Sabtu, 04 Februari 2012

"Menaya Garis Alis"

"Sekilas tampaknya keberadaan "alis" mata sepele saja. Padahal, dari "alis" mata, orang dapat membaca isi hatinya."


Banyak orang bersibuk diri mencabut, merapikan dan membentuk "alis" serasi dengan gambaran di benaknya. Hal pertama yang harus anda perhatikan sebelum merapikan "alis" adalah menyimak bentuk wajah. Bulat, persegi atau oval? Setelah itu baru anda dapat menentukan 'lukisan' "alis" yang serasi dan pas untuk wajah anda.

BENTUK WAJAH.

1. WAJAH OVAL (LONJONG).
Bentuk garis "alis" mengarah ke ujung telinga bagian bwah untuk memperkuat karakter wajah oval anda.

2. WAJAH PERSEGI.
Wajah persegi biasanya berkesan lebar. Supaya terlihat lebih kecil, usahakan garis "alis" berakhir dan mengarah pada tengah telinga.

3. WAJAH BULAT.
Gambarlah "alis" mulai dari pangkal "alis" dengan ujungnya mengarah ke ujung telinga bagian atas. Cara ini akan mengalihkan pandangan orang terhadap pipi anda yang penuh. Sebaiknya bentuk "alis" jangan dibuat melengkung.

Tahap lebih lanjut: MERAPIKAN DAN MEMBENTUK "ALIS".

Untuk mendapatkan bentuk "alis" yang rapi dan indah, anda harus mencabut atau mencukur "alis" mata. Hanya, sebaiknya hindari mencukur "alis" hingga plontos, karena keringat di dahi akan turun langsung mengenai mata, karena tidak mempunyai penghambat lagi. Apabila perlu, rambut "alis" yang berlebih cukup dicabut saja.

Sedangkan lukisan "alis" yang alami adalah bermula dari titik pangkal di atas sudut mata bagian dalam dan ujungnya di atas sudut mata bagian luar.

TIPS MERAPIKAN "ALIS".

1. Dengan lotion khusus, bersihkan mata dari riasan apapun.
2. Tandai bagian "alis" yang 'bubar barisan' dengan pensil berwarna putih supaya anda tidak salah mencabut "alis".

3. Gunakan pinset dengan ujung bersudut yang biasanya berdaya jepit lebih bagus.
4. Rileks, Cabut "alis" dengan sabar dan ekstra hati-hati supaya tidak terasa sakit, serta untuk mendapat garis "alis" yang rapi.

5. Pencabutan "alis" lebih mudah dilakukan adalah setelah mandi, karena kulit masih dalam keadaan lembab. Cara lain supaya "alis" tidak terasa sakit saat dicabut sebaiknya kompreslah kulit di sekitar mata dengan es batu terlebih dahulu.

6. Penting: Cabut "alis" menurut arah tumbuhnya, mulai dari bagian bawah. Kulit yang memerah dapat diolesi minyak esensial.

7. Setelah selesai, rapikan "alis" dengan sikat khusus. Tahap berikutnya dapat dilanjutkan dengan menorehkan pensil "alis" atau perona mata. Pilih warna yang mendekati warna rambut anda.

MENGOREKSI "ALIS".

Kita sering mendengar beberapa keluhan seputar"alis", misalnya "alis" yang kelewat tipis atau sebaliknya, tebal tapi berantakan, juga letaknya yang berjauhan, dan lain-lain. Apabila anda tidak memiliki "alis" yang ideal, janganlah berkecil hati. Ada beberapa upaya korektif yang dapat anda lakukan. Bukan hal yang mustahil apabila "alis" anda menjadi lebih indah bagaikan semut beriring.

1. "ALIS" TEBAL.
Jangan terlalu cepat membabat "alis". Bentuklah terlebih dahulu pola "alis" yang diinginkan, kemudian baru mencabut bulu-bulu "alis" yang berada di luar kerangka tersebut.

2. "ALIS" TERLALU MELENGKUNG.
Untuk problem anda seperti ini, anda dapat memperbaikinya dengan mencabut bulu-bulu di ujung dan pangkal "alis", kemudian gambarlah "alis" agak lurus dengan pensil "alis".

3. "ALIS" BERDEKATAN ATAU BERJAUHAN.
Keadaan "alis" seperti ini mungkin saja terjadi. "Alis" yang kedua pangkalnya saling berdekatan, sehingga tampak menyatu, berilah jarak dengan cara mencabuti bulu di kedua pangkal tersebut. Sementara "alis" yang berjauhan dapat anda perbaiki dengan memperpanjang pangkalnya dengan menggunakan pensil "alis".

4. "ALIS" LURUS.
"Alis" yang lurus membuat wajah terlihat kaku dan keras. Untuk memperoleh kesan wajah terlihat lebih lembut, cabutlah bulu "alis" di bagian pangkal dan bawah "alis", kemudian buatlah garis "alis" sedikit melengkung.

5. "ALIS" MENURUN.
Bentuk "alis" menurun berkesan lelah, mengantuk atau sedang murung. Perbaikilah supaya air muka menjadi lebih ceria dan menarik dengan mencabut bulu di ujung "alis", dan gambarlah "alis" lebih di atas "alis" yang asli.

MEWARNAI "ALIS".

 Kesempurnaan tata rias "alis" ditentukan oleh ketepatan anda dalam memilih warna "alis". Apabila "alis" anda sudah ideal, cukup gunakan maskara untuk menebalkannya. Cara lain yang dapat ditempuh adalah dengan membubuhkan perona mata atau pensil "alis". Namun, sebisanya usahakan membuat garis "alis" mengikuti bentuk "alis" anda yang alami. Pilih warna "alis" yang mendekati warna rambut anda supaya terlihat serasi. Garis "alis" mata yang terlalu tebal atau memakai pensil "alis" warna gelap akan membuat air muka anda tampak keras dan galak. (niz).

(Sumber: Majalah Kartini, edisi Nomor Milenium 2030. 1 s/d 15 Maret 2001).

0 komentar: