Rabu, 21 November 2012

"PRANATA SOSIAL (BAHASAN SOSIOLOGI)"

"Pengertian "Pranata Sosial" adalah sistem norma yang bertujuan untuk mengatur tindakan maupun kegiatan masyarakat untuk memnuhi kebutuhan pokok dan bermasyarakat bagi manusia". 


Dengan kata lain, "Pranata Sosial" adalah sistem hubungan "sosial" yang terorganisir dan mengejewantahkan nilai-nilai serta prosedur umum yang mengatur dan memenuhi kegiatan pokok warga masyarakat. Tiga kata kunci di dalam setiap pembahasan mengenai "Pranata Sosial" adalah:
1. Nilai dan norma;
2. Pola perilaku yang dibakukan atau yang disebut prosedur umum;
3. Sistem hubungan, yakni jaringan peran serta status yang menjadi wahana untuk melaksanakan perilaku sesuai dengan prosedur umum yang berlaku.

Pranata Sosial adalah system yang tersusun berdasarkan tingkah laku yang berbeda dari organisasi atau grup yang terdiri dari sejumlah orang sebagai individu atau makhluk social.
Ciri-ciri pranata social :
a. Pranata Sosial meruakan suatu organisasi pola-pola pemikiran dan perilaku yang terwujud melalui aktifitas social.
b. Suatu pranata social yang bersfat tradisi baik tertulis maupun tidak tertulis berguna untuk merumuskan tujuan dan tata tertib.
c. Pranata social mempunyai alat perlengkapan yang dipakai mencapai tujuan.
d. Tingkat kekalan merupakan cirri pranata social.
e. Pranata mempunyai beberapa tujuan.
f. Lambang merupakan cirri khas dari pranata social.

Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/1999582-pranata-sosial/#ixzz3mZj0qycJ
Berikut pengertian "Pranata Sosial" dari para ahli "Sosiologi".

a. Koentjaraningrat
Lembaga "sosial" atau "Pranata Sosial" adalah suatu sistem tata kelakuan danhubungan yangberpusat pada aktivitas-aktivitas khusus dalam kehidupan masyarakat. Pengertian ini menekankan pada sistem tata kelakukan atau norma-norma untuk memenuhi kebutuhan (dalam buku Pengantar "Sosiologi").

b. Bruce J. Cohen
"Pranata Sosial" adalah sistem pola-pola "sosial" yang tersusun rapi dan relatif bersifat permanen serta mengandung perilaku-perilaku tertentu yang kokoh dan terpadu demi pemuasan dan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan pokok masyarakat (dalam buku "Sosiologi" : Suatu Pengantar: terjemahan)

c.Mac Iverdan Page
"Pranata Sosial" adalah tata cara dan prosedur yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antar manusia yang berkelompok dalam suatu kelompok masyarakat (dalam buku A Text Book of "Sociology").

d.Joseph S. Rucek dan Roland L. Warren
"Pranata Sosial" adalah pola-pola yang mempunyai kedudukan tetap untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia yang muncul dari kebiasaan-kebiasaan dengan mendapatkan persetujuan dan cara-cara yang sudah tidak dipungkiri lagi untuk memenuhi konsep kesejahteraan masyarakat dan menghasilkan suatu struktur.

e. Alvin L. Berrtrand
"Pranata Sosial" adalah kumpulan norma "sosial" (struktur-struktur "sosial") yang telah diciptakan untuk melaksanakan fungsi masyarakat (dalam buku "Sosiologi").

f.Paul B. Horton dan Chester L. Hunt
"Pranata Sosial" adalah suatu sistem norma untuk mencapai tujuan atau kegiatan yang oleh masyarakat dianggap penting.

g. Summer
Lembaga "sosial" atau lembaga kemasyarakatan dipandang dari sudut kebudayaan adalah perbuatan, cita-cita, sikap, dan perlengkapan kebudayaan yang bersifat kekal.Tujuannya adalah memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat.

Dari beberapa pendapat tersebut dapat juga disimpulkan pengertian "sosiologis" bahwa lembaga "sosial" adalah sistem norma untuk mencapai tujuan tertentu yangoleh masyarakat dianggap penting. Sistem norma tersebut meliputi gagasan, aturan, tata cara kegiatan, dan ketentuan sanksi. Di dalam perkembangannya, norma-norma tersebut berkelompok-kelompok pada berbagai kebutuhan manusia. Misalnya, kebutuhan akan pencaharian hidup menimbulkan lembaga pertanian, dan industri. Kebutuhan akan pendidikan menciptakan sekolah dan pesantren. Kebutuhan jasmaniah manusia menimbulkan olahraga dan pemeliharaan kesehatan. Wujud konkret lembaga "sosial" atau lembaga kemasyarakatan adalah asosiasi (association). Sebagai contoh, sekolah dan pesantren adalah lembaga "sosial", sedangkan SMA Taruna Nusantara dan Pondok Pesantren Gontor merupakan asosiasi. Pemeliharaan kesehatan disebut lembaga "sosial", sedangkan Rumah Sakit Bethesda merupakan asosiasi.

Lembaga atau "Pranata Sosial" sangat berperan dalam masyarakat. Ia merupakan sistem norma yang bertujuan untuk mengatur tindakan-tindakan maupun kegiatan anggota masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok dan bermasyarakat bagi manusia. Tanpa adanya lembaga atau "Pranata Sosial" ini sangat mustahil manusia dapat melangsungkan hidupnya karena melalui lembaga atau "pranata" tersebutlah segala interaksi antar manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dan tercapainya keteraturan.
 
Melalui lembaga atau "Pranata Sosial" anggota-anggota masyarakat tidak bisa hidup seenaknya. Segala sesuatunya telah diatur menurut norma-norma yang terkumpul dalam lembaga tersebut. Wujud lembaga atau "Pranata Sosial" dalam masyarakat antara lain :
a. "Pranata" Keluarga
b. "Pranata" Perekonomian
c. "Pranata" Politik
d. "Pranata" Pendidikan
e. "Pranata" Agama
"Pranata"-"pranata" ini berfungsi untuk mengatur segala aktivitas yang terjadi dalam masyarakat. 

Sumber:
1. abelpetrus.wordpress.com/sociology/pranata-sosial/
2. staff.smpn1purbalingga.sch.id/enggal/2011/04/16/pranata-sosial/
3. gudangmakalah.blogspot.com/2009/04/makalah-pranata-sosial.html
4. watuneso.blogspot.com
5. firman18.wordpress.com

0 komentar: