Sabtu, 07 April 2012

"Tas Peduli Bumi"

"Selalu bawa dan gunakan "tas" kain (shopping "bag") atau keranjang anyaman saat berbelanja, terutama jika anda seorang shopaholic".


Selain banyak tersedia dengan beragam ukuran plus model trendy, "tas" kain juga awet dipakai dan mampu membawa beban berat sehingga tidak mudah jebol. Lebih baik apabila cari "tas" yang terbuat dari bahan daur ulang. Dengan demikian, anda turut berpartisipasi dalam mengurangi jumlah kantong plastik (plastic "bag") alias "tas" kresek. Apalagi bila tidak didaur ulang, sampah "tas" plastik memerlukan waktu 100-1000 tahun untuk terurai dalam tanah.

Apabila anda lupa membawa "tas" kain, kantong kertas (paper "bag") dapat menjadi alternatif pikihan sebagai tempat belanjaan. Perlu diingat, pastikan paper "bag" yang digunakan merupakan kertas hasil daur ulang sehingga tidak menambah bahan baku kayu dan limbah zat kimia dalam proses pembuatannya. Apabila paper "bag" terbuat dari kertas baru, maka dampak negatif terhadap lingkungan sama saja dengan "tas" plastik. Bahan kertas lebih cepat terurai dalam tanah dari pada anda menggunakan "tas" plastik.

(Sumber: 117 Ide Kreatif Selamatkan "Bumi". Garsimia Lestari).


0 komentar: