Sabtu, 28 Mei 2011

"BERSIH PANGKAL SEHAT"

"Annadhofatu" minal iman, "bersih" sebagian dari iman. "Bersih" bukan hanya tidak najis. "Bersih" juga harus "sehat"."Bersih" diikuti rapi dan indah".


SHOLAT ITU MENYEHATKAN.

Bagi umat Islam, sholat itu menyehatkan, karena pada saat sholat harus "bersih" badan, pakaian dan tempatnya. Ada gerakan, bacaan dan do'a. Harus tenang, khusyuk dan ikhlas. Harus disiplin dan teratur rapi. Hanya mengharap ridha Allah SWT. Namun demikian, jangan hanya "bersih" waktu sholat saja. Aktifitas sholat:
a. Berjalan menuju tempat sholat.
b. Berdiri dan bergerak.
c. Berfikir, berdzikir dan konsentrasi.
d. Teratur waktu dan tata caranya.
e. Tenang, khusyuk tanpa gangguan.
f. Ikhlas mengharap ridha Allah SWT.


BUDAYA "BERSIH".

"Bersih" bukan hanya sekedar "bersih". "Bersih" dari hadats dan najis. "Bersih" dari kotoran dan kuman. "Bersih" rapi, pantas dan indah. "Bersih" tidak hanya waktu sholat. "Bersih" yang membudaya. "Bersih" seharusnya diajarkan sejak usia dini. Dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Diberi contoh dan teladan. Sebaiknya anak-anak diperhatikan dan diawasi. Seharusnya kita merasa rugi kalau tidak "bersih". Penerapan Budaya "bersih" dalam kehidupan sehari-hari:

a. "Bersih" badannya, "Bersih" dengan air yang mensucikan. Gunakan sabun dan pem"bersih" lain. Terutama anggota wudlu, di"bersih"kan 2-5 kali sehari. Dan juga perlu di"bersih"kan bagian-bagian badan lainnya.

b. "Bersih" pakaiannya. "Bersih" dari kotoran dan najis. Pakaian harus menutup aurat. Bagus, pantas dan tidak berlebihan. Sopan dan tidak mengganggu orang lain. Tidak norak dan tidak menyolok.

c. "Bersih" ruangannya."Bersih" dan suci dari najis. Tenang, aman dan nyaman. Tertata rapi dan indah. Selalu terjaga dan terpelihara ke"bersih"annya. Cukup sopan dan terhormat.

d. Air selalu "bersih". Air "bersih" yang mensucikan. Air "bersih" yang menyehatkan.


Istinjak/bersuci, dengan menggunakan air atau tissue. Gunakan juga sabun. Biasakan berhajat di tempatnya, karena tinja dan kencing merupakan sumber penyakit.


WUDLU.

Berwudlu bukan hanya sekedar membasuh saja. Anggota badan bagian yang terbuka rawan gangguan. Air "bersih" itu menyehatkan. Arti "bersih" yang tersirat. Niatkan "bersih" sampai dalam hati.

Manfaat wudlu:
a. Mem"bersih"kan secara fisik.
b. Mem"bersih"kan panca indra.
c. Mem"bersih"kan hati dan pikiran.
d. Mem"bersih"kan kaki dan tangan.
e. Wudlu itu mem"bersih"kan segalanya.

Budaya "bersih" ini akan dapat berhasil apabila kita laksanakan dengan istikomah. Konsisten tidak mudah berubah. Disiplin dan selalu dipatuhi. Dikembangkan agar lebh baik. Beri sanksi pada setiap pelanggaran. Harus sabar dan telaten.


Yang perlu kita perhatikan dan harus kita waspadai dalam melaksanakan budaya "bersih" ini adalah:
a. Sikap malas mengubah kebiasaan lama yang tidak menyehatkan.
b. Kurang mengerti manfaat "bersih".
c. Rasa malunya sudah luntur.
d. Suka bangga kalau melanggar.
e. Belum ada sanksi yang tegas terhadap pelanggaran.


KESIMPULAN.

a. Ke"bersih"an pangkal ke"sehat"an.
b. "Bersih" saja tidak cukup.
c. Sholat itu menyehatkan.
d. Orang Islam itu "bersih" dan "sehat".
e. Budayakan "bersih" supaya "sehat".

0 komentar: