Sabtu, 14 Juli 2012

"Kisah Kakek Tua Yang Mengharukan"

"Berikut adalah kisah "kakek tua"/orang "tua" yang menyedihkan dengan keadaannya yang sudah "tua" dan tak mampu lagi untuk menjadi seperti halnya kita yang bisa mengerjakan sesuatunya dengan sendiri". 
 
 
Mungkin cerita ini telah lama meskipun dengan kata-kata yang berbeda saya akan coba bagikan ke sahabat motivasi untuk dijadikan motivasi dan bahan renungan bagi kita.

Suatu hari seorang "kakek tua" yang tinggal bersama anak, menantu, dan seorang cucu laki-lakinya. Penglihatan si "kakek" sudah tidak begitu jelas lagi. Dan Ia sudah tidak dapat mendengar dengan baik. Juga lututnya sudah mulai bergetar. Terkadang jika ia duduk di meja makan, ia tidak dapat lagi memegang sendok dengan erat. Dan tanpa sengaja seringkali "kakek tua" ini menumpahkan makanan di atas meja makan, Bahkan makanan yang keluar dari mulutnya. Melihat hal itu anak dan menantunya merasa jijik saat makan bersamanya. Oleh sebab itu mereka memutuskan untuk tidak memperbolehkan "kakek" tersebut untuk makan bersama mereka. Mereka menempatkan sang "kakek" di tempat khusus, makan hanya dengan mangkok yang kecil. Ia sering tidak mendapat makan dan minum yang cukup dan tentu saja ia tetap lapar dan haus. Terkadang sesekali ia mencoba melihat-lihat makanan yang ada di meja makan mencoba untuk hilangkan laparnya.

Suatu ketika di saat jemarinya yang sudah "tua" tidak dapat lagi memegang mangkuk. Mangkuk itu jatuh dan pecah. Menantu perempuannya mencaci-makinya habis-habisan. Tapi, "kakek tua" itu hanya bisa diam dan pasrah. Ia membiarkan semuanya terjadi. Lalu Menantunya tidak ingin lagi ada mangkuk yang pecah di rumahnya maka ia membelikan sebuah piring yang terbuat dari kayu dengan harga yang tidak terlalu mahal. Kini dengan piring kayu itu "kakek tua" itu harus makan. Dengan begitu Ia lebih tenang karena sangat mustahil untuk pecah di buat si "kakek".

Suatu hari anaknya yang masih berumur 5 tahun sedang belajar menggambar dan hasilnya seperti sebuah piring. "Apa yang sedang kamu buat, Nak ?" tanya ayahnya. "Saya sedang membuat sebuah piring kayu ," jawab anaknya polos, "dengan piring ini ayah dan ibu akan makan, jika nanti saya sudah besar."

Ayah dan ibunya saling bertatapan teringat perlakuan mereka yang selama ini memberikan makan orang "tua"nya dengan piring kayu. Mereka mulai membayangkan hal tersebut terjadi kepada mereka. Tanpa sengaja sang ibu menangis dan langsung memeluk anaknya. Sejak kejadian itu mereka selalu memapah sang "kakek" ke meja makan, untuk makan bersama. Jika ia lapar atau haus, mereka segera membawakan makanan dan minuman untuknya. Mereka tidak lagi mempersalahkan perlakuan sang "kakek", meski harus selalu membersihkan sisa makan sang "kakek" yang selalu tumpah di meja makan.

Semoga cerita ini bisa menjadi pengingat bagi kita yang masih muda, bahwa kita juga akan menjadi seperti mereka yang sudah "tua" yang selalu membutuhkan pertolongan orang lain. Bahkan bisa jadi nantinya kita akan lebih menyusahkan anak-anak kita. Jadi tanamkan sifat kesabaran dan keikhlasan menerima semuanya, saling mengerti dan menyadari keadaan orang "tua" kita, agar nantinya anak-anak kita dapat memperlakukan kita dengan baik (Sekecil apapun hal yang kita lakukan hari ini akan berdampak di kemudian hari).

BY ==> JABALNUR
ADD ME ==> http://www.facebook.com/jabalnur007

0 komentar:


MusicPlaylistView Profile