Sabtu, 24 Desember 2011

"VERTIGO - Gejala dan Penyebabnya"

"Vertigo" adalah perasaan seolah-olah penderita bergerak atau berputar, atau seolah-olah benda di sekitar penderita bergerak atau berputar, yang biasanya disertai mual dan kehilangan keseimbangan."


Pada dasarnya "Vertigo" merupakan keluhan, bukan penyakit ! Namun, keluhan ini bisa menjadi pertanda penyakit yang serius. Jadi sekalipun bukan penyakit, "Vertigo"  tidak boleh diremehkan. "Vertigo"  juga disebut vestibulars disorders (gangguan vestibular) ini adalah gangguan kesehatan yang berhubungan dengan sistem keseimbangan kita. "Vertigo" bisa jadi merupakan pertanda penyakit-penyakit seperti tumor otak, hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes melitus (kencing manis), jantung dan ginjal. Semakin dini "Vertigo" ditangani akan semakin cepat dapat diatasi.

PENYEBAB "VERTIGO".

Keluhan "Vertigo" biasanya datang mendadak, diikuti gejala klinis yang tidak nyaman: banyak berkeringat, mual dan muntah. Faktor penyebab "Vertigo" adalah sistemik, neurologik, ophtalmologik, otolaringologik dan psikogenik (SNOOP).

1. "Vertigo" sistemik adalah keluhan "Vertigo" yang disebabkan oleh penyakit tertentu, misalnya disbetes melitus, hipertensi dan jantung.

2. "Vertigo" neurologik adalah gangguan "Vertigo" yang disebabkan gangguan saraf: tumor otak dan multiple sclerotik.

3. "Vertigo" ophtalmologik adalah keluhan "Vertigo" yang disebabkan oleh gangguan mata penglihatan.

4. "Vertigo" otolaringologik adalah keluhan "Vertigo" yang disebabkan oleh berkurangnya fungsi pendengaran.

5. "Vertigo" psikogenik adalah keluhan "Vertigo" yang disebabkan oleh stres atau tekanan emosional

Selain itu, ada juga "Vertigo" yang disebabkan keadaan lingkungan: mabuk darat, laut maupun udara. Biasanya "Vertigo" jenis ini, berlangsung hanya beberapa saat dan akan menghilang secara permanen.
CARA MENGATASI DAN PENGOBATAN "VERTIGO".

Cara paling tepat mengatasi keluhan "Vertigo" adalah segera menemui dokter. Penyebab keluhan "Vertigo" beragam, hampir tidak mungkin untuk mengobatinya secara langsung. Biasanya dokter akan mencari penyebabnya dengan melakukan sejumlah pemeriksaan. Jika penyebabnya radang telinga, radang tersebut akan ditangani terlebih dahulu. Namun, ada pula kasus yang penyebab "Vertigo" nya tidak diketahui

Pengobatan "Vertigo" sangat tergantung pada penyebabnya. "Vertigo" dapat diterapi dengan obat-obatan yang diminum (meklizin, dimenhidrinat, perfenazin dan skopolamin) atau yang dberikan melalui suntikan. Namun beberapa "Vertigo"  mungkin membutuhkan terapi tertentu:
1. "Vertigo" akibat infeksi bakteri di telinga tengah membutuhkan antibiotik.

2. "Vertigo" akibat penyakit meniere, selain pengobatan terhadap gejala, juga diperlukan diet rendah garam dan obat-obatan yang meningkatkan volume dan frekuensi kencing.

3. "Vertigo" akibat lubang pada telinga dalam oleh karena infeksi berulang harus dirujuk ke ahli THT.

Selain obat, untuk mengatasi "Vertigo"  dapat dilakukan manuver fisik: latihan rehabilitasi vestibuler dan manuver reposisi partikel. Untuk yang menyukai pijat, sebaiknya tidak pijat kepala, karena banyak pembuluh darah maupun saraf yang tidak kasat mata ikut terpijat dan memungkinkan terjadinya pendarahan maupun terjepit.

(Sumber: Jangan Sepelekan "Vertigo", Oleh dr Tjatur Prijambodo, dalam Majalah MATAN, Edisi 50, September 2010)
 
 



0 komentar:


MusicPlaylistView Profile