Sabtu, 01 Agustus 2009

"B E N C A N A"

Ada beberapa perilaku yang dapat terhindar dari"bencana", antara lain :


1. DO'A.

Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barangsiapa hatinya terbuka untuk berdo'a, maka pintu-pintu rahmat akan dibukakan untuknya. Tidak ada permohonan yang lebih disenangi oleh Allah dari pada permohonan orang yang meminta keselamatan. Sesungguhnya do'a bermanfaat bagi sesuatu yang telah terjadi dan yang masih belum terjadi. Dan tidak ada yabg bisa menolak takdir kecuali do'a, maka berpeganglah, wahai hamba Allah, pada do'a." (Hadits yang diriwayatkan dari Abdullah ibn Umar).


Hadits ini merupakan salah satu di antara pelita kemilau yang sangat indah, karena disini Nabi SAW menjelaskan bahwa do'a dapat menghilangkan "bencana" yang telah jatuh dan dapat menggagalkan "bencana" yang akan turun. Maka bersiagalah wahai hamba Allah, untuk selalu berdo'a dan jangan sekali-kali meninggalkannya.


Allah akan menyambut permohonan hamba-Nya, seperti yang difirmankan-Nya dalam Al-Qur'an Surat Al-Mukmin Ayat 60 : "Berdo'alah kepada-Ku, niscaya Aku akan menyambut permohonanmu."


Hadts Riwayat Ahmad, Tirmidzi dan Hakim juga menjelaskan, Rasulullah bersabda : "Maukah kalian kuberitahu suatu do'a yang jika kalian memanjatkan do'a itu ketika ditimpa kesedihan atau "bencana", maka Allah akan menghilangkan "bencana" itu?" Para sahabat menjawab: "Ya, wahai Rasulullah," Rasul bersabda: "Yaitu, do'a Dzun Nun : La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minazhzhalimin (Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk diantara orang-orang yang dzalim)."


2.SEDEKAH.

Rasulullah SAW bersabda : "Sedekah dapat merubah takdir yang mubram (pasti)." (Hadits yang diriwayatkan dari Ali). Hadits yang lain juga menyebutkan, sabda Rasulullah SAW : "Setiap hari ada waktu sialnya. Tolaklah kesialan hari tersebut dengan bersedekah." Hadits Riwayat Ath-Thabrani juga menjelaskan, Rasulullah SAW bersabda :"Lindungilah harta kekayaanmu dengan zakat. Obatilah orang yang sakit di antara kamu dengan sedekah. Dan persiapkanlah do'a sebelum datang "bencana"."


3.TASBIH.









Hadits yang diriwayatkan Ibn Ka'ab, Rasulullah bersabda : "Subhanallah dapat mencegah turunnya azab". Hal ini juga difirmankan oleh Allah dalam Al-Qur'an Surat Ash Shaaffaat Ayat 143-144 : "Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat
Allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari kebangkitan."


4. Memperbanyak Bacaan SHALAWAT untuk Nabi SAW.

Sebagian orang shaleh mengatakan bahwa sesungguhnya diantara sebab terbesar yang dapat menolak takdir dan melenyapkan keruwetan hidup adalah banyak membaca shalawat untuk Nabi SAW. Karena sesungguhnya membaca shalawat untuk beliau termasuk perantara yang berguna untuk keamanan dari segala ketakutan dan mendapat penghargaan dari Allah dengan ketinggian derajat di surga. Dalil yang memperkuat argumentasi ini adalah Hadits yang diriwayatkan oleh Ubay ibn Ka'ab, bahwa seorang laki-laki telah mendedikasikan semua pahala shalawatnya untuk Rasulullah SAW, maka Nabi SAW berkata kepada orang tersebut : "Jika begitu, lenyaplah kesedihanmu, dan dosamu akan diampuni."


5. TAQWA.

Taqwa akan mendatangkan kebaikan dan menolak "bencana" dengan tanpa disangka-sangka. Hal ini seperti yang telah difirmankan oleh Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat Ath-Thalaq Ayat 2-3 : "Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya."





Allah juga berfirman dalam Surat Al-A'raaf Ayat 96 : "Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi."

6.Memperbanyak ISTIGHFAR.

Rasulullah bersabda : "Barangsiapa menetapi istighfar, maka Dia akan memberikannya jalan keluar dari setiap kesempitan, kebebasan dari setiap kesedihan, dan Dia akan memberinya rezki dari arah yang tidak diperhitungkannya." (HR. Abu Daud, Ibn Majah dan Imam Ahmad). Seperti yang difirmankan Allah dalam Al-Qur'an Surat Nuh Ayat 10-12 : "Maka aku katakan kepada mereka: Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, - sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun-, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai."

(Sumber : Ahmad Baghlabah dalam bukunya yang berjudul "Perilaku yang Dapat Memperpanjang Umur & Merubah Takdir")

0 komentar:


MusicPlaylistView Profile