar menukar cindera mata dan foto bersama.

Setelah acara di "Inspektorat" selesai, kami diajak untuk makan siang dan dilanjutkan kunjungan ke Pendopo Kabupaten "Lumajang" yang Bupatinya masih ada hubungan keluarga dengan rekan kami. Di Pendopo kami sholat dan beramah tamah dengan orang tua dan istri serta anak Bapak Bupati. Bapak Bupati sendiri masih ada acara dengan DPR, sehingga tidak bisa menerima kami. Setelah beramah tamah cukup lama, sekitar 2 (dua) jam lebih, rombongan kami menuju hotel Grand Aloha untuk beristirahat. Sementara rekan kami beristirahat, saya beserta beberapa teman menyempatkan untuk Ziarah ke Pesarean Eyang Mertonegoro di Pemakaman Jogoyudan yang lokasinya termasuk di tengah kota dan berdekatan dengan Pendopo Kabupaten "Lumajang".

Setelah itu baru kami menuju ke hotel untuk mandi dan beristirahat. Malamnya rombongan kami keluar untuk makan malam. Kebetulan ada teman dari Inspektur Pembantu yang berdomisili di "Lumajang" dan rombongan kami diajak untuk makan malam. Sedangkan saya dan ibu Sugiharti beristirahat di kamar hotel dan tidak mengikuti acara makan malam.

Pada pagi dini hari, sekitar pukul 3 pagi, rombongan kami diantarkan oleh Mas Akbar (Pegawai Dinas Pariwisata) untuk berwisata menuju ke "Negeri Atas Awan" B 29. Perjalanan kami cukup menantang. Kami menuju ke Desa Arjosari Senduro dengan mengendarai 3 mobil dinas. Kemudian kami melanjutkan perjalanan dengan naik ojek (Sepeda Motor). Perjalanan cukup menegangkan karena jalannya berupa jalan aspal, paving dan tanah yang selalu menanjak.

Sekitar setengah perjalanan kami berhenti untuk melaksanakan sholat Subuh di sebuah Musholla. Setelah itu baru kami melanjutkan perjalanan ke Puncak B29 yang terkenal dengan sebutan "Negeri Atas Awan". Sebelum sampai ke Puncak kami beberapa kali berhenti karena jalannya tidak memungkinkan dilewati dengan mengendarai sepeda motor. Kami harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih 300 meter. Walaupun hanya jarak yang pendek, namun juga cukup melelahkan karena jalannya mendaki.

Alhamdulillah.... Akhirnya rombongan kami sampai juga di Puncak B 29 atau "Negeri Atas Awan" dengan selamat. Kami sampai sebelum Matahari Terbit, sehingga kami bisa menikmati keindahan matahari terbit dan kebetulan juga kami bisa menikmati pemandangan awan di lokasi yang lebih rendah dari tempat kami berdiri. Indah sekali destinasi wisata disini. Tidak salah kalau tempat ini dinamakan "Negeri di Atas Awan". Robongan kami disini bisa berfoto-foto maupun mengabadikan Beautiful Sunrise" yang sangat diminati oleh wisatawan baik dalam negeri maupun manca negara.

Setelah puas menikmati suasana yang sangat indah di "Negeri Atas Awan", rombongan kami turun dengan mengendarai ojek lagi. Sampai di bawah, rombongan kami menikmati sarapan pagi ala Tengger yang sangat nikmat. Setelah itu kami melihat-lihat Penginapan Milik Pemerintah Kabupaten "Lumajang". Kelihatan nyaman juga misainya kita sewaktu-waktu ingin berwisata lagi ke "Negeri Atas Awan", kita bisa nenginap di tempat itu.

Setelah itu rombongan kami melanjutkan perjalanan pulang. Kami mampir ke Pura yang paling besar di Asia Tenggara yaitu Pura Mandara Giri Semeru Agung. Kami sempat melihat-lihat ke sekeliling Pura,  dan satu rekan kami menyempatkan untuk bersembahyang di Pura ini. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan dan mampir ke Pengusaha Susu Etawa. Setelah itu baru mampir ke Pusat Oleh-oleh "Lumajang".

Kami melanjutkan perjalanan pulang ke hotel dan beristirahat dan persiapan pulang, sedangkan bagi rekan kami yang muslim melaksanakan Sholat Jum'at. Setelah mereka selesai Sholat Jum'at baru kami melakukan perjalanan pulang ke Sidoarjo.

Dalam perjalanan pulang, sampai di Probolinggo kami mampir ke sebuat Rumah Makan untuk makan siang. Setelah itu baru melanjutkan perjalanan pulang dan Alhamdulillah sampai di Sidoarjo sekitar pukul 17.00 WIB. Syukur Alhamdulillah rombongan kami sampai di Kantor "Inspektorat" dengan selamat. Perjalanan yang sangat menyenangkan.

Minggu, 25 November 2018

ACARA LAMARAN UNTUK PERNIKAHAN

"Lamaran" merupakan langkah awal sebelum masuk ke tahap pernikahan dilaksanakan.

Acara "Lamaran" merupakan sebuah moment berharga, yang penting adalah kenangan dan kesannya, bukan kemewahannya.
"Lamaran" adalah acara yang penuh keakraban, hingga tidak perlu terlalu banyak orang yang terlibat.

Secara umum lokasi yang digunakan untuk Acara "Lamaran" adalah rumah pihak calon mempelai wanita. Acara "Lamaran" anak saya, kami laksanakan di rumah calon istrinya pada hari Sabtu tangggal 24 Nopember 2018 sekitar pukul 19.00 WIB. Sangat sederhana dan penuh keakraban. Kami sengaja untuk tidak melibatkan keluarga besar. Hanya keluarga inti Ayah, ibu beserta saudara dari calon istri anak saya. Sayapun sengaja hanya datang bersama anak saya, karena permintaan dari pihak calon istri anak saya.

Yang paling penting dalam acara  "Lamaran" ini adalah tercapai tujuajn, yakni restu dari keluarga pihak calon istri dan kesepakatan waktu, tempat dan segala sesuatunya untuk dilaksanakannya pernikahan.

Acara "Lamaran" terlaksana dengan penuh keakraban dan kekeluargaan, kami ngobrol segala hal dalam kehidupan sehari-hari. Kami pun sudah disiapkan hidangan mulai dari snack, buah dan hidangan makan malam.

Alhamdulillah..... Awal yang sangat baik untuk menambah silaturahmi dan anggota keluarga baru. Semoga kondisi ini akan selalu berjalan dengan baik dan mendapat Ridha Allah itu yang terpenting. Aamiin Yaa Robbal Alamiin.....

Dan semoga Allah memberikan kemudahan dan kelancaran dalam menuju proses pernikahan anak
saya ini.

Step by step terlalui.... Semoga Allah selalu meridhai langkah-langkah kami.

Rabu, 25 Juli 2018

TAHAPAN MENUJU NIKMATNYA TILAWAH (MEMBACA AL-QUR'AN)

Ada 4 tahapan untuk menuju nikmatnya Tilawah (Membaca Al-Qur'an), yaitu:

1. DIPAKSA.
Paksakan diri untuk terus bisa Tilawah tiap hari, suka atau tidak, ringan ataupun berat, cepat atau lambat asal jangan terlewat. Terus paksakan diri.

2. KEBIASAAN
Beberapa  bentuk paksaan akan berubah menjadi kebiasaan. Kita akan merasa aneh jika tidak Tilawah sehari saja.

3. KEBUTUHAN
Kebiasaan yang terus dilakukan akan berubah menjadi kebutuhan. Pada tahap ini sudah mulai tumbuh benih-benih cinta Tilawah, atau merasa rugi jika tidak bisa Tilawah.

4. KENIKMATAN
Pada tahap ini Tilawah sudah menjadi 'candu'. Tilawah berlama-lama adalah 'kenikmatan'. Sedangkan ketika terlewat tidak bisa Tilawah akan membuat diri resah.

Yang perlu kita lakukan adalah 'istiqomah dan mengajak memotivasi diri dan saudara-saudara lainnya untuk terus semangat dalam Tilawah agar mereka dapat merasakan nikmatnya berTilawah.

Yang perlu diingat bahwa kebaikan itu seperti pantulan bola, semakin semangat kita memangulkannya kepada yang lain, maka akan semakin kencang semangat yang akan kita terima.

Allah berfirman dalam Surat Shaad (38), ayat 29, yang artinya:
"Ini adalah sebuah Kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayat-Nya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran"

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda (HR. Tirmidzi no. 2915), yang artinya:
"Barangsiapa membaca satu huruf dari kitabullah , baginya satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipatgandakan sepuluh. Aku tidak mengatakan 'alif laam mim' itu satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Mim satu huruf".

Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat memotivasi diri kita masing-masing untuk bisa menikmati berTilawah.

Sumber: MUHASABAH (dari Habaib Alwi Husin)

Selasa, 24 Juli 2018

MANFAAT MEMBACA AL-QUR'AN

Ada beberapa Hadts yang menjelaskan tentang manfaat membaca Al-Qur'an bagi pembacanya, antara  lain:

Berkata Abdul Malik bin Umair:
"Satu-satunya manusia yang tidak tua (awet muda) dan  tidak pelupa adalah orang yang selalu membaca Al-Qur'an"

"Manusia yang paling jernih akalnya adalah para pembaca Al-Qur'an"

Berkata Al-Imam Qurtubi:
"Barang siapa yang membaca Al-Qur'an, maka Allah akan menjadikan ingatannya segar meskipun umurnya telah mencapai 100 tahun'"

Imam Besar Ibrahim al-Maqdisi memberikan wasiat kepada muridnya Abbas bin Abdi Daim Rahimahullah:
"Perbanyaklah membaca Al-Qur'an jangan pernah kau tinggalkan, karena sesungguhnya setiap yang kamu inginkan akan dimudahkan setara dengan yang kamu baca"

Berkata Ibnu Solah:
"Bahwasanya para malaikat tidak diberi keutamaan untuk membaca Al-Qur'an, maka oleh karena itu para malaikat bersemangat untuk selalu mendengar saja dari bacaan manusia"

Berkata Abu Zaenal:
"Di tengah malam, aku keluar menuju Masjid Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam, sungguh tidak
satu rumahpun yang aku lewati melainkan padanya ada yang membaca Al-Qur'an".

Berkata sebagian Ahli Tafsir:
"Manakala kita menyibukkan diri dengan Al-Qur'an, maka kita akan dibanjiri oleh sejuta keberkahan dan kebaikan dunia",

"Kami memohon kepada Allah agar memberikan taufiqnya kepada kami dan semua yang membaca tulisan ini untuk selalu membaca Al-Qur'an dan mengamalkan kandungannya".

Jadikanlah Al-Qur'an sebagai teman di dunia dan penolong di akhirat.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua......