Sabtu, 09 Maret 2013

"MANFAAT/KHASIAT TEH"

Ada banyak jenis "teh" yang bisa Anda nikmati". Namun apapun jenis "teh" tersebut, menikmati minuman yang satu ini jelas memberi banyak "manfaat" kesehatan". 


Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari She Knows berikut ini.

1. Antioksidan"Teh" mengandung antioksidan berupa polyphenol yang menurunkan risiko kanker kulit, ovarium, dan lambung. Anda pun cukup menikmatinya secangkir saja setiap hari.  Minum "teh" juga dapat mengatasi gangguan kulit. "Teh" memang dikenal baik untuk kulit. Minum "teh" Oolong dapat membantu membangun sel-sel kulit yang rusak. Minuman sehat ini juga dipercaya dapat menyembuhkan eksim.

2. Langsing"Teh", khususnya jenis "teh" hijau, punya "khasiat" melawan penyerapan lemak ke dalam tubuh. Sebab minum "teh" akan mempercepat pencernaan dan meningkatkan metabolisme. Namun jangan mencampur "teh" dengan susu, karena "khasiat" tersebut akan hilang dan Anda gagal menurunkan berat badan. Konsumsi harian "teh" Oolong mengurangi obesitas karena mengandung senyawa yang disebut polifenol, yang mengontrol metabolisme lemak tubuh.

3. GigiTidak seperti kopi, "teh" tidak akan mengotori gigi saat Anda meminumnya. "Teh" pun memiliki fluoride yang menguatkan email gigi. Namun jangan menambahkan susu atau gula ke dalam "teh" jika tidak ingin menghilangkan fluoride di dalamnya.

4. Sistem imunMinum "teh" setiap hari akan membantu Anda meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga penyakit seperti demam tak akan mendekati Anda.

5. TulangSebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa minum "teh" setiap hari mampu menguatkan tulang. Selain itu, hampir semua jenis "teh", baik itu hijau, hitam atau oolong, semua memiliki "khasiat" meningkatkan kepadatan tulang.

6. Kontrol Diabetes
Orang yang menderita gangguan diabetes tipe 2 juga dapat mengkonsumsi "teh" Oolong karena dapat mengendalikan penyakit tersebut. 

7. Menghilangkan Stress.
"Teh" dikenal sebagai minuman penghilang stres. "Teh" Oolong dalam hal ini juga dikenal sebagai pembunuh rasa stres karena mengandung polifenol yang dapat menenangkan tubuh. "Teh" hitam juga bagus untuk mengontrol hormon penyebab stres dan depresi.

8. Kesehatan Otak
Rutin minum "teh" hijau bukan cuma baik untuk jantung, tetapi juga ber"khasiat" bagi kesehatan otak, demikian menurut peneliti. Secara khusus, penelitian dari China menemukan senyawa dalam "teh" hijau rupanya ampuh meningkatkan kemampuan memori dan pembelajaran spasial seseorang.

9. Mencegah Stroke dan Serangan Jantung
Penelitian yang dilakukan di Netherlands National Institute of Public Health and the Environment menemukan bahwa konsumsi "teh" hitam bisa mencegah risiko stroke. "Teh" hitam memiliki kadar flavonoid tinggi yang bisa membantu mengurangi produksi LDL (kolesterol jahat) penyebab stroke dan serangan jantung. Mengkonsumsi "teh" hitam juga ditengarai mampu memperbaiki fungsi pembuluh darah yang rusak penyebab serangan jantung. Berdasarkan penelitian ini, hanya dengan mengkonsumsi empat gelas "teh" hitam sehari, akan menjauhkan seseorang dari risiko penyakit jantung maupun stroke.

10. Mengobati Mata Bengkak
Saat mata Anda bengkak, Anda juga bisa menggunakan kantung "teh" hitam dingin untuk mengatasinya.

11. Melancarkan Fungsi Pencernakan
"Teh" hitam juga bagus  untuk membantu melancarkan fungsi pencernaan.

12. Memperlambat Pertumbuhan Bakteri
"Teh" putih kurang dikenal, tapi tak membuatnya kurang sehat. Teh putih, khususnya ekstrak "teh" putih terbukti mampu memperlambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi Staphylococcus, infeksi Streptococcus, pneumonia, dan karies gigi.

Semua jenis "teh" sebenarnya berasal dari tanaman yang sama, yaitu Camellia sinensis. Prosesnya saja yang membuat "teh" beredar dalam berbagai jenis. Jadi, sudahkah Anda minum "teh" hari ini?

Sumber:
1. www.merdeka.com/berita-hari-ini/
2. forum.kompas.com/.../94098-10-jenis-teh-serta-manfaat-didalamnya.html
3. laely.widjajati.facebook.photos/Assalamu'alaikum-Wr.-Wb-Met-Pagi-Met-Weekend-Buat Smuanya/
4. www.makanansehat.web.id/.../manfaat-teh-hijau-bagi-kesehatan-dan-kecantikan.html
5. majalahkesehatan.com/manfaat-teh-bagi-kesehatan.html/
6. rilisberita.blogspot.com/manfaat-positif-vs-efek-samping-minum-teh/

0 komentar: