Sabtu, 27 Februari 2010

"CARA MENURUNKAN KOLESTEROL YANG BERLEBIHAN"

Tingginya kadar "kolesterol" dalam darah merupakan faktor utama yang akan mengakibatkan terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke."



"Kolesterol" ini terdapat dalam berbagai jenis makanan. Untuk menghindarinya, para pakar menyaranlan supaya kita berhati-hati dalam memilih dan mengolah makanan. Tindakan berhati-hati ini sebenarnya tidak begitu sulit dan rumit, asalkan kita mau saja.


Inilah beberapa tips dalam rangka menghindarkan kadar "kolesterol" berlebihan dalam tubuh kita:


1. Pilihlah ikan, daging unggas dan daging murni. Keluarkan terlebih dahulu lemak yang masih menempel. Jumlah konsumsi yang dianjurkan ialah maksimal 6 ons per hari.


2. Kurangi konsumsi sosis dan daging olahan lain yang kandungan lemaknya tinggi.


3. Batasi konsumsi organ dalaman (jeroan), seperti hati, ginjal atau otak.


4. Kurangilah minum susu murni atau krim dan beralihlah ke susu skim (rendah lemak). Juga pilihlah yogurt dan keju bebas lemak atau berlemak rendah.


5. Hindarilah mengkonsumsi mentega, tetapi gunakanlah margarin cair atau minyak sayur cair yang mengandung lemak ganda-jenuh dan tunggal-jenuh. Upayakanlah menekan konsumsi lemak dan minyak.


6. Batasilah mengkonsumsi kuning telur. Sedangkan putih telur dapat sering dimakan karena tidak mengandung lemak atau "kolesterol".


7. Makanlah banyak sayur dan buah-buahan, dan juga sereal, roti, nasi dan pasta yang diolah dari biji-bijian utuh.


8. Hindarilah menghidangkan makanan yang digoreng, tetapi beralihlah ke makanan yang dipanggang dan direbus.


Itulah beberapa tindakan yang dapat menghindarkan kita dari "kolesterol" yang sangat membahayakan kesehatan kita apabila kita berlebihan mengkonsumsinya.

"KOPI, KHASIAT DAN BAHAYANYA"

"Kopi" telah menjadi salah satu bagian hidup masyarakat urban yang cenderung memiliki gaya hidup serba praktis dan serba cepat."


Dengan mengkonsumsi "kopi" setiap hari, sebagian dari mereka merasa lebih percaya diri menjalani aktivitas sehari-hari karena khasiat "kopi" dikenal mampu membangkitkan tenaga yang sangat diperlukan para pekerja untuk menghadapi beragam situasi dan kondisi.

Sejak zaman dahulu hingga kini, "kopi" dalam bentuk apa pun tetap dicari dan diminati karena aroma khasnya mampu 'membius' indra penciuman yang akhirnya merangsang otak untuk memproduksi suatu zat yang menenangkan saraf.

Tanaman "kopi" ditemukan pertama kali oleh seorang penggembala di Etiopia sekitar lebih dari 1.000 tahun yang lalu.


Tanaman "kopi" merupakan salah satu genus dari famili Rubiaceae. Genus "kopi" memiliki sekitar 100 species. Akan tetapi dari 100 species ini hanya 2 jenis yang memiliki nilai ekonomis, yaitu Robusta dan Arabica.


Bagi penggemar "kopi", secangkir "kopi" hangat dapat menjadi sumber inspirasi. Memang tak heran, saat diseduh, aroma "kopi" yang merangsang menggugah selera. "Kopi" dapat menjadi teman penghangat pagi atau pengusir dingginnya udara di waktu malam hari. Tidak hanya sampai disitu.... "Kopi" sudah menjadi ajang gaul. Dapat kita lihat saat ini, di mal-mal tersedia cafe yang menyajikan minuman "kopi" yang khas. Bahkan di beberapa negara, minum "kopi" sudah menjadi tradisi.


Pada saat ini, beragam sajian "kopi" tubruk yang original ataupun yang sudah dikemas dengan tambahan gula dan krim hingga "kopi" racik dengan tambahan bahan khusus seperti ginseng, jahe dan sebagainya. Di seluruh dunia, orang menyukai "kopi".


KHASIAT "KOPI".

Minum "kopi" kental memang memberikan kenikmatan tersendiri bagi penggemarnya. Namun kalau membuat tidak sehat, barangkali kita akan berpikir dua kali untuk meminumnya. Apabila diminum dalam ukuran sewajarnya, minum "kopi" malah banyak berkhasiat bagi tubuh kita.


Pada dosis moderate 300 mg (sekitar 5 cangkir "kopi" instant), "kopi" (kafein) memberikan efek yang bagus untuk tubuh kita, misalnya menurunkan kelelahan, memperbaiki mood, reaksi dan ketekunan. Selain itu "kopi" (kafein) juga dapat memperbaiki performance fisik. "Kopi" (kafein) juga diketahui mampu meningkatkan produksi adrenalin, suatu signal fight or flight, yaitu kondisi siap tempur.


Meningkatnya hormon adrenalin akan meningkatkan denyut nadi, meningkatkan tekanan darah, dan melebarkan saluran napas. Hormon ini juga mengakibatkan hilangnya nafsu makan, karena makan bukan merupakan hal yang prioritas pada proses bertempur.


Selain adrenalin, "kopi" (kafein) meningkatkan pula kadar dopamin. Dopamin merupakan suatu neorotransmiter pengontrol emosi dan peningkatan dalam jumlah besar di lokasi otak tertentu memberi rasa nyaman/senang.


"Kopi" (kafein) juga memiliki efek menghilangkan rasa kantuk, meningkatkan kewaspadaan, mengurangi rasa sakit kepala karena pelebaran pembuluh darah dan memberi rasa segar dan nyaman. Untuk efek ergo-genik (efek memperbaiki kerja otot karena konsentrasi "kopi"/kafein tertinggi terdapat di otot) yaitu menurunkan kelelahan otot, menurunkan produksi laktat yang merupakan sisa metabolisme energi otot yang menimbulkan rasa pegal-pegal dan meningkatkan kontraktilitas otot karena "kopi"/kafein meningkatkan efektivitas pertukaran ion kalsium.


"Kopi"/kafein dapat pula meningkatkan penggunaan asam lemak bebas sebagai sumber energi olah raga jenis endurance. "Kopi" juga tidak mengakibatkan dehidrasi, tidak menyebabkan osteoporosis, apabila ditambahkan 2 (dua) sendok makan susu per hari. Selain itu, terjadinya peningkatan tekanan darah akibat "kopi" hanya sesaat. Sementara itu, untuk mencegah ketergantungan atau kecanduan, sebaiknya meminum "kopi" tidak lebih dari 5 (lima) cangkir per hari dan tidak meminum "kopi" setelah jam 4 (empat) sore.


Meminum secangkir "kopi" setiap hari dapat membantu melindungi kanker hati. Seseorang yang minum satu atau dua cangkir "kopi" kecil kemungkinan terkena resiko penyakit kanker hati. Seseorang yang minum "kopi" sedikitnya lima cangkir per hari berkurang resiko kanker hati sampai 3/4.


Anti oksidan yang terkandung dalam "kopi", diyakini bertanggung jawab memiliki dampak protektif. Anti oksidan adalah kimiawi yang menyerang penyakit akibat radikal bebas yang menyebabkan kerusakan jaringan. Sebenarnya tidak hanya "kopi" yang mengandung kafein, beberapa jenis makanan lain pun mengandung kafein dalam kadar yang berbeda. Bagi mereka yang meminum "kopi" moderat (sekitar lima cangkir per hari), disarankan untuk meminum segelas susu per hari. (Sumber: Majalah "d'Medivo" Media Komunikasi & Informasi RSUD Sidoarjo, Edisi 2 ! Juli 2009).


BAHAYA "KOPI".

Meminum "kopi" yang melebihi dosis, yaitu lebih dari 5 (lima) cangkir per hari, justru dapat membahayakan kesehatan kita. Kita harus lebih waspada, karena sebuah penelitian memperlihatkan bahwa "kopi" mungkin dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah kita.


Johns Hopkins University di Baltimore, Maryland, telah menganalisa 14 penelitian yang telah dipublikasikan sebelumnya. Mereka mencari kaitan antara konsumsi "kopi" dan meningkatnya kadar kolesterol.


Hasil penelitian ini, menemukan bahwa dengan rata-rata meminum enam cangkir "kopi" sehari, akan meningkatkan kadar kolesterol total secara bermakna, yaitu kadar kolesterol LDL (jahat) dan trigliserida, tetapi bukan kolelterol HDL (baik).


Namun, bagi orang-orang yang meminum "kopi" yang telah disaring dapat sedikit berlega hati, karena hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak "kopi" pada "kopi" yang kental merupakan pencetus utama meningkatnya kadar kolesterol dalam darah.


Dari percobaan terlihat bahwa "kopi" yang telah direbus atau yang tidak disaring memberikan efek meningkatnya kolesterol yang lebih tinggi dibanding dengan "kopi" yang telah disaring sebelumnya.


Jadi, apabila "kopi" dikonsumsi tidak berlebihan akan banyak berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita. Namun sebaliknya, apabila kita mengkonsumsi "kopi" secara berlebihan, justru akan membahayakan kesehatan kita. Semua yang kekurangan atau kelebihan, memang tidak baik. Dalam hal apapun kita harus seimbang. Termasuk konsumsi "kopi" kita dalam kehidupan sehari-hari.

Sabtu, 13 Februari 2010

"MANFAAT PISANG DALAM DUNIA KEDOKTERAN"

"Buah "pisang" dikonsumsi oleh mayoritas penduduk dunia, bahkan di beberapa negara, "pisang" merupakan makanan pokok."


Buah "pisang" sangat kaya akan vitamin sebagai sumber energi dan kalori bagi tubuh. Buah "pisang" mengandung:

-. Kadar gula yang sangat tinggi, yaitu mencapai 24 % dari besar buahny
a.

-. Air sebanyak 70 - 78 %.


-. Protein sebanyak 0,34 - 1,2 %.

-. Lemak sebanyak 0,4 - 0,9 %.

-. Selulosa sebanyak 0,5 - 1 %.

-. Vitamin A, B1, B2, B6 dan B12,
C.

-. Garam mineral.

-. Potasium.


-. Kalsium, zat besi, tembaga, kalium dan fosfor (yang disebut garam cerdas).

-. Zat pectin.

Disamping itu, "pisang" juga mengandung zat kanji dan zat tanin.


"Pisang"
merupakan buah yang sangat penting dan dikonsumsi oleh masyarakat karena disamping harganya bisa dijangkau juga karena mempunyai banyak manfaat, antara lain:


1. Sebagai anti penuaan dini.

2. Sumber energi bagi tubuh.

3. Sumber vitamin A, B dan C bagi
tubuh.

4. Mengandung banyak garam
mineral.

5. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Membantu pertumbuhan otak.

7. Membantu mengobati borok lambung.


Selain sebagai makanan, buah "pisang" juga merupakan obat bagi orang yang kelelahan, orang yang kurus dan orang yang menderita berbagai penyakit, misalnya penyakit jantung, ginjal, lever dan lain-lain.


Namun, buah "pisang" tidak cocok bagi penderita diabetes dan obesitas, karena "pisang" mengandung zat gula. Selain itu, buah "pisang" juga tidak banyak mengandung serat polyesten) sehingga bagi penderita sembelit disarankan untuk tidak makan "pisang" dalam jumlah banyak.

(Sunber: Ensiklopedi Kemukjizatan Ilmiah Dalam Al-Qur'an dan Sunah).

"MU'JIZAT DAN KEAGUNGAN AL-QUR'AN"

"MU'JIZAT SPIRITUAL "AL-QUR'AN".


Mengapa "Al-Qur'an" dapat berpengaruh pada diri seseorang?"


Sesungguhnya "Al-Qur'an" dengan gaya bahasanya yang indah, selalu berupaya untuk menyampaikan kebenaran kepada umat-Nya.


Allah SWT berfirman dalam "Al-Qur'an" Surat Al-Kahf Ayat 54: "Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulangi bagi manusia dalam "Al-Qur'an" ini bermacam-macam perumpamaan".


Hal ini supaya umat manusia selalu kembali ke kebenaran. Seperti yang telah difirmankan Allah dalam "Al-Qur'an" Surat Az-Zumar Ayat 23: "Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) "Al-Qur'an" yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengungat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tidak ada baginya seorang pemimpinpun".


Gaya bahasa "Al-Qur'an" yang indah dapat meluluhkan kekerasan hati dan menempatkan kebenaran dalam pikiran manusia. Secara simultan, gaya bahasa "Al-Qur'an" yang indah dan bagus dapat membangkitkan mental dan spiritual para pendengarnya. Setelah itu, disertai tuntunannya.


MU'JIZAT ILMIAH "AL-QUR'AN".

Sepanjang sejarah, "Al-Qur'an", selalu bersikap konsisten dan fair terhadap penemuan-penemuan baru yang dihasilkan oleh ilmu pengetahuan. Tentunya hal ini menunjukkan akan kebenaran dan "keagungan" "Al-Qur'an" sepanjang masa.


"Al-Qur'an" menjelaskan tentang fenomena alam sebagai tanda-tanda "keagungan" Tuhan di alam semesta yang sangat luas ini. Misalnya dalam Surat Al-Furqon Ayat 53: "Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan), yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi."


Allah SWT juga berfirman dalam "Al-Qur'an" Surat An-Naml Ayat 61: "Atau siapakah yang telah menjadikan bumi sebagai tempat berdiam dan yang menjadikan sungai-sungai di celah-celahnya, dan yang menjadikan gunung-gunung untuk (mengokohkannya) dan menjadikan suatu pemisah antara dua laut?. Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) kebanyakan dari mereka tidak mengetahui."


Dari ayat-ayat tadi, harus kita pahami bahwa pengetahuan tentang rahasia alam yang sangat unik itu berasal dari "Al-Qur'an" yang diturunkan langsung oleh Allah kepada hamba-Nya, Muhammad SAW.


Salah satu bukti bahwa "Al-Qur'an" adalah memang benar-benar wahyu Illahi yang mengandung mu'jizat, adalah firman Allah dalam "Al-Qur'an" Surat Al-Baqarah Ayat 23: "Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang "Al-Qur'an" yang Kami wahyukan kepada hamba Kami Muhammad, maka buatlah satu surat saja yang semisal "Al-Qur'an" itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang memang benar."


Dapat disimpulkan, bahwa beberapa keutamaan dan "keagungan" "Al-Qur'an", diantaranya adalah:


-. Keelokan kata-kata dan kalimat "Al-Qur'an".

-. Kesesuaian kata dengan kondisi dan keadaan.


-. Kata-kata yang ringkas tetapi mengandung pengertian yang luas.


-. Kalimatnya yang panjang tetapi tidak membosankan.


-. Ketinggian bahasa dan ungkapan.


-. Rahasia-rahasia ilmiah yang baru diketemukan.


-. Hukum-hukum agama yang tetap relevan dengan segala kondisi dan jaman.


-. Kisah-kisah umat yang telah silam.


-. Daya tarik spiritualnya yang mampu mempengaruhi jiwa dan akal manusia.


(Sunber: "Keagungan" Kitab Suci "Al-Qur'an", oleh Dr. Moh. Samir Halabi).

Jumat, 05 Februari 2010

"KHASIAT DARAH KAMBING SEGAR"

"Kalau kita menyembelih "kambing", "darah kambing" yang masih "segar" kita buang begitu saja. Padahal "darah kambing" yang masih "segar" mempunyai khasiat untuk obat".



"Darah kambing" yang masih "segar" dapat membasmi kutu air atau gatal-gatal karena penyakit eksim, yaitu sejenis penyakit gatal-gatal biasanya terdapat di sela-sela jari kaki maupun jari tangan, kadang juga pada sudut bibir.


Apabila anda sudah berobat dan masih belum sembuh, maka anda dapat mencoba dengan mengobati secara tradisional, yaitu mencoba khasiat "darah kambing" yang masih "segar" sebagai berikut:


Gosokkanlah telapak kaki yang terserang kutu air atau eksim tersebut pada genangan "darah kambing" yang masih "segar" sampai cairan "darah kambing" tersebut mengental. Biarkan beberapa saat, kemudian cuci kaki anda dengan air hangat suam-suam kuku sampai bersih.


Dalam beberapa hari telapak kaki anda akan sembuh atau pulih kembali seperti semula. Lakukanlah..... Apabila anda punya "darah kambing"...... Manfaatkanlah "darah kambing" tersebut untuk obat kaki anda yang terserang gatal-gatal.






Selamat mencoba. Semoga gatal-gatal anda dapat sembuh.

"KHASIAT JAGUNG MUDA"

"Jagung muda" memang banyak sekali manfaatnya. Dibakar rasanya lezat, dimasak sayur atau digoreng juga enak".



"Jagung muda" disamping enak dimakan, berkhasiat pula untuk mengobati bekas cacar air. "Jagung muda" sangat berjhasiat untuk menghilangkan bintik merah bekas cacar air di badan.


Caranya sangat mudah. Parutlah "jagung muda" lalu gosokkan pada wajah atau bagian badan yang berbintik merah. Lakukan hal itu secara kontinew, teratur.

Insya'Allah bekas cacar di tubuh akan lenyap.


Selamat mencoba khasiat "jagung muda"............ Semoga berhasil............

Rabu, 03 Februari 2010

"MELAHIRKAN DENGAN MUDAH TANPA RASA SAKIT"

"Wanita atau seorang ibu yang sedang mengandung tentu mereka mengharapkan "melahirkan" dengan "mudah dan tanpa sakit"



Persalinan yang sukar dan lama akan membahayakan kesehatan ibu maupun bayi yang dikandungnya. Apabila anda atau keluarga anda akan "melahirkan" dapat mencoba resep secara tradisional berikut ini. Biayanya cukup murah dan mudah didapatkan.



Pada waktu anda atau keluarga anda mengandung enam bulan, minumlah satu sendok minyak kelapa seminggu tiga kali. Apabila kandungan sudah berumur sembilan bulan lakukan lebih sering yaitu setiap hari.



Apabila memungkinkan, minyak kelapa buatan sendiri untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Namun jangan lupa berdo'a pada Yang Maha Kuasa setiap saat supaya kelak dapat "melahirkan" dengan "mudah" dan cepat "tanpa rasa sakit". Dan mudah-mudahan Tuhan memberikan seorang putra atau putri yang sehat.


Selamat mencoba. Semoga anda atau keluarga anda dapat "melahirkan" dengan "mudah" dan "tanpa rasa sakit".


MusicPlaylistView Profile