Sabtu, 24 November 2012

"KHAYALAN SOSIOLOGIS (BAHASAN SOSIOLOGI)

"Khayalan Sosiologis" sebagai cara yang diperlukan untuk memahami apa yang terjadi di masyarakat maupun yang ada dalam diri manusia". 


Menurut Wright Mills, dengan "Khayalan Sosiologis", kita mampu memahami sejarah masyarakat,  riwayat hidup pribadi, dan hubungan antara keduanya. Alat untuk melakukan "Khayalan Sosiologis" adalah permasalahan (troubles) dan isu (issues). Permasalahan pribadi individu merupakan ancaman terhadap nilai-nilai pribadi. Isu merupakan hal yang ada di luar jangkauan kehidupan pribadi individu.Contoh, jika suatu daerah hanya memiliki satu orang yang menganggur, maka pengangguran itu adalah masalah. Masalah individual ini pemecahannya bisa lewat peningkatan keterampilan pribadi. Sementara jika di kota tersebut ada 12 juta penduduk yang menganggur dari 18 juta jiwa yang ada, maka pengangguran tersebut merupakan isu, yang pemecahannya menuntut kajian lebih luas lagi.

Mills didefinisikan "Khayalan Sosiologis" sebagai "kesadaran yang jelas tentang hubungan antara pengalaman dan masyarakat yang lebih luas."
"Khayalan Sosiologis" adalah kemampuan untuk beralih dari satu perspektif yang lain: dari politik ke psikologis; dari pemeriksaan dari keluarga tunggal untuk penilaian komparatif dari anggaran nasional dunia; dari sekolah teologi untuk pembentukan militer; dari pertimbangan industri minyak untuk studi puisi kontemporer.

"Khayalan Sosiologis": Penerapan berpikir imajinatif untuk bertanya dan menjawab pertanyaan "sosiologis". Seseorang menggunakan "Khayalan Sosiologis" menganggap dirinya menjauh" dari rutinitas kehidupan sehari-hari akrab. (Glidden A12)

Cara lain untuk menggambarkan "Khayalan Sosiologis" adalah pemahaman bahwa hasil sosial dibentuk oleh konteks sosial, aktor, dan tindakan sosial. Untuk memperluas definisi tersebut, itu adalah pemahaman bahwa beberapa hal dalam masyarakat dapat menyebabkan hasil tertentu. Para aktor yang disebutkan dalam definisi hal-hal seperti norma dan motif, konteks sosial seperti negara dan periode waktu dan tindakan sosial adalah hal yang kita lakukan yang mempengaruhi orang lain. Hal yang kita lakukan adalah dibentuk oleh situasi kita berada, nilai-nilai kita, cara orang di sekitar kita bertindak, dan bagaimana semua berhubungan dengan beberapa jenis hasil. "Khayalan Sosiologis" juga dapat dianggap sebagai kemampuan untuk melihat hal-hal sosial, bagaimana mereka berinteraksi, dan saling mempengaruhi.

"Khayalan Sosiologis" juga dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk melihat bagaimana situasi "sosiologis" bermain keluar karena bagaimana orang berbeda dan keadaan sosial berbeda. Ini adalah cara berpikir tentang hal-hal dalam masyarakat yang telah menyebabkan semacam hasil, dan memahami apa yang menyebabkan menyebabkan hasil tersebut. Hal-hal yang membentuk hasil ini termasuk (namun tidak terbatas pada): norma-norma sosial , apa yang orang ingin mendapatkan keluar dari sesuatu (mereka motif untuk melakukan sesuatu), dan konteks sosial di mana mereka tinggal (ex. - negara, periode waktu, orang-orang dengan siapa mereka bergaul). Pada dasarnya, sebagai satu aspek dari "Khayalan Sosiologis", apa yang orang lakukan adalah dibentuk oleh semua hal yang menghasilkan semacam hasil.

"Khayalan Sosiologis" adalah kemampuan untuk melihat hal-hal sosial dan bagaimana mereka berinteraksi dan saling mempengaruhi. Untuk memiliki "Khayalan Sosiologis", seseorang harus mampu menarik diri dari situasi itu dan berpikir dari sudut pandang alternatif. Hal ini membutuhkan untuk "berpikir diri kita menjauh dari rutinitas sehari-hari kita dan melihat mereka baru". Untuk memperoleh pengetahuan, adalah penting untuk tidak mengikuti rutinitas, melainkan untuk membebaskan diri dari kedekatan keadaan pribadi dan meletakkan segala sesuatu ke dalam konteks yang lebih luas. Tindakan orang jauh lebih penting daripada tindakan itu sendiri.

"Khayalan Sosiologis" adalah kemampuan untuk beralih dari satu perspektif yang la in. Mills percaya pada kekuatan "Khayalan Sosiologis" untuk menghubungkan "masalah pr ibadi untuk isu-isu publik." Ada dorongan untuk mengetahui arti historis dan "sosiologis" dari individu tunggal dalam masyarakat, terutama pada periode di mana ia memiliki kualitas dan keberadaannya. Untuk melakukan yang satu ini mungkin menggunakan "Khayalan Sosiologis" untuk lebih memahami adegan sejarah lebih besar dalam hal maknanya bagi diri batin dan karir eksternal dari berbagai individu.

Perspektif lain adalah bahwa Mills memilih "sosiologi" karena ia merasa itu adalah disiplin yang "... dapat menawarkan konsep dan keterampilan untuk mengekspos dan menanggapi ketidakadilan sosial."  Dia akhirnya menjadi kecewa dengan profesinya "sosiologi" karena dia merasa telah melepaskan tanggung jawabnya, yang dikritik da lam buku klasiknya, "Khayalan Sosiologis". Dalam beberapa kelas pengantar "sosiologi", "Khayalan Sosiologis" yang dibesarkan, bersama dengan Mills dan bagaimana ia ditandai "Khayalan Sosiologis" sebagai sebuah kualitas penting dari pikiran yang akan membantu laki-laki dan perempuan "untuk menggunakan informasi dan mengembangkan alasan dalam rangka mencapai penjumlahan jelas dari apa yang terjadi di dunia dan apa yang mungkin terjadi dalam diri mereka ". 

Penggunaan "Khayalan Sosiologis" dalam film Keuntungan menggunakan film populer untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap topik "sosiologis" diakui secara luas. Mereka yang mengajar kursus di masalah sosial laporan menggunakan film untuk mengajar tentang perang, untuk membantu siswa dalam mengadopsi perspektif global dan untuk menghadapi isu-isu hubungan ras. Ada manfaat menggunakan film sebagai bagian dari pendekatan multimedia untuk mengajar kursus di budaya populer. Hal ini juga memberikan siswa "sosiologi" medis dengan studi kasus untuk tangan-pengalaman observasional. Ini mengakui nilai film sebagai dokumentasi historis perubahan dalam gagasan budaya, bahan, dan lembaga. Film digunakan dalam kursus pengantar "sosiologi" untuk menunjukkan relevansi saat ini pemikiran "sosiologis" dan untuk menunjukkan bagaimana "Khayalan Sosiologis" membantu kita memahami dunia sosial kita. Asumsi yang mendasarinya adalah bahwa "Khayalan Sosiologis" yang terbaik dikembangkan dan dilaksanakan di kelas pengantar dengan menghubungkan bahan-bahan baru dalam konteks teori konflik dan fungsionalisme.

Sumber:
1. id.wikipedia.org/wiki/Sosiologi - Cache
2. prabugomong.wordpress.com/2010/10/.../pokok-bahasan-sosiologi-2/ - Cache
3. ml.scribd.com/doc/66037665/khayalan-sosiologis - Cache
4. genio-wunderkind.blogspot.com
5. v4nired.wordpress.com
6. socius3.wordpress.com

0 komentar:


MusicPlaylistView Profile