Kamis, 15 November 2012

"MANFAAT/KHASIAT ANGGUR HIJAU"

"Anggur hijau" merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae".

 

Buah "Anggur hijau" tidak hanya sumber dari vitamin A, C, B6 dan folate yang baik. Tetapi juga sumber mineral penting lainnya seperti potassium, calcium, iron, phosphorus, magnesium dan selenium. Semua vitamin tersebut sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Inilah beberapa "khasiat" kesehatan dari buah "Anggur hijau" seperti yang dikutip dari Idiva dan wolipop.

Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus "anggur", jelly, minuman "anggur", minyak biji "anggur" dan kismis, atau dimakan langsung.
"Anggur" sangat terkenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah "anggur" yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

JENIS "ANGGUR".

Buah "anggur" memiliki banyak varietas, antara lain:
• Vitis vinifera, "anggur" untuk bahan minuman "anggur" Eropa.
• Vitis labrusca, "anggur" Amerika Utara untuk membuat jus "anggur", kadangkala untuk minuman "anggur"
• Vitis riparia, "anggur" liar Amerika Utara, kadangkala untuk pembuatan minuman "anggur".
• Vitis rotundifolia, muscadine, digunakan untuk jelly dan kadangkala minuman "anggur".
• Vitis aestivalis, varietas Norton yang digunakan untuk pembuatan minuman "anggur".
• Vitis lincecumii (juga disebut Vitis aestivalis atau Vitis lincecumii), Vitis berlandieri (juga disebut Vitis cinerea var. helleri), Vitis cinerea, Vitis rupestris digunakan untuk membuat minuman "anggur" hibrida dan “rootstock” tahan-hama.
Hibrida juga ada, utamanya merupakan persilangan dari V. vinifera dengan satu atau lebih varietas V. labrusca, V. riparia atau V. aestivalis. Hibrida cenderung lebih tidak terpengaruh dingin (”frost”) dan penyakit (terutama phylloxera), tetapi minuman "anggur"nya kurang memiliki karakteristik aroma “foxy” labrusca.
"Anggur"laut Coccoloba uvifera merupakan anggota dari keluarga Buckwheat Polygonaceae dan merupakan tanaman asli di tanah di Laut Karibia.

IKLIM YANG COCOK UNTUK PERTUMBUHAN "ANGGUR".

"Anggur" merupakan salah satu tanaman yang hidup pada daerah dataran rendah. Tidak seperti kebanyakan tanaman lainnya, tanaman "anggur" justru membutuhkan musim kemarau panjang berkisar 4-7 bulan agar dapat tumbuh dengan baik dan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi. Curah hujan yang diperlukan oleh tanaman ini hanya 800 mm per tahun. Oleh karena itu, penyiraman yang berlebihan dapat mengganggu proses pembuahannya. Suhu untuk tumbuh maksimal adalah 31oC dan suhu minimum adalah 23oC dengan kelembapan udara berkisar antara 75-80%.

"MANFAAT" DAN "KHASIAT ANGGUR HIJAU".

"Anggur" memiliki banyak "manfaat" kesehatan karena mengandung berbagai jenis senyawa metabolit sekunder, terutama golongan flavonoid dan antosianin, serta resveratol. Penelitian lain mengungkapkan bahwa senyawa aktif di dalam "anggur" mampu meningkatkan kerja sel endotelial yang berperan dalam memperlancar aliran darah dalam arteri terkait dengan aktivitasnya terhadap sel-sel otot halus. Melalui mekanisme ini, risiko terkena serangan jantung dapat berkurang. Selain itu, "anggur" juga mengandung banyak senyawa antioksidan yang daya kerjanya lebih kuat dari pada vitamin C dan vitamin E. Di dalam tubuh, senyawa flavonoid "anggur" dapat meningkatkan produksi lemak baik (HDL) sekaligus menurunkan trigliserida yang beredar di dalam darah. "Manfaat" dan "khasiat anggur hijau" antara lain:

1. Menyembuhkan Asma.
"Anggur" memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak nafas.

2. Antibakteri
"Anggur"memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi. 

3. Alzheimer.
Penelitian menunjukan bahwa "anggur" dapat meningkatkan kesehatan otak dan menghindari dari penyakit Alzheimer. Hal ini dikarenakan "anggur" mengandung resveratol, yakni sebuah polifenol yang mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer.
 
4. Kanker Payudara.
Penelitian juga menunjukkan bahwa jus "anggur" yang berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara. 

5. Sembelit dan gangguan buang air besar.
"Anggur" mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Manfaat ini sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit atau susah buang air besar.
 
6. Kelelahan
Jus "anggur" mengandung energi instan. Jus "anggur" yang kaya akan zat besi dapat mengurangi kelelahan diimbangi dengan istirahat yang cukup.
 
7. Penyakit jantung
Tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika Anda mengonsumsi buah "anggur", yang ber"manfaat" untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.
 
8. Pencernaan
Bila Anda menderita gangguan pencernaan, ada baiknya Anda mengkonsumsi "anggur". "Anggur" juga baik untuk mengatasi masalah perut lainnya.
 
9. Migrain
Minum jus "anggur" murni tanpa campuran air di setiap pagi dapat menyembuhkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah.
 
10. Gangguan ginjal
"Anggur" dapat membantu menyingkirkan asam pada ginjal. Hal ini berarti mengurangi gangguan pada tekanan ginjal. 

11. Menyehatkan gusi dan mulut karena banyak mengandung Vit. A, B, C, K

12. Mengandung antioksidan dan serat tinggi yang terdapat pada Vit A,C, E. Hal ini dapat menangkal radikal bebas sehingga mencegah terjadinya penuaan ini dan menjaga imunitas tubuh serta mencegah penyakit kanker usus besar.

Sumber:
1. kiathidupsehat.com/manfaat-buah-anggur-hijau-vitisvinifera-l/
2. didinpurnama.blogspot.com/.../manfaat-buah-anggur-hijauwaw.html
3. gudang-informasi.com/tag/manfaat-anggur-merah-dan-hijau/
4. irwanfdaysmz.blogspot.com
5. adeahikmah99.blogdetik.com

0 komentar: