Sabtu, 13 Februari 2010

"MU'JIZAT DAN KEAGUNGAN AL-QUR'AN"

"MU'JIZAT SPIRITUAL "AL-QUR'AN".


Mengapa "Al-Qur'an" dapat berpengaruh pada diri seseorang?"


Sesungguhnya "Al-Qur'an" dengan gaya bahasanya yang indah, selalu berupaya untuk menyampaikan kebenaran kepada umat-Nya.


Allah SWT berfirman dalam "Al-Qur'an" Surat Al-Kahf Ayat 54: "Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulangi bagi manusia dalam "Al-Qur'an" ini bermacam-macam perumpamaan".


Hal ini supaya umat manusia selalu kembali ke kebenaran. Seperti yang telah difirmankan Allah dalam "Al-Qur'an" Surat Az-Zumar Ayat 23: "Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) "Al-Qur'an" yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengungat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tidak ada baginya seorang pemimpinpun".


Gaya bahasa "Al-Qur'an" yang indah dapat meluluhkan kekerasan hati dan menempatkan kebenaran dalam pikiran manusia. Secara simultan, gaya bahasa "Al-Qur'an" yang indah dan bagus dapat membangkitkan mental dan spiritual para pendengarnya. Setelah itu, disertai tuntunannya.


MU'JIZAT ILMIAH "AL-QUR'AN".

Sepanjang sejarah, "Al-Qur'an", selalu bersikap konsisten dan fair terhadap penemuan-penemuan baru yang dihasilkan oleh ilmu pengetahuan. Tentunya hal ini menunjukkan akan kebenaran dan "keagungan" "Al-Qur'an" sepanjang masa.


"Al-Qur'an" menjelaskan tentang fenomena alam sebagai tanda-tanda "keagungan" Tuhan di alam semesta yang sangat luas ini. Misalnya dalam Surat Al-Furqon Ayat 53: "Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan), yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi."


Allah SWT juga berfirman dalam "Al-Qur'an" Surat An-Naml Ayat 61: "Atau siapakah yang telah menjadikan bumi sebagai tempat berdiam dan yang menjadikan sungai-sungai di celah-celahnya, dan yang menjadikan gunung-gunung untuk (mengokohkannya) dan menjadikan suatu pemisah antara dua laut?. Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) kebanyakan dari mereka tidak mengetahui."


Dari ayat-ayat tadi, harus kita pahami bahwa pengetahuan tentang rahasia alam yang sangat unik itu berasal dari "Al-Qur'an" yang diturunkan langsung oleh Allah kepada hamba-Nya, Muhammad SAW.


Salah satu bukti bahwa "Al-Qur'an" adalah memang benar-benar wahyu Illahi yang mengandung mu'jizat, adalah firman Allah dalam "Al-Qur'an" Surat Al-Baqarah Ayat 23: "Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang "Al-Qur'an" yang Kami wahyukan kepada hamba Kami Muhammad, maka buatlah satu surat saja yang semisal "Al-Qur'an" itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang memang benar."


Dapat disimpulkan, bahwa beberapa keutamaan dan "keagungan" "Al-Qur'an", diantaranya adalah:


-. Keelokan kata-kata dan kalimat "Al-Qur'an".

-. Kesesuaian kata dengan kondisi dan keadaan.


-. Kata-kata yang ringkas tetapi mengandung pengertian yang luas.


-. Kalimatnya yang panjang tetapi tidak membosankan.


-. Ketinggian bahasa dan ungkapan.


-. Rahasia-rahasia ilmiah yang baru diketemukan.


-. Hukum-hukum agama yang tetap relevan dengan segala kondisi dan jaman.


-. Kisah-kisah umat yang telah silam.


-. Daya tarik spiritualnya yang mampu mempengaruhi jiwa dan akal manusia.


(Sunber: "Keagungan" Kitab Suci "Al-Qur'an", oleh Dr. Moh. Samir Halabi).

0 komentar:


MusicPlaylistView Profile