Sabtu, 02 Maret 2013

"FILOSOFI WARNA HITAM"

"Warna" sering mendominasi dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari sosok individu sampai sebuah negara". 


Misalnya bendera negara kita merah dan putih. Ini adalah suatu simbol "warna" yang mempunyai makna. Hal ini juga dijumpai pada simbol-simbol organisasi, perkumpulan dan bahkan individu.

"Warna" juga bisa menggambarkan kepribadian kita. Seperti halnya manusia, setiap "warna" memiliki karakter tersendiri yang unik dan berbeda satu sama lain. Karakter yang dimiliki masing-masing "warna" diyakini dapat mewakili kepribadian yang ada pada diri kita.

"Warna" favorit adalah "warna" yang secara pribadi kita sukai, lepas dari pengaruh siapa dan apa pun. Jadi apabila ingin mengenali kepribadian seseorang secara tidak langsung, tanyakan saja "warna" favoritnya.

"Black" atau "hitam", tampaknya penggunaan "warna" ini seram/ horor. Dalam kosa kata bahasa Inggris kata "hitam" memberikan arti tersendiri, seperti: "black" death, "black"out, "black" cat, "black" list, "black" tie. Bagaimana penggunaan kata "hitam" pada kosa kata bahasa Indonesia? "Hitam" identik dengan lambang Anarkisme.

"Hitam" sering dikaitkan dengan kematian dan duka dalam berbagai budaya. Hal ini juga terkait dengan ketidakbahagiaan, seksualitas, dan formalitas. Di Mesir kuno, "hitam" merupakan simbol kehidupan dan kebangkitan, di budaya Barat Melambangkan kematian dan kesedihan juga menunjukkan "warna" simbol kekuasaan, ketangguhan, perlindungan, pengusiran, sesuatu yang negatif, mengikat, kekuatan, formalitas, misteri, kekayaan, ketakutan, kejahatan, ketidak bahagiaan, perasaan yang dalam, kesedihan, kemarahan, sesuatu yang melanggar , harga diri, anti kemapanan, seksualitas, kecanggihan, kematian. Sangat tepat untuk menambahkan kesan  misteri.

Latar belakang "warna hitam" dapat menampilkan perspektif dan kedalaman. Sangat bagus untuk menampilkan  karya seni atau fotografi karena membantu  penekanan pada "warna"-"warna" lain. Arti positif: perlindungan, dramatis, serius, bergaya/anggun, formalitas, sedangkan arti negatif: kerahasiaan, kematian, kejahatan/ malapetaka, kegaiban.

"Hitam" menyerap semua cahaya dalam spektrum "warna". "Hitam" sering digunakan sebagai simbol dari ancaman atau simbol jahat, tetapi juga terkenal sebagai indikator kekuasaan. "Warna hitam" digunakan untuk mewakili karakter curang seperti Dracula dan sering dikaitkan dengan Sihir.

Adapun "Hitam" mempunyai arti melambangkan Keanggunan (Elegance), Kemakmuran (Wealth) dan Kecanggihan (Sopiscated). "Hitam" adalah "warna" yang Independent dan Misteri "Warna hitam" sering dipakai di ruang anak remaja. Dalam pemilihan "warna" busana, dalam Fashion "hitam" sering digunakan untuk menunjukkan kesan kurus dan langgeng.

"Filosofi warna hitam" mengandung makna positif yaitu:
1. Mencerminkan keberanian
2. Pusat perhatian (terutama lawan jenis)
3. Ketenangan dan dominasi
4. Keteguhan,kekuatan dan keteguhan hati
5. Lebih menyukai yang alami daripada yang palsu.

Jika seseorang yang suka "warna hitam" ia merupakan orang yang cuek dan tidak memikirkan omongan orang terhadap dirinya. Baginya asal dia nyaman dia akan melakukan apapun yang mereka suka. Dalam pergaulan mereka cukup enak diajak berteman karena dapat memberikan solusi dalam masalah teman-temannya.  

"Warna hitam" juga melambangkan perlindungan, sesuatu yang negatif, mengikat, kekuatan, formalitas, misteri, perasaan yang dalam, kesedihan, kemarahan, harga diri. "Warna hitam" seringkali digunakan untuk menunjukkan kekuatan dan ketegasan seseorang.

POSITIF DAN NEGATIF "WARNA HITAM".

Arti Positif untuk "warna hitam": Adalah  Kecanggihan, glamor, keamanan, keselamatan emosional, efisiensi, substansi.

Sedangkan dalam arti yang Negatif: "Warna hitam" dapat diartikan Penindasan, dingin, ancaman, berat.
 
"Hitam" adalah semua "warna", benar-benar diserap. Implikasi psikologis yang cukup besar. Ini menciptakan hambatan pelindung, karena menyerap semua energi yang datang ke arah Anda. "Hitam" pada dasarnya adalah ketiadaan cahaya, karena tidak ada dalam panjang gelombang cermin oleh karena itu bisa jadi mengancam; banyak orang yang takut terhadap gelap. Secara positif, ia berkomunikasi kejelasan mutlak, tanpa nuansa halus. Ini mengkomunikasikan keunggulan kecanggihan dan tak kenal kompromi dan bekerja sangat baik dengan putih. "Hitam" punya reputasi buruk. "Warna" ini dipakai oleh para penjahat di komik atau film. "Hitam" juga melambangkan duka dan murung. Tapi, "hitam" juga punya sisi lain, misalnya saja untuk menyatakan sesuatu yang abadi, klasik, dan secara universal dianggap sebagai "warna" yang melangsingkan.

Kapan dipakai: Khawatir Anda akan memakai gaun dengan "warna" sama dalam pesta? Tambahkan sedikit keceriaan, misalnya gunakan perona mata cerah, kalung bebatuan, cat kuku "warna" merah, atau stiletto warna silver. "Warna hitam" mudah dipadukan dengan aksesori jenis apa pun.
 
Sumber:
1. desy-r.blogspot.com/.../filosofi-warna-hitam-dalam-kepribadiaan_4646.html
2. www.pabriktasbandung.com/free-tutorial/arti-warna-logo.html
3. notesanom.wordpress.com/2011/02/.../arti-warna-hitam-black-is-good/
4. edukasi.kompasiana.com/.../11-makna-warna-untuk-personality-anda-457313.html
5. uripsantoso.wordpress.com/.../arti-warna-dalam-kehidupan-sehari-hari/

0 komentar:


MusicPlaylistView Profile