Senin, 23 Juli 2018

USIA KITA DAN AL-QUR'AN

Ada beberapa penjelasan dalam Al-Qur'an tentang USIA kita, sebagai berikut:

1. Semakin bertambah USIA semakin lemah tangan menggenggam, karena Allah sedang mendidik kita agar melepaskan dunia. (Hud: 15-16).

2. Semakin bertambah USIA semakin kabur mata kita, karena Allah sedang mencerahkan mata hati untuk melihat akhirat. (Al-Isra': 72).

3. Semakin bertambah USIA semakin sensitif perasaan kita, karena Allah sedang mengajarkan bahwa pautan hati dengan makhluk senantiasa menghampakan, namun hati yang berpaut kepada Allah, tiada pernah mengecewakan. (Al-Lukman: 22).

4. Semakin bertambah USIA semakin gugur gigi-gigi kita, karena Allah sedang mengingatkan bahwa suatu hari kita akanngugur ke dalam tanah selamanya. (Ali Imran: 145).

5. Semakin Bertambah USIA  semakin ditarik nikmat kekuatan tulang dan sendi kita, karena Allah sedang mengingatkan bahwa tidak lama lagi kita nyawanya akan diambil. (An Nisa: 78).

6. Semakin bertambah USIA semakin putih rambut kita, karena Allah sedang ingatkan kain kafan yang putih. (Ali Imran: 185).

7. Begitu juga hati kita, semakin bertambah USIA  semakin sepi dan ingin bersendirian karena Allah sedang mendidik kita untuk melepaskan cinta manusia dan dunia. (Al-An'am: 32).,

Semoga penjelasan-penjelasan di atas dapat menjadi renungan kita dan dapat menambah keimanan dan ketakwaan kita.

Berkata Abdul Malik bin Umair:
"Satu-satunya manusia yang tidak tua adalah orang yang membaca Al-Qur'an".
"Manusia yang paling jernih akalnya adalah para pembaca Al-Qur'an".

Berkata Al-Imam Qurtubi:
"Barangsiapa yang membaca Al-Qur'an, maka Allah akan menjadikan ingatannya segar meskipun USIAnya telah mencapai 100 tahun".

Iman besar Ibrahim al-Maqdisi memberikan wasiat kepada muridnya Abbas bin Abdi Daim Rohimahullah:

"Perbanyaklah membaca Al-Qur'an jangan pernah kau tinggalkan, karena sesungguhnya setiap yang kamu inginkan akan dimudahkan setara dengan yang kamu baca".

Berkata Abu Sholah:
"Bahwasanya para Malaikat tidak diberi keutamaan untuk membaca Al-Qur'an , maka oleh karena itu selalu mendengar saja dari bacaan manusia".

Berkata Abu Zanad:
"Di tengah malam, aku keluar menuju masjid Rasulullah SAW sungguh tidak ada satu rumahpun yang aku lewati melainkan padanya ada yang membaca Al-Qur'an".

Berkata sebagian ahli tafsir:

"Manakala kita menyibukkan diri dengan Al-Qur'an, maka kita akan dibanjiri oleh sejuta keberkahan dan kebaikan di dunia".

"Kami memohon kepada Allah agar memberikan taufiqnya kepada kami dan semua yang membaca tulisan ini untuk selalu membaca Al-Qur'an dan mengamalkan kandungannya".

USIA kita terlalu singkat..... Hingga Allah kurniakan Lailatul Qodar (1000 bulan) untuk menambah USIA amal.

USIA kita terlalu singkat.... Allah pinta bersilaturahim untuk memanjangkannya.

USIA kita terlalu singkat.....Allah kurniakan Puasa enam hari di bulan Syawal seperti berpuasa setahun.

USIA kita terlalu singkat.... Allah kurniakan baca Surah Al-Ikhlas seperti membaca sepertiga Al-Qur'an.

USIA kita terlalu singkat.... Allah kurniakan Sholat di Masjidil Haram  seperti sholat 100.000 kali lebih di masjid lain.

USIA kita terlalu singkat.... Allah kurniakan sholat berjama'ah nilainya  27 kali lebih dari pada sholat sendirian.

USIA kita terlalu singkat.... Allah kurniakan sholat sunah dua rokaat sebelum subuh, setara dengan jekayaan akhirat seluas langit dan bumi.

USIA kita terlalu singkat.... Allah kurniakan Sholat Subuh berjamaah seperti sholat sepanjang malam.

USIA kita terlalu singkat.... Allah kurniakan Sholat Isya' berjamaah seperti sholat separuh malam dan bebas dari sifat munafik.

USIA kita terlalu singkat.... Allah kurniakan Satu huruf bacaan Al-Qur'an dengan 10 pahala kebaikan.

USIA kita terlalu singkat.... Allah kurniakan Siapa yang beramal jariyah, share ilmu yang bermanfaat, mengusahakan anak-anakanya jadi anak yang shaleh, pahalanya akan terus mengalir ke alam kuburnya.

Semoga kita diberikan USIA yang bermanfaat baik di dunia maupun di akhirat.

0 komentar: