Jumat, 15 Juli 2011

"Manfaat Pijat Bagi Tubuh"

"Pijat" dan urut atau "massage" mempunyai pengaruh terhadap "tubuh" manusia dalam memulihkan fungsi-fungsi anggota badan yang terganggu."


"Pijat" dan urut sama-sama mempunyai fungsi untuk melancarkan peredaran darah, baik darah merah maupun darah putih. Bila peredaran darah di seluruh "tubuh" normal dan lancar, maka semua kotoran yang berupa asam urat dan karbon oksida akan dapat diangkut darah ke tempat pembuangan, seperti nafas yang dikeluarkan dari paru-paru melalui hidung, keringat dan air seni. Untuk kelancaran itu semua tubuh memerlukan pemasukan udara dan air yang cukup.
Kotoran yang tidak dapat terbuang (tidak dapat terangkut oleh darah) dapat mengenap berbentuk kristal, yang dapat menyumbat aliran darah. Apabila seperti ini akan mengganggu kesehatan "tubuh".

Selain itu lancarnya peredaran darah putih di "tubuh" menjadikan semua penyakit yang berupa virus, baksil atau kuman penyakit dapat diberantas/dicegah. Dengan lancarnya peredaran darah, maka syaraf akan lebih tenang, nyeri-nyeri otot akan hilang dan kerja hati, jantung, paru-paru, ginjal, limpa, usus serta seluruh kelenjar getah bening akan bekerja dengan baik.

"Pijat" dapat dibagi menjadi dua macam:
A. "Pijat" Secara Umum.
B. "Pijat" Secara Khusus.

A."Pijat" Secara Umum.
"Pijat" secara umum ini sentuhan atau perabaannya secara menyeluruh dan pelaksanaannya ada bermacam-macam:
1. Ada yang dimulai dari tangan naik ke kepala, punggung, kaki, perut dan dada ("Pijat" khas Indian).
2. Ada yang dimulai dari telapak kaki, paha, punggung, tangan, kepala, perut dan dada ("Pijat" khas Jawa).
3. Ada yang dimulai dari kepala menurun ke punggung dan terus ke tangan, kaki naik ke paha, perut dan dada ("Pijat" khas Cina).
4. Ada yang dimulai dari perut ke dada, kepala, punggung, tangan dan kaki ("Pijat" khas Amerika).

Selain itu, cara memijatnya ada beberapa macam sesuai dengan tujuannya, misalnya:
1. Gosokan. Maksudnya untuk memberi rangsangan kepada semua syraf dan jaringan-jaringan di bawah kulit. Tujuannya membantu kerja pembuluh darah balik (vena) dan memanaskan "tubuh".

2. "Pijat"an. Maksudnya untuk menghancurkan sisa-sisa pembakaran dan melemaskan kekakuan-kekakuan di dalam jaringan. Tujuannya untuk memudahkan pengangkutan.

3. Goncangan. Maksudnya untuk menempatkan kembali bagian "tubuh" yang ada di bawah kulit (otot, pembuluh darah, persyarafan dan lain-lainnya) pada tempatnya masingmasine. Tujuannya untuk memudahkan pengaliran/pertukaran zat dalam bagian-bagian tersebut.

4. Pukulan. Maksudnya untuk mempengaruhi tonus syaraf vegetatif (tak sadar) pada jaringan parifeer (jaringan tepi). Tujuannya untuk mempergiat peredaran darah pada kulit.

5. Gerusan. Maksudnya untuk menghancurkan bekuan-bekuan pengerasan dalam jaringan ikat dan otot. Tujuannya menormalkan sirkulasi peredaran darah dan pertukaran zat.

6. Mengurut. Maksudnya untuk mempengaruhi syaraf vegetatif dan jaringan di bawah kulit. Tujuannya melemaskan jaringan sehingga sirkulasi darah dan pertukaran zat menjadi baik.

B. "Pijat" Secara Khusus.
"Pijat" secara khusus ini dibagi dua, yaitu:
1. "Pijat" Sistem Terapi Zona.
Memijat pada reflek-reflek yang berada di telapak kaki pada umumnya dan bagian-bagian "tubuh" lainnya. Dapat menggunakan alat atau hanya dengan tangan kosong.

2. "Pijat" Sistem Tusuk Jari.
Memijat dengan tusukan jari pada titik meredian atau sama dengan tusuk jarum. Hanya saja untuk tusuk jari tanpa menggunakan jarum. 
 

0 komentar: