Jumat, 04 Oktober 2013

"MANFAAT/KHASIAT JAMBU AIR"

"Salah satu buah yang banyak dijumpai di pekarangan masyarakat, khususnya di Indonesia, adalah "Jambu Air".




Tanaman yang satu ini memang cukup mudah tumbuh khususnya di wilayah tropis macam Indonesia. "Jambu Air" sendiri merupakan anggota dari kerabat Myrtaceae dan dikabarkan berasal dari Asia Tenggara. Sama seperti namanya, "Jambu Air" ini memang memiliki kandungan "air" yang melimpah di setiap buahnya. Hal ini yang menjadikan ia begitu nikmat dan segar saat disantap. Banyak yang menjadikannya buah pelepas dahaga oleh karena efeknya yang memang membuat tubuh lebih fresh. Selain kandungan "air" yang melimpah, buah dengan warna cerah yang satu ini juga mengandung sejumlah senyawa. Hal ini kemudian menjadikan "manfaat jambu air" menjadi beragam bagi kesehatan pun kecantikan. Tak percaya?

"Jambu Air", pasti kita semua telah familiar dengan buah yang satu ini, buah yang mempunyai beragam jenis serta varietas, buah yang mempunyai banyak bentuk dan warna yang bermacam ada yang hijau, orange, merah serta kaya kandungan "air". "Jambu Air" juga merupakan bahan pokok didalam pembuatan rujak buah-buahan, dikarenakan selain kandungan "air"nya yang amat banyak dan segar, rasanya juga semakin menambah enaknya rujak buah kita, bukan sekedar untuk rujak saja, "Jambu Air" juga amat enak untuk dinikmati pada saat cuaca panas sebagai pelepas dahaga. tetapi tahukan anda "Manfaat jambu air" untuk kesehatan tubuh.ini? Hal ini karena selain mengandung banyak "air", "Jambu Air" juga mempunyai zat-zat lain yang amat ber"manfaat" didalam pengobatan bermacam penyakit, diantaranya adalah bunga "Jambu Air" memiliki kandungan zat tanin yang ber"manfaat" sebagai obat diare serta demam. 

KANDUNGAN YANG TERDAPAT DALAM "JAMBU AIR".

Kandungan gizi didalam Jambu Air sesungguhnya bukan hanya terbatas padaAir, Vitamin A dan Vitamin C saja, tetapi juga memiliki kandungan serat yang tinggi, mineral yang berbentuk kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga, mangan, protein, asam sitrat serta asam sulfuric. untuk lebih jelasnya silakan di lihat pada daftar kandungan jambu air di bawah ini.

jambu Air
Jambu Air

Dalam 100g Jambu Air terkandung :

Water (Air)     93 g
Energy    25 kcal
Energy  105 kj
Protein     0.6 g
Total lipid (fat)     0.3 g
Ash     0.4 g
Carbohydrate, 5.7 g
Calcium, Ca     29 mg
Iron, Fe     0.07 mg
Magnesium, Mg     5 mg
Phosphorus, P     8 mg
Potassium, K     123 mg
Zinc, Zn     0.06 mg
Copper, Cu     0.016 mg
Manganese, Mn     0.029 mg
Vitamin C, 22.3 mg
Thiamin     0.02 mg
Riboflavin     0.03 mg
Niacin     0.8 mg
Vitamin A, RAE     17 mcg_RAE
dan kandungan gizi lain seperti : protein, zat besi, kalsium, fosfor, asam sitrat dan asam sulfurik.

"MANFAAT" DAN "KHASIAT JAMBU AIR".

1. Cegah Dehidrasi
Jambu air memiliki kadar "air" yang cukup tinggi. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan "air" dalam setiap 100 gram "jambu air" bisa mencapai 93% sehingga efektif untuk mencegah dehidrasi. Kandungan "air" yang melimpah dan segar tersebut juga dapat membantu meningkatkan mood baik bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Jadi
"Manfaat jambu air" yaitu dapat mencukupi keperluan "air" tubuh dikarenakan kandungan "air"nya meraih 93% dari tiap-tiap buahnya. ini artinya didalam 100 gram buah "jambu air", terdapat lebih kurang 93 gram "air". kandungan "air" inilah yang mengakibatkan tubuh anda terasa lebih Segar
 
2. Menjaga kesehatan mata
"Jambu air" juga dilengkapi dengan vitamin A. Seperti kita ketahui bahwa vitamin A diperlukan mata agar tetap berfungsi optimal seiring bertambahnya usia, serta menambah imunitas tubuh dengan mendongkrak kinerja sel darah putih atau leukosit yang disebut antibodi serta antivirus. Mengonsumsi "jambu air" juga baik untuk mengatasi mata lelah akibat bekerja terlalu lama di depan layar komputer. Kekurangan vitamin A terjadi pada orang yang terinfeksi HIV.
 
3. Untuk Kecantikan 
Selain kita mendapatkan kesehatan dari buah ini, ternyata buah ini juga bisa mendatangkan kecantikan bagi yang mengkonsumsinya. Hal itu disebabkan karena buah ini mengandung vitamin C. Vitamin ini selain untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit juga dikenal untuk meremajakan kulit dari dalam. Vitamin C yang terkandung didalam "Jambu Air" juga cukup tinggi. Pada setiap 100 gram "jambu air", terkandung Vitamin C sebesar 22 mg yang hampir setara dengan Jeruk Mandarin.Vitamin C mempunyai "Manfaat" sebagai antioksidan yang dapat melindungi Kesehatan sel, meningkatkan Penyerapan zat besi, serta melakukan perbaikan mutu sperma dengan menghindar radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan pembungkus sperma. Dalam Perawatan kecantikan, Vitamin C mempunyai peran sangat penting dan mutlak. Dalam melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih Segar..Vitamin C akan merangsang pembentukan kolagen kulit serta menjaganya dari kerusakan. Vitamin C mempunyai karakter sebagai water holder ( menyimpan "air" ) hingga dapat melindungi kelembapan kulit serta mencegahnya dari kekeringan. 
 
4.  Obat Penurun Panas atau Demam.
Di sebagian Negara di Asia, Bunga "Jambu Air" sering dipakai sebagai obat demam serta diare, dikarenakan bunga "Jambu Air" memiliki kandungan Tanin, serta zat-zat Fitokimia berbentuk Asam Oleanik, Bsitosterol, serta desmethoxymatteucinol ( zat antibiotik yang melawan jamur sebagai pemicu penyakit, diantaranya Staphylococcus aureus, Mycobacterium Smegmatis, serta Candida Albicans. Disampaing buah serta pohon yang amat berguna, daun dari "Jambu air" juga dapat dipakai untuk obat turunkan panas. Caranya cukup gampang Yaitu rebus "air", sesudah itu remas daun "jambu air" tersebut sampai kecil-kecil serta masukkan ke didalam "air" hangat atau panas yang telah ditaruh di baskom. lantas ambillah handuk kecil celupkan ke "air" panas yang telah dicampuri daun "jambu air". Aroma daun "jambu air" yang harum dapat berikan ketentraman atau artinya rilexasing. tak hanya itu, aroma daun "jambu air" juga menetralkan bau keringat dari tubuh, dikarenakan biasanya orang sakit tidak diperbolehkan mandi. sesudah dikompres dengan rebusan "air" yang dicampuri daun "jambu", rasakan kedamaiannya terlebih bila semua tubuh diusap dengan rebusan "air" tersebut tentu terasa enak.  
 
5.  Tingkatkan kesuburan
Tidak ada yang menyangka jika buah yang satu ini juga baik untuk membantu meningkatkan kesuburan pria. Kandungan vitamin C dalam "jambu air" berfungsi sebagai antioksidan yang ber"manfaat" untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh, termasuk sel-sel sperma dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.
 
6.  Cegah diare
Menurut PK Warrier dari Universitas Purdue, ekstrak biji "jambu air" dapat digunakan untuk mencegah diare. Bahkan di India, ramuan bunga "jambu air" sering digunakan sebagai obat penurun panas dan demam pada anak-anak.
 
7. Untuk Memelihara Ginjal
Untuk memelihara kesehatan ginjal juga dianjurkan untuk banyak mengonsumsi buah dengan kandungan air yang banyak ini. Ini karena asam urine dan urea yang mengotori ginjal dapat dibersihkan dengan cairan tadi. Sebagaimana kita ketahui batu ginjal bisa terjadi karena ginjal dalam keadaan kurang cairan yang pada akhirnya menyebabkan tidak lancar dalam mengeluarkan kotoran, selanjutnya terbentuklah batu ginjal.
 
8. Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh.
"Khasiat jambu air" lainnya adalah buah ini bisa sebagai sumber vitamin A alami. Vitamin A mempunyai fungsi sebagai sumber peningkat imunitas dalam tubuh. Dengan mengonsumsi vitamin A secara cukup, kekebalan tubuh akan baik. Selain itu vitamin A juga dapat berfungsi sebagai penambah cara kerja sel darah putih dan penjaga kesehatan mata. 
 
Anda tidak begitu menyukai buah "jambu air" ini? Sepertinya tidak bijak bila tidak menyukai buah ini dikarenakan banyak sekali "manfaat"nya.Jadi, tunggu apalagi? Sering - seringlah mengkonsumsi buah "jambu air" ini!

Semoga ber"manfaat"
 
Sumber:
1. organ1k.blogspot.com/.../kandungan-dan-manfaat-ja...
2. www.waspada.co.id/index.php?...khasiat-jambu-air...
3. infobuahjambu.blogspot.com/.../beragam-manfaat-ja...
4. inovasikesehatan.blogspot.com/.../manfaat-jambu-air....
5. ormitamedia.com › Kesehatan
6. blog-kangsun.blogspot.com/.../manfaat-buah-jambu-a...
7. wichaa.blogspot.com/Khasiat-Jambu-air.....
8. manfaat-buah-sayur.blogspot.com/manfaat-buah.... 
9. laely.widjajati.photos.facebook/Bismillahir-Rahmanir-Rahiim...Moga-Aktivitas-Hari.....

0 komentar:


MusicPlaylistView Profile