Minggu, 11 November 2012

"MANFAAT/KHASIAT MANGGA"

"Selain rasa yang manis, banyak "manfaat" buah "mangga" yang dapat kita peroleh ketika kita memakannya." 


Buah ini sarat dengan kandungan mineral, vitamin dan senyawa antioksidan sehingga tak heran jika buah ini selain bagus untuk kesehatan juga bagus untuk kulit anda.
Buah "mangga" merupakan salah satu buah yang wajib ada dalam rujak. Namun, biasanya yang digunakan adalah buah "mangga" yang belum masak dengan sensasi rasa asam manis. Ternyata "manfaat" buah "mangga" memang sangat beragam karena dari yang belum masak pun dapat dimakan. Buah "mangga" juga familiar dengan ibu hamil karena biasanya ibu hamil ketika ngidam, menginginkan buah "mangga" yang belum masak. 

"MANFAAT" DAN "KHASIAT MANGGA".

Lalu apa saja "manfaat" buah "mangga" untuk kesehatan dan kecantikan? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai "manfaat" buah "mangga" untuk kesehatan dan kecantikan. Coba simak uraian di bawah ini.

1. Membantu membersihkan jerawat
Untuk memperoleh "manfaat" buah "mangga" yang satu ini dapat anda lakukan dengan mebuat masker buah "mangga" yaitu dengan cara tumbuk halus daging buah "mangga" kemudian oleskan pada wajah dan bagian kulit yang berjerawat, biarkan kering dan bilas dengan air hangat hingga bersih. Cara ini cukup efektif karena dengan masker buah "mangga" , pori-pori kulit anda akn terbuka sehingga nutrisi dari buah akan masuk dan mematikan bakteri penyebab jerawat.

2. Membantu kesehatan gigi dan gusi
"Manfaat" buah "mangga" yang kedua ini dikarenakan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan gusi, gigi dan tentunya mencegah sariawan. Jadi, apabila anda tidak mau sakit gigi atau gusi sebaiknya anda rutin makan buah yang banyak mengandung vitamin C yang salah satunya dapat anda peroleh dalam buah "mangga" .

3. Melawan kanker
Senyawa antioksidan memang sebagian besar terdapat pada buah-buahan dan salah satunya dalam buah "mangga" . "Manfaat" buah mangga ini dikarenakan adanya vitamin C yang dapat menghambat radikal bebas penyebab kanker.

4. Meningkatkan gairah lelaki
Hal ini dikarenakan kandungan vitamin E yang ada dalam buah "mangga" yang juga merangsang produksi hormon serta menjaga kesehatan alat reproduksi.

5. Menurunkan kolesterol.
Tinnginya kandungan serat, pectin dan vitamin C dalam "mangga" membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

6. Mencerahkan kulit.
Senyawa dalam "mangga" mampu membersihkan pori-pori pada kulit wajah. Dapat digunakan baik secara internal maupun eksternal bagi kulit.

7. Menyehatkan mata.
Secangkir jus "mangga" memasok 25 persen nilai harian vitamin A yang diperlukan. Karenanya, konsumsi "mangga" baik untuk kejernihan penglihatan dan mencegah mata kering.

8. Memenuhi kebutuhan alkali.
Asam tartrat, asam malat, dan asam sitrat dalam buah "mangga" ini membantu menjaga cadangan alkali tubuh.

9. Menormalkan kadar insulin.
Daun "mangga" membantu menormalkan kadar insulin dalam darah. Buah "mangga" juga memiliki indeks glikemik yang relatif rendah (41-60) sehingga cukup mengkosumsi "mangga" tidak berbahaya bagi kadar gula Anda.

10. Meningkatkan Performa Seks.
"Mangga" kaya akan vitamin E. Meskipun hubungan populer antara gairah seks dan vitamin E pada awalnya diciptakan oleh generalisasi studi pada tikus, penelitian lebih lanjut menunjukkan asupan buah "mangga" dapat membantu meningkatkan gairah seks.

11. Meningkatkan Kelancaran Pencernaan.
Serat dalam "mangga" juga membantu kelancaran pencernaan dan sekresi hasil pencernaan.

12. Mengobati Panas Dalam.
Teriknya sengatan matahari dapat menyebabkan kelelahan otot dan masalah diuretik. "Serangan panas" menyebabkan ginjal mengalami kelebihan beban dalam menetralkan racun. Pada saat-saat seperti ini pendinginan tubuh dengan mengkonsumsi jus "mangga" amat disarankan.

13. Meningkatkan Kekebalan Tubuh.
Jumlah vitamin C dan vitamin A yang cukup, ditambah 25 jenis karotenoid dalam "mangga" membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap sehat dan kuat.

14. Mengobati Anemia.
"Mangga" mengandung zat besi yang sangat baik bagi penderita anemia. 

15. Baik untuk Wanita Hamil. 
"Mangga" juga ber"manfaat" bagi wanita hamil karena mereka memerlukan zat besi yang banyak.

16. Untuk Menambah Berat Badan.
Merasa kurus? Ingin menaikkan berat badan? Maka "mangga" dapat menjadi solusi untuk menambah berat badan Anda. 100g buah "mangga" mengandung sekitar 85 kalori. Tidak hanya itu, "mangga" juga mengandung pati yang diubah menjadi gula dan dapat membantu menaikkan berat badan.

17. Mencegah Serangan Jantung.
Mencegah serangan jantung juga merupakan salah satu "manfaat mangga". "Mangga" mengandung vitamin A, vitamin E dan selenium yang dapat mencegah penyakit jantung.

18. Menyembuhkan dan Mencegah Internal.
Vitamin C bersama dengan kalsium yang terkandung dalam buah "mangga", dapat menyembuhkan dan mencegah perdarahan internal.

19. Baik untuk Ingatan.
Glutamin terdapat di dalam buah "mangga". Glutamin ini merupakan senyawa yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan memori.

Walaupun buah "mangga" memiliki banyak "manfaat",  tetapi sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumsinya. Buah "mangga" mengandung asam yang dapat membuat gigi kita menjadi mudah keropos.

Sumber:
1. kemuh.com/gaya.../manfaat-buah-mangga-bagi-kesehatan/
2. www.suaramerdeka.com/.../Sepuluh-Manfaat-Kesehatan-Buah-Mang...
3. factsandhealth.blogspot.com › Fakta Kesehatan 
4. forum.kompas.com › HOBI & LIFESTYLE, Kesehatan
5. rienlarasatiarini.blogspot.com
6. infoseputarduniakesehatan.blogspot.com

0 komentar: