Rabu, 13 Mei 2009

"InnER BeAUtY (CANTIK DARI DALAM)"

"Cantik" pada umumnya diartikan dengan bentuk tubuh proporsional, berkulit bersih, segar, berhidung mancung, bibir bak merah delima,......"



Kaum Hawa di semua kalangan , lebih-lebih pada mereka yang memiliki profesi dalam bidang pelayanan publik, sangat membutuhkan citra diri yang baik dan lengkap. Komponen citra diri yang baik dan lengkap ini dapat ditinjau dari FISIK dan NON FISIK.


FISIK.

Dari segi fisik, yang menjadi idaman setiap wanita adalah ingin selalu tampil "cantik".


"Cantik" pada umumnya diartikan dengan bentuk tubuh proporsional, berkulit bersih, segar, berhidung mancung, bibir bak merah delima, mata seperti bintang kejora, rambut laksana mayang terurai dan seterusnya..... yang bagus-bagus.


Upaya untuk mendapatkan ke"cantik"an fisik yang paling utama adalah dengan menjaga kesehatan dimulai dengan memperhatikan kebersihan, pola makan yang sehat, olah raga teratur dan perawatan yang tepat.


Dengan bekal tubuh yang sehat, wanita dapat mepersolek diri dengan menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan yang dimilikinya.


NON FISIK


Ke"cantik"an non fisik adalah sesuatu keindahan dari seseorang yang tidak dapat dilihat maupun diraba, namun dapat dirasakan. Misalnya: sikap baik, bijaksana, sabar, ramah, penyayang, perhatian, suka menolong, punya empaty tinggi dan seterusnya......... yang bagus-bagus tentunya...........


Seperti halnya ke"cantik"an fisik, untuk mendapatkan ke"cantik"an non fisik juga diperlukan upaya. Upaya untuk mendapatkan "inner beauty" secara maksimal antara lain acuannya adalah percaya diri dan positif thinking.


Seseorang bisa memiliki rasa percaya diri apabila ia memiliki kemampuan/kecerdasan spiritual, intelektual dan sosial. Memiliki kecerdasan spiritual antara lain akan menghasilkan : integritas atau kejujuran, energi atau semangat, inspirasi atau ide dan inisiatif, wosdom atau bijaksana, keberanian mengambil keputusan. Memiliki kecerdasan intelektual akan menghasilkan : sifat mandiri, teratur, keadilan, memiliki daya saing/mampu berkompetitif, berpandangan luas, cerdas/terampil, tegas dan penguasaan diri. Sedangkan memiliki kecerdasan sosial antara lain menghasilkan : ketentraman, setia, matang/dewasa dalam berpikir dan bertindak, perhatian, kemampuan bekerja sama, kesediaan mendukung orang lain dan kemapanan.


Seseorang yang positif thingking akan menuntun kita untuk dapat memiliki rasa ikhlas. Ikhlas dapat tercermin pada sikap yang tenang, sabar, pandai bersyukur, fokus /mudah konsentrasi dan selalu merasa bahagia.


Alangkah indahnya dunia ini, kalau kita dapat menciptakan "inner beauty" kita masing-masing, sehingga perdamaian di dunia ini akan terwujud dan konflik-konflik yang selama ini terjadi akan dapat dihindari. Marilah kita bersama-sama semaksimal mungkin memelihara keindahan dunia ini.......... dengan cara memupuk "inner beauty" kita dan selalu menjaganya..............


0 komentar: