Selasa, 07 Juni 2011

"FUNGSI EKOSISTEM MANGROVE"

"Ekosistem Mangrove" di sepanjang pesisir merupakan aset sumberdaya alam pesisir yang mampu menopang kelestarian perikanan serta jasa lingkungan lainnya, termasuk "fungsi" perlindungan pantainya".


"Fungsi" ekonomi "Ekosistem Mangrove" sangat banyak, baik kuantitas maupun kualitasnya. Menurut Saenger, ada 70 macam kegunaan tumbuhan "Mangrove" bagi kepentingan manusia, baik produk langsung maupun tidak langsung. Produk langsung, misalnya bahan bakar, bahan bangunan, alat perangkap ikan, pupuk pertanian, bahan baku kertas, makanan, obat-obatan, minuman, dan tekstil. Sedangkan produk tidak langsung, misalnya tempat-tempat rekreasi dan bahan makanan; dan produk yang dihasilkan sebagian besar telah dimanfaatkan oleh masyarakat.
Nilai pakai lain yang penting dari "Ekosistem Mangrove" adalah berbagai akuatik yang beberapa diantaranya memiliki nilai komersial memilih habitat "Mangrove" sebagai tempat hidupnya. 30% produksi perikanan laut tergantung pada kelestarian hutan "Mangrove", karena kawasan "Mangrove" menjadi tempat perkembangan jenis-jenis ikan yang tinggi nilai komersilnya. Daun-daun berjatuhan dan berakumulasi pada sedimen "Mangrove" sebagai leaf litter (lapisan sisa-sisa daun) yang mendukung komunitas organisme detrial yang besar jumlahnya.

Tanaman "Mangrove", termasuk  bagian batang, akar dan daun yang berjatuhan memberikan habitat bagi spesies akuatik yang berasosiasi   dengan "Ekosistem Mangrove". "Ekosistem" ini ber"fungsi" sebagai tempat untuk memelihara larva, tempat bertelur dan tempat pakan bagi berbagai spesies akuatik, khususnya udang Penaeidae dan ikan bandeng.

Nilai pakai tidak langsung dari "Ekosistem" hutan "Mangrove" adalah dalam bentuk "fungsi"-"fungsi" ekologi yang vital, ttermasuk pengendalian terhadap erosi pantai, stabilisasi sedimen, perlindungan bagi terumbu karang di dekatnya terhadap padatan-padatan tersuspensi, perlindungan bagi tata guna lahan di wilayah pantai dari badai dan tsunami, pencegahan terhadap intrusi garam, pemurnian alami perairan pantai terhadap polusi.

"Mangrove" yang berkembang dengan baik akan memberikan "fungsi" dan keuntungan yang besar, baik untuk mendukung sumberdaya perikanan laut dan budidaya, memberi pasokan bahan bangunan dan produk-produk lain, maupun untuk melindungi pantai dari ancaman erosi.

0 komentar: