Sabtu, 12 Juli 2014

"APA ARTI KATA 'MANYUN'?"

"Ada yang mengatakan bahwa arti "Manyun" itu berasal dari kata "man, sun", campuran Inggris dan Jawa, yang artinya "cium donk" (id.answers.yahoo.com).



Masa' kalau lagi cemberut harus ketawa? hehe...orang gila donk itu mah. Yang pasti, ekspresi "Manyun" itu memang raut yang pass kalau lagi cemberut....sudah dari sananya kali.
"Manyun"itu sebenarnya berasal dari kata "man, sun" .... berasal dari bahasa campuran Inggris dan Jawa, yang artinya "cium donk".
Maklum, orang yang ngomongnya orang desa katro yang mencoba berbahasa gaul. Niat dia ingin minta cium ke cewek, dengan berkata "man, sun!" dan memonyongkan bibir untuk mencium si cewek....

Si cewek yang tidak "ngeh+polos", mengartikan ekspresi muka si cowok itu sedang cemberut....

Mungkin orang-orang yang mendengar "man, sun" agak tuli, mereka jadi mengucapkannya
"Manyun"......
Kata
"Manyun" inilah yang kita sering ucapkan itu sebenarnya berarti "cium gue". 

Selain arti "Manyun" diatas, ada juga yang berpendapat bahwa "Manyun" itu berasal dari kata Portugis yang terdiri dari dua suku kata yaitu:
Ma, yang arti harfiahnya: Mama tolongin aku lagi ada masalah hati.
Nyun, yang arti harfiahnya: Nyun di anyu dong ma biar hilang sakit hatinya.
Terus pertanyaan kenapa kalau orang cemberut pasti "Manyun"? mungkin karena dia memiliki bibir, namun ada jawaban lain yang yang cukup menarik dan lucu, dikutip dari answers.yahoo.com :
Orang yang cemberut itu otomatis dia lagi menyimpan kekesalan dalam hatinya dan tanpa dia sadari di dalam hatinya itu dia menggerutu, misalnya (coba lo baca ini dlm hati sambil dipraktekin) "anjrit...ye.....emang dia kira dia itu siapa....berani nolak gue..., emang dia pikir dia oke apa....kesel banggget...gue....liat aja...bla..bla..bla..." untuk si orang itu mungkin iya dia menggerutu dalam hati, tapi orang luar yang lihatnya ya..."Manyun" gitu deh....bener gak....??? coba aja lo rasain...
Ada lagi yang mengatakan bahwa seseorang yang sedang "GALAU" wajahnya menjadi murung secara mendadak dikatakan "Manyun" Sindrom”. Ya , "Manyun" secara dratis, dimana secara dratis gerak bibir menjadi "Manyun" secara tidak wajar ! waw mengesankan !. Emosional seseorang akan turun dratis menuju titik kesedihan paling dasar (sumber : http://galau.blogdetik.com).

Tuhan telah menciptakan manusia dengan berbagai macam bentuk wajah, juga dengan berbagai macam ekspresi sebagai aplikasi pelengkapnya. Tentu ada maksudnya manusia diberikan ekspresi, misalnya menunjukkan suasana hati, menunjukkan wibawa, menunjukkan apa yang kita inginkan, bahkan ada yang secara default orang yang memiliki wajah dengan ekspresi tertentu. Orang bisa dianggap lucu, aneh atau jelek jika dalam kondisi normal wajahnya masih juga memperlihatkan ekspresi default-nya. Memang susah membedakan kalau sedang "Manyun" beneran dengan "Manyun" default yang aslinya lagi ketawa. Tapi begitulah adanya.
 
"Manyun", entah dari mana asal istilah itu. Yang kutahu sih bahasa Jawanya ‘mrengut’, dimana bibir kita menurun berbentuk cembung keatas (silahkan diperagakan sendiri ya). Berikut ini adalah penyebab orang menjadi "Manyun":
  1. Merasa kurang senang dengan sesuatu.
    Misalnya saat melihat orang yang tidak disukai sedang lewat atau melihat suatu barang yang tidak disukai berada dalam lingkungannya. Kita bisa mengambil contoh dengan menemui orang yang tidak menyukai kita, misalnya mantan pacar atau guru killer saat masih sekolah dulu (kalau ada). Perhatikan mukanya, pasti
    "Manyun".
  2. Sedang berada dalam masalah.
    Masalah memang selalu terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Hanya saja tinggal bagaimana kita menyikapinya. Disaat kita tidak dapat menyikapinya dengan tenang dan bahkan selalu terpikir sampai berlarut-larut, itu dapat membuat muka kita kelihatan
    "Manyun". Yang seperti ini biasanya tipe orang yang tidak bisa menyembunyikan masalah yang terjadi pada dirinya sehingga orang bisa tahu hanya dengan melihat raut wajahnya.
  3. Kekecewaan.
    Saat sedang memperoleh sesuatu dan apa yang didapat tidak sesuai dengan harapan, maka orang akan kecewa dan mukanya akan mengerut dan bibirnya akan turun ke bawah sehingga jadilah
    "Manyun". Kecewa juga bisa karena dikhianati atau diputus pacar, tidak mencapai target, atau gagal melakukan sesuatu. Itu juga bisa bikin "Manyun".
  4. Kesedihan.
    Orang yang sedang sedih jika tidak ingin menangis akan berusaha menahan agar tidak menangis. Upaya untuk menahan tangis itu juga bisa membuat
    "Manyun" .
  5. Faktor keturunan.
    Kalau yang ini sudah jelas orang itu memiliki ekspresi default
    "Manyun". Dia akan kelihatan "Manyun" walaupun sedang senang atau tertawa, bahkan pas lagi tidur. Orang "Manyun" dari keturunan biasanya memiliki tulang rahang yang lebih menjorok ke depan, ditambah dengan bentuk wajah yang memanjang vertikal. Itu yang menyebabkan orang kelihatan "Manyun".
  6. Suka mengejek orang "Manyun".
    Orang yang suka mengejek orang
    "Manyun" dengan me"manyun"-"manyun"kan mukanya itu nanti lama-lama bisa jadi ikutan "Manyun" dengan sendirinya. Suka "Manyun"-"manyun"in muka nanti tidak bisa balik lagi seperti semula XD Mengapa manyun?
Pada dasarnya, semua yang diciptakan Tuhan itu adalah baik. Begitu juga dengan "Manyun", ekspresi atau orangnya. Jadi "Manyun" bukan berarti jelek atau aneh. Justru itu adalah anugerah. Karena itu jangan minder buat siapapun yang mukanya "Manyun". Tuhan memiliki rencana tersendiri bagi setiap manusia, tidak peduli orang itu jelek, ganteng atau "Manyun" sekalipun. Semuanya indah pada waktunya. Bagi seseorang yang termasuk memiliki wajah "Manyun", tidak perlu patah semangat. Walaupun "Manyun", kadang justru malah punya banyak sekali teman yang menyukai. Jadi tetaplah semangat. HIDUP "MANYUN"!!!

Sumber:
1. https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid...
2. 1000unik.blogspot.com/.../kenapa-cewek-senang-difoto-dengan-pose.ht...
3. www.masanwar.com › FacebookKata Kata GalauTwitter
4. www.kerangrebus.com › Tips
5. laely.widjajati.facebook/He-he-he-....Senyumnya-manaaaaaa-....
6. laely.widjajati.facebook/add-a-description....
7.  Aak.Ghazali.facebook/Mas-banda-jangan-berdebat..nanti-kita-bareng2mint...

0 komentar: