Sabtu, 23 Juli 2011

"BATU AMPAR DI WAKTU MALAM"

Tanggal 27 Agustus 2010, tepatnya hari Jum'at pukul 11.00 WIB siang, kami berempat (Ayah saya, Saya, Kakak dan driver), berangkat dari Sidoarjo menuju "Batu Ampar" Pamekasan untuk meneruskan mencari kejelasan tentang hubungan kekeluargaan.



Pukul 11.30 WIB, kami mampir di Masjid Rahmad Surabaya, ayah dan driver melaksanakan ibadah sholat Jum'at. Setelah itu baru meneruskan perjalanan ke "Batu Ampar".

Pada saat Ashar sekitar pukul 15.00 WIB, kami mampir di Masjid Agung Asy Syuhada' Pamekasan untuk melaksanakan ibadah sholat Ashar. Setelah itu meneruskan perjalanan ke "Batu Ampar". Sambil 'Ngabuburit' karena ini bulan puasa Ramadhan, kami mampir ke Butik Arifil Batik Tulis Madura di Jl. Jokotole Pamekasan.

Pukul 16.30 WIB kami mampir ke Sari Laut Lamongan untuk membeli makanan untuk keperluan buka puasa. Belum sampai di "Batu Ampar" terdengar alunan suara adzan Maghrib sehingga kami berhenti di perjalanan untuk berbuka puasa. Setelah kami berbuka puasa kami melanjutkan perjalanan lagi ke "Batu Ampar".

Tepat pukul 18.00 WIB, kami sampai di Astana "Batu Ampar" Timur. Aura positip di Astana ini sudah kami rasakan sejak kami berada di sekitar wilayah sebelum kita memasuki arena Astana "Batu Ampar" Timur. Aroma harum bunga menghampiri hidung saya, bulu roma saya sempat merinding. Aura "Batu Ampar" sudah terasa mengelus tubuh kami. Di Astana "Batu Ampar" Timur ini Ayah Saya ditemui oleh Ade'. Kami diarahkan untuk terlebih dahulu berziarah ke Makam Mbah Kyai Syamsudin di area Makam "Batu Ampar" Barat.

Sekitar pukul 19.00 WIB, kami berziarah ke Makam Mbah Kyai Syamsudin. Saya sempat ngomel, ngapain malam-malam begini kok disuruh ke makam. Ternyata di area pemakaman itu meskipun hari telah malam, tidak pernah sepi oleh manusia. Banyak orang yang mengaji mengkhatamkan Al-Qur'an di area Makam "Batu Ampar" Barat ini. Konon mereka adalah musyafir dari berbagai daerah yang telah lama berada di "Batu Ampar". Pada malam itupun juga ada pengunjung (rombongan) dari daerah luar "Batu Ampar" sebanyak 2 (dua) bus. Semakin malam sepertinya malah semakin ramai.
Sekitar pukul 20.00 WIB, baru Ade' menemui kami kembali untuk mengadakan pertemuan keluarga. Kami mengadakan pertemuan keluarga di lokasi Makam "Batu Ampar" Barat. Kami banyak menerima penjelasan dari Ade' tentang keluarga di "Batu Ampar" sambil menikmati minuman kopi murni (tumbukan sendiri) yang telah disuguhkan oleh seorang musyafir yang diutus Ade'. Di tengah-tengah pertemuan, Ade' mengajak Ayah saya ziarah lagi ke Makam Mbah Kyai Syamsudin. Setelah itu bergabung kembali dengan kami untuk melanjutkan penjelasan tentang keluarga. Ini adalah pengalaman pertama saya mengadakan pertemuan keluarga yang sangat penting di tengah-tengah makam keluarga. Batu nisan menjadi saksi kebahagiaan kami, seolah beliau-beliau juga merasakan kebahagiaan kami yang selama puluhan tahun tidak dipertemukan, walaupun beliau-beliau telah dipanggil untuk menghadap Sang Kholiq.

Baru sekitar pukul 21.00 WIB, kami menuju tempat tinggal Ade' di Badong. Di tempat tinggal Ade' ini kami ngobrol sekitar satu jam lebih. Dan beliau juga telah menyampaikan titipan Mbah Kyai Syamsudin yang sebenarnya akan disampaikan dua puluh tahun yang lalu. Setelah itu Ade' kembali ke Astana "Batu Ampar" Timur, karena beliau masih ada acara yang masih belum selesai. Rupanya kedatangan kami saat ini agak kurang tepat karena  mengganggu jadwal beliau. Mohon maaf ya Ade'....

Setelah ditinggal beliau, kami melaksanakan sholat Tarawih. Dan kami lanjutkan untuk makan malam.

Sekitar pukul 23.00 WIB, kami baru meluncur untuk perjalanan pulang ke Sidoarjo. Dan pukul 01.30 WIB kami sudah sampai di rumah. Perjalanan lancar sehingga hanya memakan waktu sekitar dua jam setengah kami sudah sampai di rumah dan beristirahat.

Kami sampaikan banyak terima kasih kepada Ade' yang telah bersedia menerima kami walaupun sebenarnya Ade' sangat sibuk . Mohon maaf dengan segala kecerewetan dan canda-canda kami yang barangkali menyinggung perasaan Ade'..... sekali lagi kami mohon maaf..... Mumpung masih bulan Ramadhan, bulan penuh pengampunan........... Semoga Allah meridhai semua yang telah kami lakukan ini.......

0 komentar: