Rabu, 25 Januari 2012

"Organ Intim Sering Terasa Gatal"

"Kalau anda sering merasa "gatal" di ketiak dan "organ intim", kemungkinan disebabkan oleh jamur/candida."


Keadaan yang sudah kronis/menahun memang memerlukan pengobatan yang seksama. Penggunaan obat anti jamur harus dilakukan terus menerus sampai 2 minggu setelah merasa sembuh. Kalau anda merasa sudah sembuh/tidak "gatal", teruskan pengobatan sampai 2 minggu lagi. Hal tersebut perlu dilakukan agar jamurnya benar-benar mati sehingga tidak mudah kambuh lagi.

Selain itu, infeksi jamur/candida dipengaruhi oleh berbagai kondisi seperti: kebersihan dan kelembaban daerah yang "gatal" (misal ketiak sering berkeringat dan "organ intim" yang lembab), kegemukan dan kondisi kesehatan tubuh lainnya seperti kencing manis. Karena itu, disamping pengobatan, upayakan tidak banyak berkeringat, dan jaga kebersihan baik di ketiak maupun "organ intim". Untuk "organ intim", usahakan daerah sekitar "organ intim" selalu kering. Karena itu, sehabis buang air, basuhlah daerah "organ intim" dan keringkan  dengan handuk bersih/tissue serta gunakan pembalut wanita tipis. Bila "gatal"  hebat dan ada lecet karena garukan, basuhlah dengan betadin.

Lakukan hal-hal di atas dengan sabar dan tekun, pasti "gatal"-"gatal"  berkurang. Supaya dapat sembuh total, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit kelamin.

(Sumber: Majalah Wanita Kartini, Nomor Milenium 2020, 5 s/d 19 Oktober 2000). 

0 komentar: