Minggu, 24 April 2011

"WISATA RITUAL, BELANJA DAN KULINER"

"Tanggal 22 April 2011 adalah Hari Libur Nasional yang sangat indah apabila kita dapat melakukan kegiatan yang membuat fresh. Salah satunya adalah  "Wisata Ritual" sekaligus "wisata belanja" dan "wisata kuliner"




Tepat pukul 08.00 WIB, rombongan kami berangkat "wisata". Dalam perjalanan, rombongan kami mampir Jombang, rumah orang tua Mbak Yuni (salah satu anggota rombongan). Disini kami disuguhi beraneka macam makanan, minuman dan buah-buahan. Rupanya disini kami sudah mulai menikmati "wisata kuliner". Semua makanan terasa sangat nikmat. Alhamdulillah dan terima kasih atas sambutan dari keluarga Mbak Yuni atas kedatangan rombongan kami.

Dalam perjalanan kami merasa lapar, kami mampir ke Rumah Makan Barokah yang sangat terkenal dengan menu ikan 'Uceng' goreng. Rombongan kami sangat menikmati makanan yang dihidangkan oleh Rumah Makan ini. Indahnya "wisata kuliner" ini. Semuanya benar-benar sangat menikmati "wisata" hari ini. Di Rumah Makan ini adik Mbak Yuni menemui rombongan kami. kemudian memandu rombongan kami untuk menuju ke Makam Bung Karno sebagai rangkaian "wisata" kami. 

Sekitar pukul 11.30 WIB, rombongan kami sampai di Kompleks Makam Bung Karno, Sang Proklamator, Presiden Republik Indonesia yang pertama. Sebelum ke makam rombongan kami melaksanakan sholat Jama' Takdim Dhuhur dan Ashar di Masjid sebelah makam Bung Karno. Selain rombongan kami, banyak rombongan lain yang melaksanakan "wisata ritual" di makam Bung Karno. "Wisata" ini menjadi sangat indah karena kita dapat berziarah di makam Sang Proklamator. Kami mendo'akan arwah beliau mudah-mudahan dapat tenang dan diterima di sisi-Nya dan dosa-dosa beliau mudah-mudahan diampuni oleh Allah SWT. Amiin..... Kami juga sempat berfoto ria di tempat ini. Setelah berziarah ke makam, kami sempat ber"wisata belanja" di kompleks pemakaman ini. Rombongan kami benar-benar menikmati "wisata belanja" ini.

Setelah menyelesaikan  "belanja"nya rombongan kami melanjutkan perjalanan "wisata". Rombongan kami dipandu oleh Adik Mbak Yuni untuk keluar dari kompleks makam Bung Karno untuk menuju obyek "wisata" berikutnya. Terima kasih atas bantuan keluarga Mbak Yuni. semoga mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT.

Rombongan kami akan mampir di rumah saya di desa Banjarsari Selorejo Blitar. Sepanjang perjalanan kami melewati pemandangan yang sangat indah. Hamparan sawah menghijau, gunung-gunung yang kelihatan biru sangat indah. Hutan belantara yang masih kelihatan subur. Pemandangan-pemandangan yang tidak kita jumpai di kawasan perkotaan. Benar-benar "wisata" yang sangat indah dan dapat membuat fresh pikiran yang ruwet.

Sekitar pukul 15.30 WIB, rombongan kami sampai di rumah saya. Tempat kelahiran yang sangat indah. Udara sejuk menambah nikmatnya "wisata" ini. Bapak dan adik saya sudah menunggu kedatangan rombongan kami sejak tadi pagi. Semua anggota rombongan menikmati "wisata" ini. Ada yang mancing di kolam, ada yang berkebun (memetik terong ungu, mengambil sirih, dan lain-lain). Adik saya juga menghidangkan menu masakan urap-urap, ikan dan ayam bumbu santan. Es kelapa muda juga dihidangkan  oleh adik saya. Kami sangat menikmati "kuliner" hidangan adik saya. Saya juga masih sempat menerapi Bapak saya, mudah-mudahan Bapak saya sehat kembali. 

Setelah puas "wisata" di rumah saya, rombongan kami melanjutkan perjalanan menuju lokasi "wisata" berikutnya. Sepanjang perjalanan kami sangat menikmati "wisata" ini walaupun hari telah mulai gelap. Sekitar pukul 19.30 WIB, rombongan kami sampai di Hotel Roro di Jalan Pesarean Gunung Kawi, yaitu tempat "wisata ritual" sekaligus "wisata belanja". Setelah semua mendapat kamar, kami membersihkan diri, kemudian jalan-jalan untuk "wisata belanja". Setelah itu rombongan kembali ke hotel untuk berkumpul. Acara kami adalah silaturahmi 'pamit' karena saya mutasi untuk pindah tugas ke Instansi lain. Acara berjalan sangat santai dan penuh kekeluargaan. Terima kasih kepada teman-teman yang telah mempersiapkan dan menyelenggarakan acara ini. Mudah-mudahan silaturahmi ini akan tetap terjalin sampai hayat dikandung badan. 

Setelah acara silaturahmi berakhir, sekitar pukul 21.00 WIB, rombongan kami melanjutkan "wisata kuliner" untuk menghangatkan badan dan suasana malam yang sangat dingin karena udara pegunungan. Kami semua menikmati hidangan di rumah makan ini. Ada mie rebus, pisang keju panggang, ronde, angsle, susu, skoteng dan lain-lain makanan dan minuman yang serba panas. Setelah menikmati "wisata kuliner", rombongan kami melanjutkan "wisata ritual". Kami ingin berziarah ke makam Mbah Njugo dan Mbah Iman Sujono. Kami hanya melihat-lihat dari luar, karena pada saat ini bersamaan dengan acara rombongan lain yang melaksanakan hajatan di lokasi pemakaman. Rombongan kami kembali ke hotel sambil menikmati "wisata belanja" di sepanjang Jalan Pesarean Gunung Kawi. 

Sekitar pukul  22.30 WIB, kami sampai di hotel. Saya melanjutkan tugas kemanusiaan karena anggota rombongan kami ada yang membutuhkan terapi. Terapi sambil ngobrol di kamar hotel. Kami saling bertukar ceritera karena sepertinya tidak bertemu lama. Selitar pukul 00.30 WIB, setelah selesai terapi, teman-teman kembali ke kamar masing-masing untuk beristirahat.

Sekitar pukul 05.30 WIB, kami jalan-jalan pagi untuk menikmati pemandangan di kompleks "wisata" Gunung Kawi. Kami menuju lokasi "wisata" pemandian Sumber Urip. Kami berfoto-foto disana sambil santai untuk menikmati pemandangan alam yang sangat indah. Setelah itu kami menuju lokasi "wisata" Sumber Waras. Disitu kami mengambil air untuk cuci muka dan berfoto-foto. Setelah itu kami kembali ke hotel. Di sepanjang perjalanan pulang, teman-teman masih melanjutkan "wisata belanja" dan membeli jajanan yang ada di sepanjang jalan Pesarean. Setelah sampai di hotel, kami berkemas-kemas untuk melanjutkan perjalanan "wisata". Sebelum meninggalkan hotel, kami sarapan terlebih dahulu. Kami menikmati hidangan nasi goreng yang telah disiapkan oleh hotel.

Sekitar pukul 08.30 WIB, rombongan kami meninggalkan hotel. Untuk menuju parkiran mobil, teman-teman masih melanjutkan "wisata belanja" yang belum terselesaikan. Ada yang membeli aksesoris, pakaian, ketela ubi, pisang dan lain-lain. Setelah puas menikmati "wisata belanja" di Kompleks "Wisata" Gunung Kawi, rombongan kami baru melanjutkan perjalanan untuk menuju lokasi "wisata" berikutnya.

Sekitar pukul 11.30 WIB, rombongan kami sampai di Masjid Tiban Turen Malang. Bagitu ramainya tempat "wisata" ini. Mereka ingin menikmati indahnya keagungan Masjid Tiban yang begitu megah. Alhamdulillah..... Saya masih diberi kesempatan untuk menikmati "wisata ritual" yang sangat indah ini. Kita melaksanakan sholat Jama' Dhuhur dan Ashar di kompleks Masjid Tiban. Setelah sholat, kami menikmati makan siang terlebih dahulu di kompleks "wisata" ini.  Setelah itu kita masuk untuk berkeliling Masjid Tiban, yang terdiri dari 9 lantai. Semua anggota sangat menikmati "wisata ritual" ini. Kami berkeliling dan sambil menikmati "wisata belanja" di Masjid Tiban ini. Berbagai macam barang dijual di lantai 7,8 dan 9. Ada aksesoris, pakaian, mainan, makanan, minuman dan lain-lain. Rombongan kami sangat menikmati "wisata" ini.

Sekitar pukul 16.00 WIB, rombongan kami meninggalkan kompleks Masjid Tiban untuk melanjutkan perjalanan pulang. Kami mampir untuk mengunjungi Ibu dari Mbak Nanik yang opname di salah satu Rumah Sakit Swasta di Malang. Setelah itu kami melanjutkan "wisata kuliner". Rombongan kami mampir ke Bakso Kota Cak Man Malang. Nikmatnya....... Betul-betul "wisata kuliner" yang sangat memuaskan. Setelah itu rombongan kami melanjutkan perjalanan pulang.

Kami sangat gembira dengan perjalanan "wisata" ini. Gelak tawa kami dan anak-anak kami selalu terdengar di sepanjang perjalanan "wisata" ini. Semoga tali persaudaraan dan kekeluargaan yang telah terjalin ini akan se lalu ada untuk selamanya. Sekitar pukul 20.30 WIB, rombongan kami sampai di rumah saya di Sidoarjo. Mereka dijemput keluarga masing-masing di rumah saya. Semoga perjalanan ini menjadi kenangan yang indah yang tak terlupakan bagi semua anggota rombongan kami. Indahnya "wisata" ini.              




























































































0 komentar: