Sabtu, 21 Maret 2015

"KEUTAMAAN/MANFAAT MANDI MENGGUNAKAN SHOWER"

"Pernahkah anda "mandi" dengan "menggunakan shower"?



"Mandi" dengan menggunakan kran "shower" memang sangat nyaman dan praktis, karena kita tidak perlu repot dan lelah mengayunkan ember air untuk menyiram tubuh kita. Bak "mandi" di rumah saya sudah saya singkirkan sejak Tahun 2007 dan beralih "menggunakan shower".

Bagi sahabat yang memiliki fasilitas "shower" di rumahnya, atau bagi sahabat yang pernah menginap di hotel pasti pernah merasakan sensasi nyaman saat terkena cipratan air dari "shower" itu, bukan? Ternyata, secara ilmiah, "mandi" dengan "shower", panas maupun dingin memliki manfaat-manfaat bagi tubuh kita dan bagi lingkungan. 

Berikut ini beberapa manfaat "mandi" dengan "shower":

1. Menghemat penggunaan air. 
Dengan "shower", volume air yang kita pakai akan secara maksimal kita manfaatkan untuk membilas tubuh. Jika dibandingkan dengan "menggunakan" gayung, cukup banyak air terbuang percuma.  Poinnya adalah, kita ikut berupaya menyelamatkan bumi dengan menghemat pemakaian air. Dengan "menggunakan shower" kita menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dengan me"manfaat"kan secara maksimal. Karena penggunaan air dengan "menggunakan shower" akan jauh lebih hemat dibandingkan jika kita "menggunakan" gayung

2. Memberikan efek relaksasi bagi tubuh. 
Pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan, bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan me"manfaat"kan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan. Efek relaksasi akan sangat terasa kita dapatkan apalagi jika menggunakan air panas dengan suhu sekitar 37 Celcius. Tetapi harus diingat, bahwa uap panas justru dapat meningkatkan ion positif, maka bila kita "mandi" hendaknya "menggunakan" fan atau membuka jendela sehingga terjadi pertukaran udara. Oya, jangan lupa juga setelah"mandi"  dengan air panas, diakhiri dengan bilasan air dingin. Karena saat terkena air panas, pori-pori kulit kita terbuka, jadi untuk menutupnya kembali dilakukan dengan bilasan air dingin.


3. Untuk kecantikan kulit. 
Ini sih, "manfaat" buat para wanita. Penggunaan "shower" baik untuk kecantikan kulit kita. Karena air yang mengalir melalui "shower" akan memberikan sensasi pijatan. Selain itu, dapat mengurangi stress dan membuat tubuh menjadi segar dan nyaman setiap kita "mandi". Agar "manfaat" yang didapatkan lebih maksimal, sebaiknya "shower" tidak digunakan secara tegak lurus, tetapi dengan kemiringan 60 derajat.

4. Melancarkan pernafasan.  
"Shower" dapat memberikan efek pijatan bagi wajah sehingga dapat melancarkan pernafasan. Untuk memperleh "manfaat" ini, hendaknya "shower" tidak diarahkan tegak lurus, namun dengan sudut kemiringan 60 derajat.

5.  Hasilnya lebih bersih. 
"Mandi" dengan "menggunakan shower" ternyata tidak hanya menghemat air namun juga lebih bersih dibandingkan dengan "mandi" "menggunakan" gayung yang secara tehnis tidak membasahi badan dengan merata dan terus menerus seperti "menggunakan shower".

Jadi, beruntunglah sahabat yang di kamar "mandi" rumahnya terdapat fasilitas "shower"
 
Sumber:
1. https://asepsaiba.wordpress.com/.../yuk-hemat-air-den...
2. annisafeb26.blogspot.com/.../mandi-pakai-shower-ata...
3. edukasi.kompasiana.com/.../ayo-mandi-pakai-shower-.
4. sharingdisini.com › Featured
5. www.gadis.co.id › Gaya › Cantik

0 komentar: