Sabtu, 27 Februari 2010

"CARA MENURUNKAN KOLESTEROL YANG BERLEBIHAN"

Tingginya kadar "kolesterol" dalam darah merupakan faktor utama yang akan mengakibatkan terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke."



"Kolesterol" ini terdapat dalam berbagai jenis makanan. Untuk menghindarinya, para pakar menyaranlan supaya kita berhati-hati dalam memilih dan mengolah makanan. Tindakan berhati-hati ini sebenarnya tidak begitu sulit dan rumit, asalkan kita mau saja.


Inilah beberapa tips dalam rangka menghindarkan kadar "kolesterol" berlebihan dalam tubuh kita:


1. Pilihlah ikan, daging unggas dan daging murni. Keluarkan terlebih dahulu lemak yang masih menempel. Jumlah konsumsi yang dianjurkan ialah maksimal 6 ons per hari.


2. Kurangi konsumsi sosis dan daging olahan lain yang kandungan lemaknya tinggi.


3. Batasi konsumsi organ dalaman (jeroan), seperti hati, ginjal atau otak.


4. Kurangilah minum susu murni atau krim dan beralihlah ke susu skim (rendah lemak). Juga pilihlah yogurt dan keju bebas lemak atau berlemak rendah.


5. Hindarilah mengkonsumsi mentega, tetapi gunakanlah margarin cair atau minyak sayur cair yang mengandung lemak ganda-jenuh dan tunggal-jenuh. Upayakanlah menekan konsumsi lemak dan minyak.


6. Batasilah mengkonsumsi kuning telur. Sedangkan putih telur dapat sering dimakan karena tidak mengandung lemak atau "kolesterol".


7. Makanlah banyak sayur dan buah-buahan, dan juga sereal, roti, nasi dan pasta yang diolah dari biji-bijian utuh.


8. Hindarilah menghidangkan makanan yang digoreng, tetapi beralihlah ke makanan yang dipanggang dan direbus.


Itulah beberapa tindakan yang dapat menghindarkan kita dari "kolesterol" yang sangat membahayakan kesehatan kita apabila kita berlebihan mengkonsumsinya.

0 komentar:


MusicPlaylistView Profile