Jumat, 13 Maret 2015

"APA SIH ARTINYA MODUS?"

"Apa sih artinya "Modus"? Yang biasa diucapkan anak-anak muda atau anak Ghaul jaman sekarang".



Dulu, kalau mendengar kata "Modus", yang dibayangkan adalah sesuatu yang berhubungan dengan kriminalitas dan pelanggaran hukum. Sering banget dengar kata "Modus" operandi, yang sering digunakan di koran-koran atau televisi kalau ada berita kejahatan, misalnya pencurian motor dengan "Modus" menukar plat nomor kendaraan, atau perampokan dengan "Modus" pembiusan. "Modus" juga digunakan di pelajaran matematika, untuk menunjukkan nilai yang paling sering muncul dalam suatu kelompok data.
 
Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, "Modus" adalah:
"Modus" mo.dus
[n] (1) cara; (2) Ling bentuk verba yg mengungkapkan suasana kejiwaan sehubungan dengan perbuatan menurut tafsiran pembicara tentang apa yang diucapkannya; (3) nilai yang paling besar frekuensinya dl suatu deretan nilai; (4) angka statistik yg paling sering muncul dl populasi atau sampel

Beberapa tahun belakangan ini anak-anak muda sepertinya semakin kreatif dalam berbagai bidang. Salah satunya dalam mempergunakan kata-kata dalam pergaulan sehari-hari. Ada beberapa kata yang akhir-akhir ini mengalami perubahan fungsi. Salah satu kata tersebut adalah kata "Modus". Entah itu kemajuan atau kemunduran, soal itu serahkan saja pada ahlinya. Yang pasti saya mengamati ada beberapa kata dalam bahasa Indonesia yang dulu jarang digunakan sehari-hari, sekarang malah menjadi bahasa pergaulan baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

"Modus" sebenarnya berasal dari bahasa latin "Modus" Operandi", yang artinya kira - kira "Mode of Operation" atau "Cara beroperasi". Istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan kebiasaan atau cara kerja seseorang. Istilah ini sering kali digunakan dalam tugas polisi, ketika mendiskusikan tentang seorang kriminal dan cara kerjanya.
 
Namun "Modus" seringkali disalah-artikan sebagai motif, padahal memiliki arti yang berbeda.  Kata "Modus" ini juga  dianggap bahasa "gaul" oleh anak-anak muda jaman sekarang. "Modusini kata yang lagi ngHITS banget di kalangan anak-anak GHAUL jaman sekarang. Setelah saya cari-cari di Google, ternyata saya menemukan beberapa arti dari "Modus" di kalangan anak-anak muda. Ini adalah beberapa arti dari kata "Modus" yang saya dapatkan dari hasil wara-wiri di social media : antara lain: 

1. "Modal Dusta"..... Ternyata  "Modus"  merupakan  kata-kata yang singkatannya "Modal Dusta".

2. Namun "Modus" bisa juga diartikan memiliki niat lain di balik pekerjaan lain yang dilakukan.
Contoh : A : "Eh, ngerjain tugas bareng yuk?" | B : "Ah,
"Modus" mulu lo bilang aja mau deket-deket sama gw."

3. Bisa berarti juga satu cewek cantik yang selalu digodain sama semua orang:
Contoh:
guru ; eh sekretarisnya cantik yah
murid ; yah "Modus" banged dah  

4. Motif tapi sering diartikan alasan yang bukan merupakan alasan sebenarnya
dia itu nanyain fisika cuma "Modus", padahal mau pdkt

5. Ada maksud lain:
Lo harus hati-hati sama kebaikan dia, siapa tahu "Modus".

Sumber:
1. shelviaramadhani.blogspot.com/
2. yudha444.blogspot.com/.../istilah-istilah-gaul-yang-se...
3. kitabgaul.com/word/modus
4. https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid...
5. buamdelonge.blogspot.com/.../galau-dan-modus.html

0 komentar: