Kamis, 05 April 2012

"Definisi Informasi"

"Informasi" merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional."


Definisi "Informasi" menurut Undang-Undang Republik Imdonesia Nomor 14 Tahun 2008, adalah keterangan, pernyataan, gagasan dan tanda-tanda yang mengandung nilai, makna, dan pesan, baik data, fakta maupun penjelasannya yang dapat dilihat, didengar, dan dibaca yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi "Informasi" dan komunikasi secara elektronik maupun nonelektronik. 

Sedangkan menurut Wikipedia Bahasa Indonesia-ensiklopedia bebas, "Informasi" adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari  simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. "Informasi" dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. "Informasi" adalah jenis acara yang mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis. Para konsep memiliki banyak arti lain dalam konteks yang berbeda. "Informasi" bisa di katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi . Namun demikian, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, Persepsi, Stimulus, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental.

Dalam beberapa hal pengetahuan tentang peristiwa-peristiwa tertentu atau situasi yang telah dikumpulkan atau diterima melalui proses komunikasi, pengumpulan intelejen, ataupun didapatkan dari berita juga dinamakan "Informasi" . "Informasi" yang berupa koleksi data dan fakta seringkali dinamakan "Informasi" statistik. Dalam bidang ilmu komputer, "Informasi" adalah data yang disimpan, diproses, atau ditransmisikan. Penelitian ini memfokuskan pada definisi "Informasi" sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi dan alirannya.

"Informasi"  adalah data  yang telah diberi makna melalui konteks. Sebagai contoh, dokumen berbentuk spreadsheet (semisal dari Microsoft Excel) seringkali digunakan untuk membuat "Informasi" dari data yang ada di dalamnya. Laporan laba rugi dan neraca merupakan bentuk "Informasi" , sementara angka-angka di dalamnya merupakan data yang telah diberi konteks sehingga menjadi punya makna dan manfaat.

Sedangkan definisi  "Informasi" menurut para pakar, antara lain adalah: 

Menurut Keneth C. Laudon  (2004:8), "information" is data that have been shaped into a form that is meaningful and useful to human being". Dapat diartikan sebagai "Informasi" adalah data yang sudah dibentuk ke dalam sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk manusia.

Menurut Anton M. Moeliono  (1990:33), "Informasi" adalah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita (tentang). Selanjutnya, Anton M. Moeliono (1990:187), mengatakan bahwa "Informasi"  adalah keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian analisis atau kesimpulan.

Menurut Gordon B. Davis (1984:200), "Information" is data that has been processed into a form that is meaningful to the recipient and is of real or perceived value in current or prospective actions or decisions" di definisi kan sebagai "Informasi" adalah data yang telah diproses/diolah ke dalam bentuk yang sangat berarti untuk penerimanya dan merupakan nilai yang sesungguhnya atau dipahami dalam tindakan atau keputusan yang sekarang atau nantinya.
Selanjutnya Robert G. Murdick (1987:6), mengatakan "Information" consists of data that have been retrieved, processed, or otherwise used for informative or inference purposes, argument, or as a basis for forecasting or decision making". Yang dapat di definisi kan sebagai: "Informasi" terdiri atas data yang telah didapatkan, diolah/diproses, atau sebaliknya yang digunakan untuk tujuan penjelasan/keputusan adalah sebuah prasyarat mendasar untuk setiap proses terdahulu yang telah disebutkan tadi, pekerjaan dari suatu SIM membuat mudah perencanaan, pengaturan, dan pengendalian pekerjaan dan fungsi dari suatu bisnis.
 
Chr. Jimmy L. Gaol dalam  bukunya  Sistem "Informasi" Manajemen  pemahaman dan aplikasi menyatakan
Pengertian "Informasi" adalah segala sesuatu keterangan yang bermanfaat untuk para pengambil keputusan/manajer dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Referensi:
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan "Informasi"  Publik.  2. id.wikipedia.org/wiki/Informasi
3. www.wuryantoro.com ›artikel ›pengertian

0 komentar: