Selasa, 19 Januari 2010

"SEPATU HAK TINGGI DAN MAFAATNYA"

"Sepatu Hak Tinggi" adalah mode sepatu yang biasanya digemari oleh wanita yang memiliki tinggi badan tidak terlalu tinggi atau dibilang pendek."




Bukan tanpa sebab, mungkin, apabila ahli mode memilihkan "sepatu hak tinggi" bagi wanita. Karena, meskipun lelaki dapat saja terkena, varises lebih sering dikaitkan dengan wanita. Dan, "sepatu hak tinggi", rupanya dapat mencegah varises.

Apakah ini suatu mistos? Tidak..... Menurut Prof. Dr. dr Puruhito FICS SpB/T, bahwa "sepatu hak tinggi" memang dapat mencegah varises.


Menurut beliau, manfaat "sepatu hak tinggi" itu diperoleh dari posisi jinjit si pemakai. Dengan posisi jinjit, katup vena - terutama yang berada di daerah lutut belakang dan depan - jadi bersudut lebih kecil. Bila sudut katup vena lebih kecil, aliran darah akan lebih lancar.Posisi jinjit juga membuat aliran darah di jalur vena penghubung (communicans) lebih lancar. Itu akan membantu aliran vena.


Pertanyaannya, barangkali..... Berapa tinggi tumit sepatu yang dapat mencegah varises? Tinggi tumit sepatu atau sendal yang masih nyaman dipakai tetapi bermanfaat mencegah varises sekitar 5-7 sentimeter.


Problemnya, "sepatu hak tinggi" dapat menyebabkan rasa sakit di ujung kaki si pemakai. Karena itu saat memilih "sepatu hak tinggi", pastikan sepatu itu enak dipai dan rasa nyaman di kaki.













































































0 komentar: