Sabtu, 30 Januari 2010

"DIARE DAN KHASIAT BUAH SAWO MUDA"

"Buah sawo" adalah buah yang enak dimakan apabila sudah matang, manis rasanya. Namun "buah sawo" yang masih "muda", juga berkhasiat untuk obat."



Buang Air Besar (BAB) merupakan mekanisme tubuh yang tidak dapat ditawar lagi. Kebiasaan BAB sangat bervariasi dan disesuaikan dengan usia dan disesuaikan dengan usia dan pola makan sehari-hari. Gangguan yang sering menyerang masalah seputar BAB adalah "diare".


Tidak jarang kita atau keluarga kita terkena penyakit "diare" atau mencret, namun setelah diobati tidak juga sembuh.


"Diare" dapat terjadi apabila proses pengeluaran air dan elektrolit terjadi secara berlebihan melalui usus dibandingkan dengan penyerapan kembali. "Diare" sering disebabkan oleh infeksi atau adanya bahan-bahan tertentu yang mengiritasi saluran cerna.


"Diare" dapat tidak membahayakan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi apabila frekwensinya berlebihan dapat mengakibatkan tubuh kekurangan cairan (dehidrasi). Ini tidak boleh dianggap sepele, kita perlu waspada. Apalagi bila dialami oleh anak-anak, sebab kehilangan cairan dalam waktu singkat menyebabkan tubuh mereka kekurangan cairan.


Ada dua macam "diare":

- "Diare" akut. Timbul secara mendadak dan berlangsung dalam beberapa hari. Biasanya disebabkan oleh infeksi usus, intoleransi makanan, keracunan makanan dan stres.

- "Diare" kronik. Biasanya berlangsung lebih lama sekitar dua minggu. Dapat mengakibatkan malnutrisi akibat tubuh kehilangan zat-zat gizi yang diperlukan.


Pengobatan/pencegahan "diare" dapat dilakukan di rumah:

- Hindari makanan/minuman yang merangsang saluran cerna.

- Mengkonsumsi makanan yang lunak.

- Cegah dehidrasi dengan minum air putih, teh atau larutan oralit.

- Segera ke dokter, apabila "diare" tidak dapat berhenti.

- Atau dengan mencoba resep tradisional yang biasanya dilakukan oleh orang dahulu.


Untuk mengatasi "diare", ternyata "buah sawo" yang masih "muda" solusinya. Cobalah resep tradisional berikut ini.


Pertama, petiklah "buah sawo" yang masih "muda" atau masih pentil, lalu cuci dan parut. Kemudian "buah sawo" "muda"yang sudah diparut tadi diperas untuk diambil airnya kira-kira satu sendok teh, setelah itu diminum.



Insya'Allah dalam waktu sehari, berkat ranuan "buah sawo" yang masih "muda", "diare" anda akan sembuh dan buang air besar normal kembali.


Selamat mencoba khasiat "buah sawo" yang masih "muda".


Semoga berhasil............


Perlu diingat ! "Diare" berhubungan pula dengan masalah higienis. Maka dari itu jangan lupa membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum makan/minum. Walaupun kelihatannya nasihat ini sangat sederhana, namun justru sering kita abaikan.

0 komentar: