Selasa, 08 Mei 2012

"Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung - Makassar"

"Taman Nasional" "Bantimurung" "Bulusaraung" di dalamnya terdapat Goa Karaeng "Bantimurung", Goa Mimpi dan museum kupu-kupu".



"Taman Nasional" "Bantimurung" "Bulusaraung" adalah sebuah cagar alam yang berlokasi di Kota Makassar Popinsi Sulawesi Selatan, tepatnya 45 km sebelah utara kota Makassar. Cagar alam ini sendiri diklaim mempunyai luas kira-kira 480 km persegi. "Bantimurung" ini termasuk salah satu lokasi wisata populer di kota Makassar, karena memang suasana alamnya yang menakjubkan dan masih asri.

"Taman Nasional"  "Bantimurung" "Bulusaraung" memiliki berbagai keunikan, yaitu: kars, goa-goa dengan stalaknit yang indah, dan yang paling dikenal adalah kupu-kupu yang menjadikan  "Bantimurung" dikenal sebagai kawasan The Kingdom of Butterfly (kerajaan kupu-kupu). "Taman Nasional" ini merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang menyuguhkan wisata alam berupa lembah bukit kapur yang curam dengan vegetasi tropis, air terjun, dan goa yang merupakan habitat beragam spesies kupu-kupu.
"Taman Nasional" "Bantimurung" ini memang menonjolkan kupu-kupu sebagai daya tarik utamanya. Di tempat ini sedikitnya ada 20 jenis kupu-kupu yang dilindungi pemerintah dan ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah No. 7/1999. Beberapa spesies unik bahkan hanya terdapat di Sulawesi Selatan, yaitu Troides Helena Linne, Troides Hypolitus Cramer, Troides Haliphron Boisduval, Papilo Adamantius, dan Cethosia Myrana. Antara tahun 1856-1857, Alfred Russel Wallace menghabiskan sebagian hidupnya di kawasan tersebut untuk meneliti berbagai jenis kupu-kupu. Wallace menyatakan  "Bantimurung" merupakan The Kingdom of Butterfly (kerajaan kupu-kupu). Menurutnya di lokasi tersebut terdapat sedikitnya 270 spesies kupu-kupu.

Lokasi wisata "Taman Nasional"  "Bantimurung" ini juga memiliki dua buah goa yang dapat dimanfaatkan sebagai wisata minat khusus. Kedua goa itu adalah Goa Karaeng "Bantimurung" dan Goa Mimpi.

Kawasan "Taman Nasional"  "Bantimurung" ini terletak di lembah bukit kapur / karas yang curam dengan vegetasi tropis yang subur, sehingga selain memiliki air terjun yang spektakuler juga menjadi habitat yang ideal bagi berbagai spesies kupu-kupu, burung dan serangga endemik yang langka.
Pemandangan "Taman Nasional" "Bantimurung" "Bulusaraung" di Makassar, Sulawesi Selatan, sangat indah. Fasilitas di lokasi berjarak satu kilometer dari Kota Makassar itu pun sangat memanjakan pengunjung. Disana, ada air terjun dan aneka kupu-kupu langka. Konon, "Bantimurung" bermakna banting kemurungan atau buang sial. "Taman Nasional" tersebut hanya sepenggal pesona luar biasa yang terkuak di Kota Makassar.

"Bantimurung" itu sendiri adalah salah seorang Karaeng (Raja dalam adat Makasar) yang terkenal di jaman dulu, dan tempat semedi (tempat meditasi) Karaeng "Bantimurung", ada di dalam salah satu Goa di sekitar "Taman Nasional" tersebut.

Di "Taman Nasional" "Bantimurung" ini juga terdapat air terjun. Air terjun ini diklaim memiliki tinggi kurang lebih 15 meter dan lebarnya kira-kira 20 meter. Di sekitarnya ada beberapa fasilitas tambahan yang tentunya dengan biaya tambahan juga seperti untuk sewa ban, misalnya.

Di sebelah kiri air terjun tersebut terdapat tangga menuju ke atas, di atas ada objek wisata yaitu Goa Karaeng "Bantimurung" (Goa Batu) dan sebelah kanan air terjun tersebut ada jalan menuju Goa Mimpi. Goa itu konon menurut ceritanya adalah merupakan tempat semedi dan tempat sembahyang-nya Karaeng "Bantimurung"

Di "Taman Nasional" "Bantimurung" ini ada satu objek wisata lagi yakni Museum Kupu-kupu. Untuk masuk ke museum kupu-kupu ini cukup bayar sewa masuk seharga Rp. 6.000,-/Orang. Di dalam museum ini ada spesies kupu-kupu dengan berbagai family. Konon ada 270 spesies kupu-kupu yang hidup bebas di "Bantimurung" ini, tetapi data terkahir tahun 2010 hanya dapat ditemukan sebanyak 90 spesies. Di museum ini sendiri ada berbagai family kupu-kupu yang sudah diawetkan, kata pemandunya kupu-kupu itu mati dulu (dimakan usia) baru diawetkan, tapi kebenarannya saya tidak tahu. Untuk menjaga populasi kupu-kupu ini sendiri, di museum kupu-kupu ini sudah disediakan penangkaran kupu-kupu. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan populasi kupu-kupu tersebut.

Bagi anda yang menyukai wisata alam, dan belum pernah berkunjung ke  "Taman Nasional" "Bantimurung", sebaiknya sempatkan untuk berkunjung ke tempat wisata ini. Pasti anda akan menemukan simponi alam yang sangat indah.

0 komentar: