Jumat, 28 Agustus 2009

"PENYIMPANGAN JARINGAN TUBUH"

"Timbulnya penyakit pada tubuh manusia kadang-kadang disebabkan kerusakan pada "jaringan tubuh" karena terjadinya "penyimpangan" dari keadaan yang seharusnya;"



Kadang-kadang karenam rusaknya anggota badan dan kadang-kadang disebabkan lemahnya bagian "tubuh" dalam menjalankan fungsinya.


Gangguan-gangguan yang disebabkan oleh "penyimpangan jaringan tubuh" antara lain :

1. Merasa kepanasan.


2. Merasa kedinginan.


3. Badan basah/lembab.


4. Badan kering.


5. Badan panas dan lembab.


6. Badan panas dan kering.


7. Badan kedinginan dan lembab.


8. Badan kedinginan dan kering.


Kesemuanya itu dapat diatasi dengan menambah, mengurangi, memutuskan, menyambung, melepaskan, memindahkan dan merubah sesuatu yang menyebabkan timbulnya penyakit itu sehingga tubuh dapat kemali menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Semua pekerjaan tadi dapat dilakukan dengan bantuan dokter sesuai dengan bidang keahliannya.

Rasulullah SAW memberikan cara pengobatan baik untuk penyakit rohani maupun penyakit jasmani, yaitu cara sugesti ubtuk memperteguh dan menguatkan jiwa serta semangat si sakit bagi kesembuhan penyakitnya.


Rasulullah menjenguk orang sakit, lalu bertanya tentang keadaan penyakitnya dan bagaimana asal mulanya. Kemuadian bertanya apa yang diinginkan si sakit. aselanjutnya, beliau meletakkan tangannya pada dahi (kening) si sakit dan kadang-kadang pada antara kedua susu si sakit seraya mendo'akan kesembuhannya. Beliau menerangkan apa yang baik dilakukan si sakit untuk kesembuhan penyakitnya, dan kadang-kadang belaiau menyapukan air wudlunya kepada si sakit. Lalu beliau berkata kepada si sakit : "Jangan khawatir, tidak apa-apa. Engkau sembuh Insya'Allah."

Inilah cara pengobatan yang paling indah yang dicontohkan oleh Rasulullah. Menunjukkan kasih sayang yang penuh kelembutan dan menyejukkan hati si sakit.


Ucapan-ucapan yang dapat menguatkan jiwa si sakit dalam menghadapi penyakitnya, membangkitkan semangatnya untuk sembuh akan berpengaruh besar bagi "tubuh" jasmaninya untuk menolak/ menghilangkan penyakit dan paling tidak mengurangi rasa sakitnya.


Sering kita lihat, dimana si sakit tiba-tiba sembuh dengan segera ketika dikunjungi oleh orang yang paling dicintainya atau orang yang paling dihormatinya. Ini tidak lain karena semangatnya bangkit kembali dan menggerakkan "jaringan tubuh"nya untuk berfungsi secara normal kembali.


(Sumber: Achmad Sunarto dalam bukunya yang berjudul "Pengobatan Penyakit Menurut Petunjuk Rasulullah SAW").

0 komentar: