Sabtu, 11 Juli 2009

"PEKERJAAN YANG HARUS SEGERA DILAKSANAKAN"

"Kalau kita me"laksanakan" suatu "pekerjaan" harus kita pikirkan terlebih dahulu, hal ini supaya tidak ada penyesalan di kemudian hari."





Namun ada beberapa kegiatan atau "pekerjaan" yang dalam ajaran agama Islam dianjurkan supaya "pekerjaan" itu harus segera di"laksanakan", yaitu :

1. "Pekerjaan" Pertama: Memberi makan tamu apabila tamu itu menginap. Apabila kita kedatangan tamu, kita harus memulyakan tamu kita. Kalau dalam adat Jawa, apabila kita kedatangan tamu, kita harus gupuh, lungguh, suguh. Jadi gupuh -- kita menyambut tamu dengan gembira tidak boleh malas-malasan atau merasa ogah-ogahan. Lungguh -- tamu yang datang kita persilahkan duduk dan kita ajak dialog dengan hati yang tulus. Suguh -- tamu yang datang kita beri hidangan minimal minuman. Apalagi apabila tamu yang datang itu menginap di rumah kita, tamu kita beri hidangan makanan seperti yang kita makan sehari-hari, dan tidak perlu mengada-ada-- apalagi sampai berhutang.


2. "Pekerjaan" Kedua: Mengurusi mayat/jenazah orang meninggal dunia. Apabila ada orang meninggal dunia, kita harus segera memandikannya, kemudian mengkafani dan menshalati jenazah tersebut. Kemudian harus segera memakamkan
nya, jangan sampai menginap di rumah sampai berhari-hari. Memakamkan jenazah ini yang lebih utama adalah di daerah dimana orang tersebut meninggal dunia.


3. "Pekerjaan" Ketiga: Menikahkan anak perempuan apabila sudah waktunya (baligh). Apabila kita mempunyai anak perempuan, apabila sudah waktunya menikah, kita dianjurkan untuk segera menikahkannya. Hal ini untuk menjaga agar tidak terjadi salah pergaulan seperti yang akhir-akhir ini banyak terjadi.


4. "Pekerjaan" Keempat: Membayar hutang apabila sudah jatuh tempo. Kita diwajibkan segera membayar hutang kita kepada orang lain apabila kita sudah mampu membayarnya. Kalau kita sudah memiliki uang, jangan sampai kita menunda-nunda untuk melunasi hutang kita. Jangan sampai uang yang ada malah kita pergunakan untuk keperluan lain, sehingga kita tidak bisa melunasinya lagi. Apabila anda merasa kesulitan dalam membayar hutang, ada amalan do'a yang bisa anda baca sebagai berikut :



 
Apabila anda membaca do'a di atas dengan bersungguh-sungguh, maka Insya'Allah anda akan dimudahkan jalan oleh Allah SWT mendapat rezki yang diridhai -Nya, sehingga anda akan mudah untuk melunasi hutang-hutang anda.


5. "Pekerjaan" Kelima: Bertaubat dari dosa-dosa yang terlanjur kita lakukan. Kita hidup di dunia ini bagaikan mampir minum, jadi jangan sampai kita menunda-nunda untuk bertaubat, karena kita sebagai manusia tidak mengetahui kapan kita akan mati. Kita bertaubat tidak perlu menunggu sampai kita tua, karena malaikat pencabut nyawa akan datang menjemput kita apabila sudah waktunya.


Jadi kita sebagai umat Islam, kita sangat dianjurkan untuk mensegerakan me"laksanakan" 5 (lima) "pekerjaan" diatas. Karena kelima "pekerjaan" diatas apabila tidak segera di"laksanakan" justru akan menimbulkan masalah yang baru lagi.

0 komentar: