Jumat, 21 Oktober 2011

"Pentingnya "bahasa Tubuh Dalam Berkarier"

"Salah satu rahasia meraih sukses di tempat kerja ada pada "bahasa tubuh" (body language). Karena komunikasi verbal hanya sekitar 10 %, menurut Judi James, pengarang Body Talk at Work."


Mantapkan "karier" anda dengan "bahasa tubuh" yang tepat di tempat kerja. Simak cara mengirim signal positif di kantor:

1. Berpikir positif. Pikiran negatif membuat hati tak tenang dan akan tercermin pada gerak "tubuh". Buang jauh-jauh rasa takut yang anda rasakan. Berpikir positif akan membuat anda makin tampil penuh percaya diri.

2. Mendengar dengan baik. Jangan menyilangkan tangan, karena terkesan defensif, kata John Mole, ahli "bahasa tubuh". Jangan mengetik saat diajak bicara. Lakukan kontak mata agar lawan bicara merasa dihargai.

3. Posisi dalam rapat. Lokasi duduk dalam rapat sama pentingnya dengan cara duduk, kata Judi James. Selalu duduk di tempat yang sama pada setiap rapat mengesankan kalau anda bukan orang yang dinamis.

4. Cara jalan. Meski tak perlu bergaya bak peragawati di catwalk, berjalan dengan benar sangat efektif untuk 'mengiklankan' diri, kata Judi James. Jangan berjalan menunduk. Tegapkan "tubuh" dan lebarkan senyuman.
(Sumber: Majalah Cosmopolitan, Edisi Desember 2001).

"Hindari Stres Di Pagi Hari"

"Rutinitas sehari-hari tanpa disadari adalah pemicu timbulnya "stres". Aktivitas paling tinggi ternyata terjadi di "pagi" hari."


Sibuknya anda menyiapkan perlengkapan bekerja dan makan "pagi". Belum lagi ketegangan ("stres") yang menyertainya. Untuk itu antisipasi "stres" sebelum hal ini terjadi. Hindari "stres" di "pagi" hari. Cobalah rileks dengan langkah berikut:

1. Pasang gambar yang menenangkan. Letakkan lukisan atau foto di sekitar tempat tidur. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Texas A&M menunjukkan, melihat gambar alam dapat segera menurunkan tekanan darah dan ketegangan otot.

2. Nikmati saat mandi "pagi". Menurut Steven Alper, dari The Scripps Center for Integrative Medicine, Amerika, pusatkan pikiran pada sensasi saat mandi air panas dengan pancuran. Kenikmatan yang dirasakan adalah obat penurun "stres" mujarab.
3. Tak harus sempurna. Jangan terlalu tegang memikirkan sesuatu yang tak sempat anda kerjakan. Misalnya, piring kotor belum dicuci atau rumah yang masih berantakan. Berpikir segala sesuatunya masih dapat dikontrol akan membuat pikiran anda tenang.

(Sumber: Majalah Cosmopolitan, Edisi Desember 2001).

"10 Ritual Tampil Cantik Dan Menawan"

"Tampil "cantik" dan "menawan" tidaklah sulit. Ada beberapa "ritual" ke"cantik"an yang sudah teruji khasiatnya. Jangan bosan untuk melakukannya."


1. Hapus semua make-up sebelum tidur.

2. Jangan ganggu jerawat.

3. Gunakan alas bedak.

4. Pulas perona pipi.

5. Rapikan tas make-up.

6. Gunakan warna make-up yang pantas.

7. Jaga keindahan kuku.

8. Pakai conditioner.

9. Alis jangan botak.

10. Perhatikan tanggal kadaluwarsa make-up anda.

Apabila anda lakukan secara teratur dan penuh disiplin, pasti anda akan selalu terlihat "cantik menawan". Jadi lakukan "ritual" di atas mulai sekarang juga.

"Tips Mendekati Bos Baru"

"Apabila di lingkungan kerja anda ada pergantian "Bos", bagaimana kiat anda untuk mendekati "Bos baru" anda? Karena akrab dengan "Bos baru" sangat penting untuk dilakukan."


Berikut tips untuk mendekati "Bos baru" anda:

1. Pelajari karakter "Bos baru". Sesuaikan sikap dan perilaku anda.

2. Bersikaplah pro-aktif dan berinisiatif menjalin keakraban dengan "Bos baru". Baca keinginannya. Segera tindak lanjuti sebelum diminta.

3. Bersikaplah terbuka terhadap "Bos baru" anda. Supaya "Bos baru" anda memahami situasi yang anda hadapi.

4. Cari tahu kehidupan pribadi "Bos baru" anda. Misalnya soal keluarga. Ajak bicara dalam suasana santai.

5. Dilarang keras lip service dengan "Bos baru". Apalagi cari muka (carmuk).

"Persiapan Presentasi"

"Persiapan matang mengurangi ketegangan. Sebelum "presentasi", anda harus sangat siap. Kuasai materi "presentasi" dan pemakaian alat "presentasi".


Berikut ini tips dalam persiapan "presentasi" yang dapat anda lakukan:

1. Jangan lupa cari tahu siapa audience dalam "presentasi" yang anda lakukan. 

2. Baca situasi psikologis audience, kemauan dan keinginan yang tak diucapkan. 

3. Cermati bahasa tubuh mereka. 

4. Antisipasi reaksi mereka. 

5. Busana sebaiknya sepadan dengan citra yang ditampilkan dan menambah kepercayaan diri anda. 

6. Nikmati saat anda ber"presentasi"

7. Lakukan tanpa beban. 

8. Senyum dan ingat, apabila anda menyenangi yang anda "presentasi"kan, orang lainpun akan menyenangi pula.

"Tidur Nyenyak Di Malam Hari"

"Terlalu banyak "tidur" siang membuat anda susah terlelap di "malam" hari. Ciptakan kualitas "tidur" anda dengan maksimal. Ada cara untuk mengantisipasi agar anda dapat "tidur malam" dengan nyenyak."


Anda yang hanya sedikit beraktivitas di siang hari, kadang muncul kendala  susah "tidur" pada saat "malam" tiba. Supaya mata anda tetap dapat terpejam, ikuti tips berikut:
1. Gelapkan kamar "tidur" anda. Tutuplah jendela kamar anda supaya cahaya tidak masuk. Apabila jarum jam cincing bercahaya dalam gelap, simpan saja. Karena cahaya sedikit saja dapat mengganggu "tidur" anda.

2. Gunakan bantal yang tepat. Pastikan bantal "tidur" pas menyangga kepala, leher dan tulang pnggung anda. Bantal yang terlalu besar menegangkan otot leher dan pundak sehingga aliran darah tersumbat dan anda terus terjaga.

3. Pakai sprei dari bahan linen atau katun jersey (kaos). Karena bahan polyester akan menempel pada badan anda sehingga "tidur" tidak nyaman dan berkeringat.

4. Tenangkan pikiran dan tubuh. Apabila "tidur" anda gelisah cobalah untuk tenang. Buang pikiran yang mengganggu. Tarik napas dalam-dalam dan perlahan serta katakan dalam hati untuk rileks.

(Sumber: Majalah Cosmopolitan, Edisi Februari 2002).


MusicPlaylistView Profile