Selasa, 05 November 2013

"MANFAAT DAN KHASIAT LABU KUNING"

"Labu Kuning" atau waluh (bahasa jawa), salah satu buah yang biasa dijumpai pada saat bulan puasa, dan dijadikan sebagai bahan di minuman es kolak ini ternyata mempunyai beberapa kandungan vitamin, maupun zat yang dapat mencegah beberapa penyakit. 


"MANFAAT LABU KUNING".

"Manfaat Labu Kuning" sangat jarang diketahui oleh kebanyakan orang, namun kali ini saya akan memberikan beberapa "Manfaat Labu Kuning" dan "khasiat"nya bagi kesehatan.

1. "Labu Kuning" memiliki "manfaat" untuk menjaga pencernaan agar tetap bisa bekerja dengan baik karena mengandung serat yang cukup tinggi. Serat yang cukup menjauhkan kita dari sembelit, wasir, kanker kolon dan masalah pencernaan lainnya. Serat juga sangat direkomendasikan dalam diet sehat, diet untuk mengontrol kolesterol, diet penurunan berat badan dan diet untuk diabetes.
2. Dengan mengkonsumsi buah "Labu Kuning" secara teratur maka otomatis fungsi pankreas akan baik dan insulin bekerja dengan baik. Selain itu buah tersebut tidak menaikan zat gula darah dalam tubuh sehingga sangat baik untuk mencegah dan mengobati diabetes dan gula darah rendah, "Labu Kuning" kaya dengan kobalt, kobalt bisa aktif dalam metabolisme tubuh, meningkatkan fungsi hematopoietik, dan untuk berpartisipasi dalam sintesis vitamin B12. Vitamin B12 dalam tubuh adalah elemen penting dalam sel islet manusia. "Labu Kuning" bisa digunakan untuk pencegahan dan pengobatan diabetes dan efek khusus gula darah yang rendah.

3. "Labu Kuning" sangat baik untuk kesehatan ginjal dan mampu mencegah penuaan dini karena mengandung antioksidan. untuk mengobati bisul dan sebagai pencahar urin yang telah dikenal sejak lama.

4. "Labu Kuning" Kaya akan vitamin A, C dan E dan mineral, yang berfungsi untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas.

5. "Labu Kuning" mengandung beta karoten yang dapat mencegah penyakit paru-paru serta kanker usus besar. Beta karoten juga baik untuk kesehatan jantung Anda.

6. Untuk melindungi mukosa lambung dan dapat membantu pencernaan.

7. Secara alami "Labu Kuning" mengandung omega 3 asam lemak yang sangat baik untuk kesehatan otak.

8. Biji buah "Labu Kuning"  mengandung alkaloid berguna sebagai anti kanker, yang sangat baik untuk mencegah  serangan sel kanker. Menghilangkan karsinogen, "Labu Kuning" dapat menghilangkan efek mutagenik nitrosamin karsinogenik, efektivitas anti kanker, dan untuk membantu pemulihan fungsi hati dan ginjal, meningkatkan kapasitas regeneratif sel-sel hati dan ginjal.

9. Biji dan kulit "Labu Kuning" mangandung  magnesium, kalium dan seng yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan, yaitu baik untuk kekebalan, kekuatan dan kepadatan tulang. "Labu Kuning" juga sangat bagus untuk membantu melawan hipertensi atau tekanan darah tinggi.
 
10. "Labu Kuning" sangat baik untuk kesehatan ginjal dan jantung dan mampu mencegah penuaan dini karena mengandung antioksidan. untuk mengobati bisul dan sebagai pencahar urin telah dikenal lama, isi "Labu Kuning"  mengandung alkaloid berguna sebagai anti kanker, yang sangat baik untuk mencegah  serangan sel kanker. Khasiat buah "Labu Kuning" untuk perawatan kulit, mencegah tulang keropos, dan meningkatkan kekebalan/daya tahan tubuh.

11. Mengandung vitamin dan pectin, pectin memiliki adsorpsi yang baik, menghilangkan dan menghapus racun bakteri dalam tubuh dan zat berbahaya lainnya, seperti timah, merkuri, logam berat dan unsur radioaktif, dapat memainkan peranan detoksifikasi.

12. Untuk melindungi mukosa lambung dan membantu pencernaan,
"Labu Kuning" yang terkandung dalam pectin juga dapat melindungi lem lambung saluran mukosa, dari stimulasi makanan kasar, mempromosikan penyembuhan ulkus, cocok untuk pasien sakit perut. Bahan-bahan "Labu Kuning" dapat meningkatkan sekresi empedu, meningkatkan peristaltik lambung, membantu pencernaan makanan.  

13.
"Labu Kuning" ber"manfaat" juga untuk membantu pemulihan fungsi hati dan ginjal, meningkatkan kapasitas regeneratif sel-sel hati dan ginjal.

14. Untuk mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan tubuh,
"Labu Kuning" kaya akan zinc, untuk berpartisipasi dalam tubuh manusia, sintesis asam nukleat, protein, komponen yang melekat hormon korteks adrenal zat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan manusia.
 
15. "Labu Kuning" juga memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, mengandung Vitamin C, Vitamin A dan beta karoten sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata serta untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 
 
15. Selain itu, labu juga kaya akan mineral seperti zat besi, fosfor kalium, dan kalsium. Kadar air dan serat  yang tinggi dalam "Labu Kuning" juga memiliki "manfaat" untuk pencernaan, demam, diare dan mengatasi peradangan. 

CARA MENGKONSUMSI "LABU KUNING".

Pada umumnya "Labu Kuning" bisa dikonsumsi dan cocok untuk orang gemuk, penderita diabetes dan orang tua. Mengkonsumsinya bisa dengan cara dikukus, dimasak, atau direbus. Untuk penderita diabetes "Labu Kuning" bisa dikonsumsi dengan cara memakannya dalam jumlah yang kecil  untuk jangka panjang. Untuk kecantikan pula, "Labu Kuning" juga dapat mengurangi munculnya pigmentasi wajah, pencegahan dan pengobatan jerawat.

TIPS MENYIMPAN "LABU KUNING".

Berikut ini beberapa tips untuk menyimpan "Labu Kuning":
 
1. "Labu Kuning" dan hijau sangat mudah untuk disimpan, pada umumnya labu dapat disimpan dalam kulkas selama 2 sampai 3 bulan, sehingga di jaman dahulu apabila kekurangan sayuran pada musim dingin, orang menggunakan labu sebagai sumber penting penyimpanan vitamin.
 
2. "Labu Kuning"  yang sudah dipotong dan kemudian disimpan nutrisi pentingnya akan mudah hilang, jadi yang terbaik  adalah dengan menyimpan dengan bungkus plastik internal sehingga saat disimpan dalam kulkas bisa tahan selama 5 sampai 6 hari.
 
3. Kulit "Labu Kuning" kaya dengan karoten dan vitamin yang bagus untuk kulit. Dengan cara memasak jantung labu  itu mengandung setara dengan 5 kali karoten pulp, jadi kulit, biji atau labunya semua bisa digunakan/dikonsumsi.

Itulah tadi beberapa "Manfaat Labu Kuning" Bagi Kesehatan yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Semoga ber"manfaat"......
 
Sumber:
1. felippe-kharisma.blogspot.com/.../manfaat-la...
2. oveheaven07.blogspot.com › Tips
4. kasehat.com/berita-433-khasiat-labu-kuning-untuk-ke...
5. gudang.informasi.com/Khasiat-dan Manfaat-Labu-Kuning....
6. tipspetani.blogspot.com/Aneka-Manfaat-dan-Kandungan-Labu....
7. food.detik.com/Resep-Kue:-Talam-Labu-Kuning.....

0 komentar: