Senin, 05 Agustus 2013

Apa Itu GADGET????"

"Gadget" merupakan sebuah istilah yang sering kita dengar utamanya bagi para blogger." 



Namun walaupun sering kita dengar terkadang kita belum mengerti Apa itu "Gadget" ? dan Pengertian "Gadget" sebenarnya apa?. Pada kesempatan ini saya akan mencoba apa itu "Gadget" dan pengertian "Gadget".

Apa itu "Gadget"?
 
Pengertian "Gadget" sebenarnya sangat luas. Kalau di otak saya, setiap kali mendengar kata "Gadget" maka yang terbayang adalah berbagai macam barang elektronik yang bentuknya kecil. Tapi sebenarnya ada definisi tentang pengertian "Gadget" ini.
 
Iseng-iseng melihat di wikipedia tentang pengertian "Gadget" ternyata ada. Nah di sana disebutkan bahwa pengertian "Gadget" adalah sebagai berikut:
 
A "Gadget" is a smalltechnological object (such as a device or an appliance) that has a particular function, but is often thought of as a novelty. "Gadget"s are invariably considered to be more unusually or cleverly designed than normal technology at the time of their invention. "Gadget"s are sometimes also referred to as gizmos. (Wikipedia.com)
 
Dalam bahasa Indonesia kira-kira pengertian "Gadget" tersebut artinya:

Sebuah
"Gadget" adalah sebuah obyek (alat atau barang elektronik) teknologi kecil yang memilki fungsi khusus, tetapi sering diasosiasikan sebagai sebuah inovasi atau barang baru.

"Gadget" adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia, "Gadget" disebut sebagai “acang”. Salah satu hal yang membedakan "Gadget" dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari "Gadget" selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.

Contoh-contoh dari "Gadget" diantaranya telepon pintar (smartphone) seperti iphone dan blackberry, serta netbook (perpaduan antara komputer portabel seperti notebook dan internet).

"Gadget" untuk Akses Internet
Salah satu fitur terkenal dan paling menarik dari "Gadget" adalah internet. “Siswa dapat dengan mudah mencari informasi apa pun untuk tugas-tugas sekolah di internet,” ujar Kak Daniel Kusnadi, mahasiswa Teknik Informatika dan salah satu pembicara di diskusi tersebut. Dalam diskusi tersebut, praktisi TI, Bapak Bambang Juwono memberikan contoh situs yang berguna untuk menambah wawasan kita, diantaranya stumbleupon.com dan thinkquest.org. Selain memperkaya wawasan, dengan "Gadget" yang menyediakan akses internet, kita bisa memperluas persahabatan melalui situs jejaring sosial seperti facebook, twitter atau multiply.

Efek Negatif "Gadget"
Walau memberi begitu banyak keuntungan bagi pemakainya, jika tidak bijak dalam menggunakannya, "Gadget" bisa memberi kerugian. Salah satunya, ketidakmampuan untuk hidup sendiri. “Coba saja, hampir tiap saat para pengguna facebook ingin bercerita tentang hidupnya kepada orang lain lewat update status,” ujar seorang rohaniawan, Romo Deshi Ramadhani, SJ.

Kemudahan akses internet lewat "Gadget" juga membuat kita semakin mudah dan cepat mendapat apa yang kita mau. “Akibatnya, anak-anak menjadi malas, tidak mau berusaha, dan tidak tahan banting,” begitu jelas psikolog anak dan remaja, Ibu Ratih Ibrahim. 
 
"Gadget"memang bisa memudahkan hidup kita, namun kita perlu membatasi waktu penggunaannya sehingga tidak mengganggu waktu berharga bersama keluarga dan sahabat. Selain itu, akseslah situs-situs yang memang bermanfaat dan membuat kita semakin cerdas! 
 
Sumber:
1. www.artikelbagus.com › GadgetTeknologi
2. ndonesiaindonesia.com › Elektronik & Gadget
3. beritanet.com/definisi-arti-gadget.....
4. portal.paseban.com/tips-trik-cara-menghemat-baterai
5. andrysida.blogspot.com/dampak-positif-dan-negatif-gadget....

0 komentar: