Jumat, 10 Juli 2015

"SUSUNAN ACARA HUT RI (TUJUH BELASAN)"

"Setiap tahun bangsa Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ("HUT RI") atau yang lebih dikenal dengan Tujuh Belasan".


Pada tanggal 16 Agustus malam ini biasanya diadakan acara tirakatan 17 Agustus mulai dari tingkat Pusat sampai dengan tingkat RT.  Jauh-jauh hari perlu dipersiapkan susunan acara agar acara tersebut dapat berjalan dengan lancar.
 
Berikut salah satu contoh susunan acara malam 17 Agustus 2015, yang direncanakan akan diadakan pada tanggal 16 Agustus 2015:  

Bismillahirahmanirahiim 
Assalamualaikum Wr.Wb 

Yang Terhormat Ketua RT .. RW ... Bpk....... beserta keluarga,
Yang Terhormat Bapak/Ibu Pengurus RT dan Pengurus PKK RT ... RW ...,
Yang Terhormat Bapak/Ibu Warga RT ... RW ....
dan Adik-adik yang kami banggakan. 
Pada hari yang berbahagia ini kita masih  diberi kenikmatan, sehingga kita dapat bertemu bersilaturahmi, khususnya dalam acara malam tirakatan "HUT" Kemerdekaan negara kita tercinta Indonesia.
 
Kehadiran kita saat ini tak lain hanya mengharap keridhaan Allah SWT dan menambah kekuatan iman dan ketaqwan kita semua Aamiin YRA...... dan mempererat tali silaturahmi antar warga RT ... RW ...
Tak lupa solawat dan salam kita limpahkan kepada junjungan besar Nabi Muhammad SAW, pada keluarganya, dan  pada sahabatnya. Mudah-mudahan kita sebagai umatnya mendapat safa’atnya di akhirul zaman. Aamiin YRA......
Dan meskipun agak terlambat, mumpung masih di hari yang fitri ini kami mengucapkan Selamat Idul Fitri 1435 H, Minal Aidzin Wal Faidzin mohon maaf lahir dan batin. Dalam kita bergaul sebagai sesama warga tentunya, barangkali ada kesalahan baik yang sengaja maupun tidak, mohon saling kita maafkan. Semoga amal dan ibadah kita diterima Allah SWT.

Sebelum acara kita mulai, terlebih dahulu  akan kami bacakan susunan acara pada malam hari ini: 

1. PEMBUKAAN
2. MENYANYIKAN LAGU INDONESIA RAYA DAN 17 AGUSTUS 1945
3. MENGHENINGKAN CIPTA
4. SAMBUTAN KETUA RT ... RW ....
5. SAMBUTAN DR SESEPUH WARGA RT ... TENTANG SEJARAH KEMERDEKAAN. 
6. PEMBACAAN DO'A 
7. POTONG TUMPENG
8. PEMBAGIAN HADIAH UNTUK ANAK-ANAK
9. PENUTUP
10. ACARA SANTAI DAN RAMAH TAMAH

1. PEMBUKAAN
Acara pada malam hari ini marilah kita buka bersama-sama dengan bacaan Basmallah :
“ Bissmillahirahmannirahiim “ semoga dalam acara malam hari ini dapat berjalan lancar dari awal sampai selesai tanpa kurang suatu apapun.

2. MENYANYIKAN LAGU INDONESIA RAYA DAN 17 AGUSTUS 1945
Bapak Ibu yang kami hormati, Marilah kita berdiri sejenak untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan lagu 17 Agustus 1945 untuk mengenang jasa para pahlawan indonesia yang telah gugur mendahului kita. Yang akan dipandu oleh Ibu........ waktu dan tempat kami persilahkan.
Bapak Ibu dan Adik-adik kami persilahkan untuk berdiri.

3. MENGHENINGKAN CIPTA
Selanjutnya Marilah kita mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam rangka merebut kemerdekaan Negara kita tercinta ini......

Mengheningkan Cipta Mulai.......    Selesai......
Bapak-bapak, Ibu-ibu dan Adik-adik  kami persilahkan duduk kembali.

4. SAMBUTAN KETUA RT ... RW ....
Sambutan ketua RT ... RW ... Bpk ..., waktu dan tempat kami persilahkan.

Demikian telah kita dengarkan bersama sambutan Bpk.......... selaku ketua RT .... Dengan harapan kita sebagai penerus perjuangan bangsa dapat melanjutkan perjuangannya dengan cara melaksanakan  tugas dan kewajiban  kita sebagai warga negara Indonesia dengan sebaik-baiknya.

5. SAMBUTAN DARI SESEPUH WARGA RT ... TENTANG SEJARAH KEMERDEKAAN.

Acara selanjutnya adalah, sambutan dari sesepuh RT ..., Kepada Bp. …....waktu dan tempat kami persilahkan.

Terimakasih  kepada Bp......…. yang telah memberikan sambutan dan pesan perjuangan yang sangat luar biasa. Semoga sambutan tadi menambah kecintaan kita terhadap tanah air yang kita cintai serta menumbuhkan semangat dalam diri kita untuk berpartisipasi dalam membangun Negara tercinta ini.

6. PEMBACAAN DO'A
Untuk Pembacaan doa, kami mohon  Bpk............ untuk memimpin pembacaan do'a, supaya kita semua diberi keselamatan dan kesejahteraan dalam mengarungi kehidupan sebagai warga negara Indonesia yang baik. 
Kepada Bapak..... kami persilahkan......
 
7. POTONG TUMPENG
Pemotongan Tumpeng akan dilakukan oleh Bpk........ selaku ketua RT ... dan akan diberikan kepada generasi muda kita Adik…. Sebagai simbolis bahwa sebagai generasi muda siap melanjutkan perjuangan para pahlawan.

8. PEMBAGIAN HADIAH UNTUK ADIK-ADIK

9. PENUTUP
Acara demi acara telah kita lalui bersama. Tibalah acara yang terakhir yaitu Penutup. Marilah kita tutup acara ini dengan bacaan HAMDALAH bersama. Alhamdulillahirobbil Alamin.......
Tak lupa kami asampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga RT ....  yang telah membantu dan mendukung demi kelancaran acara Peringatan "HUT RI"  ke 70 pada malam hari ini.

Kami sebagai pembawa acara mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila di dalam penyampaian kami terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati Bapak-Ibu dan adik-adik semua......
Teriring doa semoga kesejahteraan, keselamatan, dan barokah Allah senantiasa tercurah pada kita semua. Aamiin YRA.......
Akhir kata, bilahil taufik wal hidayah
Wassalamuala’ikum Wr.Wb .

10. ACARA SANTAI DAN RAMAH TAMAH
Acara santai dan Ramah Tamah, sambil bincang-bincang dan beramah-tamah kami persillahkan untuk menikmati hidangan yang teah disediakan......

0 komentar: