Senin, 13 Juli 2009

"PIRANTI PENGETAHUAN"

"Manusia dilahirkan di dunia ini dalam keadaan bodoh tidak mengetahui apapun, dan kita dikaruniai "piranti" agar kita mempergunakannya dengan sebaik-baiknya."


"Piranti
pengetahuan" yang dikaruniakan kepada kita ini adalah berupa pendengaran, penglihatan dan hati nurani.


Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam
Al-Qur'an Surat An Nahl Ayat 78 :


" Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu sedang kamu tidak mengetahui sesuatu dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati supaya kamu bersyukur."



Pendengaran berfungsi untuk mengakses atau mendengarkan informasi dan berita-berita,
baik itu berita baik maupun
buruk. Dan kita mempunyai kewajiban untuk menyaring berita-berita ataupun informasi-informasi yang kita dengar.


Kita dikaruniai penglihatan yang fungsinya untuk melihat apapun yang ada di dunia ini. Kita bisa membedakan warna dengan mata. Bisa melihat orang tampan atau buruk rupa juga dengan penglihatan. Kita harus bisa mempergunakan penglihatan kita untuk kebaikan-kebaikan.



Hati nurani dikaruniakan kepada kita agar kita dapat memandang sesuatu didunia ini dengan hati itu. Baik buruknya manusia ini ditentukan oleh hati nurani ini. Manusia apabila hati nuraninya baik, maka baik pulalah seluruh jiwa yang ada dalam dirinya. Namun apabila hati nurani seseorang ini buruk, maka akan buruk pulalah jiwa yang ada dalam dirinya.


Manusia yang tidak mau mempergunakan "piranti" ini dengan baik, mereka ini derajadnya sama dengan binatang ternak. Bahkan Allah akan menempatkan orang-orang seperti ini ke dalam neraka jahanam, seperti yang difirmankan-Nya dalam Al-Qur'an Surat Al-A'raaf Ayat 179 :

"Dan sungguh Kami telah sediakan untuk (isi) neraka jahanam kebanyakan dari jin dan manusia; mereka mempunyai hati (tetapi) tidak memakai dengannya, mereka mempunyai mata, tetapi mereka tidak melihat dengannya, mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak mendengar dengannya. Mereka itu seperti binatang ternak bahkan mereka lebih sesat. Mereka itulah orang-orang yang lalai."


Dan berbahagialah bagi manusia yang mau mempergunakan "piranti-piranti" itu dengan baik, seperti yang dijanjikan Allah SWT, antara lain dalam firman-Nya dalam Al-Qur'an Surat Az-Zumar Ayat 18 :


"Yang mendengarkan perkataan, lalu mengikuti apa yang paling baik diantaranya. Mereka itulah orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan mereka itulah orang-orang yang berakal". 

Jadi kita dikaruniai "piranti-piranti" itu agar kita memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. "Piranti-piranti" itu dikaruniakan kepada manusia, agar manusia bisa menjadi khalifah di atas bumi ini. Semoga kita termasuk orang-orang yang mampu dan mau memanfaatkan "piranti-piranti" yang telah diamanahkan kepada kita. 

0 komentar: